Tes Perbandingan 11 Graphic Card NVIDIA GeForce GTX 1060 6GB

Reading time:
November 25, 2016

Pertarungan yang memperebutkan gelar sebagai graphic card berbasis NVIDIA GeForce GTX 1060 6GB terbaik yang diikuti 11 peserta dari berbagai produsen belangsung begitu ketat dan menegangkan. Menariknya, sejumlah produsen melengkapi GeForce GTX 1060 6GB mereka dengan spesifikasi clock sangat tinggi dan sistem pendingin mumpuni sehingga menempatkan produk mereka di barisan paling depan dari segi performa. Yak! Salah satu fokus dari pengujian yang kami lakukan ini adalah mencari siapa yang berhak menyandang gelar sebagai penampil performa terbaik. Tentu saja banyak faktor lain yang juga diperhitungkan di tes ini.

gtx1060_1

Secara keseluruhan, ke-11 peserta yang hadir mampu menyajikan performa GeForce GTX 1060 6GB sepenuhnya. Game-game AAA keluaran teranyar seperti The Division, Rise of The Tomb Raider, Grand Thief Auto V, Assassin Creed Unity dan The Witcher 3 mampu dilibas dengan baik dan dapat dimainkan dengan frame per detik yang tinggi dalam resolusi Full-HD. Menariknya lagi, konsumsi daya dari seluruh card GeForce GTX 1060 6GB dalam suatu sistem tidak ada yang melebihi angka 250 Watt. Angka tertinggi yang kami catat pada pengujian konsumsi daya adalah 212 Watt saja untuk sistem secara keseluruhan. Bahkan tingkat kebisingan maksimal yang dihasilkan tak lebih dari 35 db. Angka tertinggi yang tercatat oleh kami adalah 34 db yang mana tak akan menggangu Anda saat menikmati game-game kesayangan Anda.

Setelah melalui serangkaian seleksi ketat kepada sembilan peserta tes perbandingan GeForce GTX 1060 akhirnya kami mendapatkan graphics card yang memiliki performa terbaik, produk terbaik, dan juga produk terbaik dengan harga terbaik. Namun di tes perbandingan kali ini kita menambahkan dua award baru, yaitu produk yang paling irit daya dan produk yang hening. Dan inilah hasilnya.

skor-overallf

 

Best Performer:

ASUS ROG Strix GTX1060 6GB Gaming OC, EVGA GTX 1060 FTW+, Gigabyte GTX 1060 G1 Gaming, Inno3D GTX 1060 Ichill X3

the-bes-performer_asus-strix the-bes-performer_evga the-bes-performer_gigabyte-g1-gaming the-bes-performer_inno3d

 

Best Performer, penghargaan ini kami berikan khusus kepada graphics card dengan performa terbaik, tanpa memperhatikan faktor lain. Kami mendapatkan empat finalis graphics card dengan performa mirip satu sama lain. Keempatnya graphics card tersebut adalah ASUS ROG Strix GTX1060 6GB Gaming OC, EVGA GTX 1060 FTW+, Gigabyte GTX 1060 G1 Gaming, dan Inno3D GTX 1060 Ichill X3. Dapat dilihat di tabel hasil pengujian, keempatnya konsisten saling bersaing menampilkan performa tinggi di sepanjang pengujian yang kami lakukan. Menariknya, meski performanya keempatnya tinggi, sistem pendinginnya mampu menjaga suhu kerja graphic card ini tetap rendah dan tanpa menghasilkan tingkat kebisingan yang tinggi. Ada pula yang memberikan perlengkapan yang terbaik. Jadi, berkat semua keunggulannya tersebut, keempatnya berhak mendapatkan gelar Best Performer pada test perbandingan ini.

Best Product:

ASUS ROG Strix GTX1060 6GB Gaming OC

the-bes-product_asus-strix

Best Product, penghargaan ini diberikan dengan mempertimbangkan sejumlah faktor yang ada, seperti performa yang didapatkan ditambah dengan penilaian temperatur yang akan menguji kualitas sistem pendingin yang digunakan. Penilaian konsumsi daya juga kami lakukan dengan cara menilai seberapa efisien graphics card dapat bekerja, dan juga penilaian paket penjualan yang akan menilai seberapa baikkah para peserta pengujian ini memanjakan para penggunanya dengan memberikan ekstra perlengkapan atau bonus tambahan. Karena tidak menyertakan variabel harga, penghargaan Best Product ini memang ditujukan sebagai acuan produk terbaik tanpa mempertimbangkan harganya.

Dan The Best Product pada tes perbandingan kita kali ini diisi oleh ASUS ROG Strix GTX 1060 6GB Gaming OC yang mana menawarkan satu paket lengkap dari sebuah graphic card. Tak hanya memiliki performa tinggi, Anda juga akan disuguhkan fitu-fitur unggulan dari lini ROG Strix seperti ASUS Fan Connect, sistem pendingin Direct CU III yang dilengkapi dengan Wing Blade Fan dan banyak lagi.

Best Power-Saver Product

Zotac GTX 1060 Mini 6GB

the-bes-power-zotac

Best Power-Saver Product, penghargaan ini diberikan dengan mempertimbangkan konsumsi daya dari produk tersebut tanpa memperhatikan faktor lainnya. Akhirnya kami telah mendapatkan satu finalis yang mendapatkan predikat tersebut, dan finalis tersebut adalah Zotac GTX 1060 Mini 6GB. Meski tawaran performanya lebih rendah ketimbang kontestan lainnya, graphic card ini mampu menawarkan konsumsi daya yang rendah. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui tabel pengujian kami dimana graphic card ini hanya mengkonsumsi daya sebesar 190 Watt saat kondisi load dan 49 Watt saat idle.

Most Silent Product

ASUS DUAL GTX 1060 6GB OC

the-bes-silent-asus-dual

Digital Alliance GTX 1060 6GB Super Jet Stream

the-bes-silent-da

EVGA GTX 1060 6GB FTW+

the-bes-silent-evga

Galax GTX 1060 EXOC 6GB

the-bes-silent-galax

Gigabyte GTX 1060 6GB G1 Gaming

the-bes-silent-gigabyte-g1gaming

Inno3D GTX 1060 6GB IChill X3

the-bes-silent-inno3d

MSI GTX 1060 GAMING X 6G

the-bes-silent-msi-gamingx

 

Most Silent Product, penghargaan ini diberikan dengan mempertimbangkan tingkat kebisingan yang dihasilkannya tanpa memperhatikan faktor lainnya. Akhirnya kami mendapatkan finalis yang berhasil menyabet predikat ini. Menariknya predikat ini tak hanya diperoleh oleh satu produk melainkan tujuh produk. Dan ketujuh finalis tersebut adalah ASUS Dual GTX 1060 6GB OC, Digital Alliance  GTX 1060 6GB Super Jet Stream, EVGA GTX 1060 FTW+, Galax GTX 1060 6GB EXOC, Gigabyte GTX 1060 G1 Gaming, Inno3D GTX 1060 Ichill X3, MSI GTX 1060 Gaming X 6g. Semua finalis ini mampu menawarkan tingkat kebisingan yang lebih rendah ketimbang empat kontestan lainnya dimana mampu mencatatkan tingkat kebisingan di bawah 33 db.

Best Value:

Galax GTX 1060 EXOC 6GB

the-bes-value-galax

 

Predikat Best Value tak kami berikan pada produk yang tak hanya murah tetapi juga bisa menawarkan harga terbaik untuk semua yang ditawarkan dalam paket penjualannya dan tentunya performanya. Nilai keseluruhan dari setiap produk kami bandingkan dengan harga yang ditawarkan di pasaran. Dan penghargaan Best Value ternyata mampu disabet Galax GTX 1060 EXOC 6GB yang mampu menawarkan price to performance terbaik di tes perbandingain ini. Tak hanya itu, Galax pun mampu menyajikan suhu kerja yang baik dan juga konsumsi daya yang efisien.

Penutup

Akhirnya kita sampai di penghujung artike test perbandingan GeForce GTX 1060 6GB ini dengan berhasil menobatkan beberapa graphic card dengan predikat Best Performer, Best Product dan Best Value GTX 1060 6GB. Namun satu hal yang perlu kami ingatkan dan tekankan, pilihan tetap ada di tangan Anda semua. Kami memang telah menentukan pemenang dengan melihat berbagai aspek, namun penilaian pribadi Anda tetap harus dikedepan demi kepuasan Anda. Jadi, gunakanlah artikel ini dan produk-produk yang mendapatkan penghargaan hanya sebagai referensi Anda. Baca secara seksama penjelasan kami pada setiap produknya agar tau produk yang seperti apa yang tepat untuk Anda. We review, you decide!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…