Review Lenovo ThinkPad P15s: Laptop Workstation Kelas Terjangkau

Author
Irham
Reading time:
October 2, 2020

Sebuah PC workstation biasanya menghadirkan spesifikasi dengan kelas teratas, dimana semua komponen yang digunakan adalah kelas khusus workstation, yang harus dapat bertahan dalam waktu pemakaian kerja secara terus menerus. Lalu bagaimana jika spesifikasi tersebut dihadirkan dalam bentuk laptop. Seperti laptop yang hadir di meja pengujian Jagat Review berikut ini, yaitu Lenovo ThinkPad P15s.

Review Lenovo ThinkPad P15s

Lenovo ThinkPad P15s adalah Mobile Workstation kelas Entry Level dari Lenovo. Spesifikasi yang ditawarkan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna untuk kebutuhan kerja profesional. Laptop ini mengantongi beberapa standar tersendiri yang jarang kita temukan pada perangkat laptop mainstream. Baik dari segi hardware maupun software. Terutama soal kompatibilitasnya pada software-software kerja seperti desain, render 3D dan lain-lain.

Seperti apa performa sesungguhnya dari laptop yang satu ini, simak review lengkap Lenovo ThinkPad P15s berikut ini.

Desain

Sebagai produk Mobile Workstation, Lenovo ThinkPad P15s yang kami review ini memiliki desain yang lebih mengutamakan durabilitas ketimbang estetika. Tampilannya terkesan classic seperti seri produk Thinkpad lainnya yang simpel, dengan form factor clamshell. Logo ThinkPad juga berada di sudut belakang dan juga di bagian Palmrest kanan, tak berbeda dari produk ThinkPad lain.

Review Lenovo ThinkPad P15s

Secara durabilitas, laptop telah lolos uji daya tahan dengan standar militer – MIL-STD 810G. Laptop ini  juga lolos 200 macam uji pengecekan kualitas oleh Lenovo . Untuk warnanya, lagi-lagi warna khas ThinkPad  yaitu Black Matte.

Review Lenovo ThinkPad P15s

Ukurannya, perangkat ini memiliki dimensi panjang 36.5cm, lebar 24.8cm, serta ketebalan 1.91cm. Sedangkan bobotnya yaitu sebesar 1.88Kg, dengan adaptor charger sebesar 222 gram. Sehingga total bobot yang harus diangkut pengguna yaitu sebesar 2,1Kg.

Laptop ini memiliki layar berukuran 15.6 inci, yang tentunya cukup luas untuk kebutuhan kerja pengguna. Panel ini menggunakan IPS dengan resolusi FHD 1920x1080p, yang memiliki tingkat kecerahan 250 nits, serta kualitas warna 45% NTSC.

Review Lenovo ThinkPad P15s

Bingkai bagian kanan dan kiri tida begitu tipis, sehingga akan memberikan perlindungan pada layar dari benturan samping. Sedangkan bingkai bagian atas cukup tebal, untuk menempatkan kamera 720P@30FPS

Lenovo ThinkPad P15s memiliki engsel layar yang dapat dibentangkan hingga sudut 180°. Ini akan memudahkan pengguna jika ingin menunjukan konten pada layar ke Client atau tim saat diskusi.

Review Lenovo ThinkPad P15s

Di bagian atas keyboard dan diantara engsel layar, terdapat dua buah speaker stereo dengan teknologi Dolby Audio. Speaker ini mengarah langsung ke hadapan pengguna sehingga memberikan suara yang cukup optimal. Tersedia Dolby Audio Speaker System untuk mengatur Audio Profile.

Pada bagian keyboard, laptop ini juga menghadirkan desain dan Layout khas ThinkPad , yaitu dengan tombol Fn (Function) di sudut kiri bawah. Keyboard memiliki ukuran dimensi yang sama lebarnya dengan layar, serta dilengkapi degan tombol Numpad di sebelah kiri.

Review Lenovo ThinkPad P15s

Tombol Fn dan Ctrl dapat ditukar fungsinya di Software Lenovo Vantage. Keyboard ThinkPad terkenal sangat nyaman untuk mengetik. Selain itu Lenovo juga membekalinya dengan fitur Spill Resistant, sehingga akan aman jika terkena tumpahan air saat bekerja. Keyboard memiliki backlit berwarna putih, dengan  dua tingkat kecerahan dengan menekan tombol Fn + Spacebar.

Review Lenovo ThinkPad P15s

Sedangkan untuk Touchpad, diposisikan sejajar dengan tombol Spacebar. Ini tentunya akan membuat telapak tidak mudah masuk ke area Touchpad, sehingga lebih nyaman mengetik. Dilengkapi tombol klik kanan, kiri, dan tengah, serta didukung dengan Windows Precision Driver. Tersedia pula trackPoint berwarna merah, yang berada di tengah keyboard (khas ThinkPad) sebagai alternatif Touchpad.

Review Lenovo ThinkPad P15s 14

Lalu terdapat pula Biometric Login berupa sensor fingerprint, yang terletak di samping kanan touchpad. Pengguna bisa mengaktifkan Windows Hello untuk menggunakan fitur otentikasi tersebut.

Spesifikasi

Untuk spesifikasi dari Lenovo ThinkPad P15s sendiri bisa sangat beragam, karena perangkat tersedia melalui jalur Project sehingga spesifikasi dan fitur dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jadi spesifikasi dan fitur yang didapatkan mungkin akan sama atau berbeda sama sekali dengan unit yang kami uji kali ini.

Adapun perangkat Lenovo ThinkPad P15s yang kami review ini memiliki spesifikasi diantaranya yaitu Processor Intel Core i7 10610U, yang merupakan Intel Core i7 10510U dengan dukungan teknologi Intel vPro.

Prosesor ini memiliki Codename  Comet Lake, dengan fabrikasi 14 nm, serta konfigurasi 4 Core/8-Thread. TDP-nya sebesar 15 Watt, dengan Base Clock 1.8 GHz dan Maximum Turbo Boost Clock mencapai 4.9 GHz. Prosesor ini juga memiliki memori chace 8 MB Intel Smart Cache. Terdapat pula Intel UHD Graphics yang datang bersama prosesor.

Sedangkan pada aspek memorinya, laptop ini dibekali dengan RAM berkapasitas 16 GB DDR4 2666 MHz Dual Channel. Satu channel terpasang On-Board dengan kapasitas 8GB, sedangkan satu channel lain yang tersedia menggunakan 8 GB DDR4 SO-DIMM, sehingga pengguna bisa melakukan upgrade RAM pada perangkat. Untuk kapasitas storage yang tersedia yaitu mengunakan SSD NVMe PCIe dengan kapasitas 512 GB.

Review Lenovo ThinkPad P15s

Laptop yang kami uji ini juga menggunakan Discrete Graphics yaitu NVIDIA Quadro GPU, yang didukung oleh arsitektur Pascal. NVIDIA Quadro P520 memiliki shared memory 2 GB GDDR5 dan 384 CUDA Cores.

Lenovo membekali produk ini dengan GPU Nvidia Quadro P520, karena produk PC kelas Workstation dari Lenovo selalu menggunakan NVIDIA Quadro. NVIDIA Quadro P520 telah mengantongi ISV (Independent Software Vendor) Certification dari sejumlah Developer ternama seperti 3DEXPERIENCE, Adobe, ANSYS, ArcGIS, AutoCAD, Creo, MicroStation, NX, Revit, Solid Edge dan SOLIDWORKS.

Quadro dikembangkan oleh Nvidia dengan optimalisasi untuk aplikasi CAD (Computer Aided Design) atau aplikasi kelas profesional lainnya. Sehingga untuk kebutuhan kerja, akan menampilkan performa dan stabilitas lebih baik.

Selain itu NVIDIA Quadro mendukung 32-bit Color baik di mode DirectX maupun OpenGL. Dukungan lainnya dari Nvidia yaitu Support langsung ke pengguna Quadro, termasuk permintaan perbaikan secara spesifik.

Beralih ke port antarmuka , perangkat ini memiliki konektor antara lain:

Kiri

Review Lenovo ThinkPad P15s

– 1X Type-C USB 3.2 Gen 1

  • Digunakan untuk menyulai daya listrik ke Laptop/Charging
  • Mendukung Display Out dengan protokol Display Port
  • Mendukung Power Delivery

– 1X Thunderbolt 3.0

  • Mendukung kecepatan transfer data hingga 40 Gbps
  • Digunakan juga untuk menyulai daya listrik ke Laptop/Charging
  • Mendukung Display Out dengan protokol Display Port
  • Mendukung Power Delivery
  • Dapat digunakan untuk ekspansi kemampuan grafis dengan eGPU

– 1X Docking Station Connector

  • Digunakan untuk menghubungkan Laptop ke aksesoris Docking Station seperti ThinkPad Basic Docking Station, ThinkPad Pro Docking Station, dan ThinkPad Ultra Docking Station
  • Docking Station digunakan ekspansi konektor agar lebih banyak dan beragam

– 1X USB 3.2 Gen 1

– 1X HDMI

– 1X 3.5 MM Audio Combo Jack

– 1X MicroSD Card Reader

Kanan

Review Lenovo ThinkPad P15s

– Slot untuk Smart Card Reader(Unit yang kami uji tidak memiliki modul tersebut )

– 1X USB 3.2 Gen 1 (Mendukung fitur Always On)

– 1X Ethernet

– 1X Kensington Security Lock Slot

Sedangkan untuk konektivitas Nirkabel, Lenovo ThinkPad P15s telah dibekali dengan Modul Wi-Fi – Intel Wi-Fi 6 AX201 (Mendukung MU-MIMO dan Gigabit Wi-Fi), Bluetooth V5.1, serta juga dibekali dengan  NFC (Near-Field-Communication) di area Palmrest kiri. Saat menggunakan NFC, laptop akan mengeluarkan suara notifikasi saat perangkat NFC ditempelkan ke modul NFC.

Review Lenovo ThinkPad P15s 12

Sistem keamanan tambahan lainnya terdapat slider penutup kamera “ThinkShutter Privacy Shutter”. Atau pengguna juga bisa mematikan kamera laptop melalui software Lenovo Vantage. Sedangkan untuk keamanan data, laptop ini dilengkap dengan enkripsi Discrete Trusted Platform Module (dTPM) 2.0 serta  dukungan autentikasi FIDO (Fast Identity Online).

Software:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…