Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Author
Irham
Reading time:

Setelah sebelumnya kami telah memberikan review untuk laptop dua layar ASUS Zenbook Duo 14 (UX482), kini kami kedatangan laptop dengan dua layar lainnya dari ASUS. Namun kali ini yang kai review adalah line-up laptop gaming mereka yaitu ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE.

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM) tentunya merupakan laptop gaming kelas premium dari ASUS yang tipis, dan memiliki dua layar yaitu layar utama dan ScreenPad Plus. Perangkat ini ditenagai dengan jeroan kelas atas, yaitu prosesor AMD Ryzen seri 5000 dan kartu grafis NVIDIA RTX 30-series.

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM)

Berbekal prosesor AMD Ryzen seri 5000, tentunya memang sangat cocok disematkan pada laptop gaming yang tipis dan ringkas. Walaupun tipis, prosesor yang terdapat di dalamnya tetap memiliki performa yang sangat tinggi.

Baca Juga: Review ASUS ZenBook Duo 14 (UX482): 2 Layar, Serba Bisa, Serba Ekstra!

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM) secara sepsifik ditujukan untuk para Pro-Gamer, Tech Enthusiast dan Professional Content Creators yang membutuhkan laptop dengan performa tinggi dan layar ekstra untuk multitasking.

Tanpa perlu panjang lebar lagi, langsung saja kita simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM) menghadirkan desain simpel-profesional dengan feel premium khas ROG Zephyrus. Material yang digunakan yaitu All-Metal chassis, dengan form factor clamshell atau laptop klasik.

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM)

Potongan diagonal yang membelah desain tekstur pada bagian belakang layar. Terdapat semacam tekstur bertitik di belahan kiri-bawah dengan tulisan “Republic of Gamers” di bagian bawah. Belahan atas-kanan memiliki desain polos-simpel, dengan logo ROG berwarna hitam mengkilap.

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM)

Layar kedua terletak di atas keyboard yang tentunya terlihat mencolok dan terkesan futuristik. Saat laptop dibuka, layar kedua akan sedikit terangkat, meningkatkan sirkulasi udara dan meningkatkan kenyamanan saat menggunakan layar kedua.

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM)

Warna-nya yaitu Hitam, dengan ukuran dimensi Panjang 36 cm, Lebar 26,8 cm dan Tebal 2,09 cm. Terbilang cukup tipis untuk sebuah laptop dengan prosesor 8-core/16-thread dan GPU RTX 30-series.

Dari segi bobot, perangkat ini memiliki berat 2,48 Kg, dengan adaptor charger sebesar 500 gram. Sehingga total bobot keseluruhan mencapai 2,98 Kg. Tentunya ini tergolong ringan untuk sebuah laptop gaming saat ini.

Beralih ke Display, ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM) memiliki layar dengan panel IPS berukuran 15,6 inci beresolusi Full HD (1920 x 1080 piksel). Layar ini memiliki cakupan warna 100% sRGB serta memiliki sertifikasi Pantone Validated, sehingga reproduksi warna dijamin akurat dan sangat cocok digunakan oleh para Content Creator.

Refresh rate layar mencapai 300 Hz, dengan response time mencapai 3ms. Tingkat kecerahan layar yaitu 340 nits, dengan permukaan Anti-Glare, sehingga nyaman digunakan tanpa ada efek pantulan cahaya pada layar.

Baca juga: Review ASUS TUF DASH F15 (FX516): Tipis, Kencang dan Dingin 

Bingkai layar 3 sisi yang sangat tipis, dan tidak terdapat webcam pada bagian atas layar. Untungnya sudah disertakan webcam terpisah yaitu ROG EYE GC21 di paket penjualan. Ini adalah kamera 1080p 60fps serta memiliki built-in microphone.

Lalu untuk layar kedua, yang disebut  dengan ROG ScreenPad Plus. Ini adalah layar IPS touchscreen berukuran 14.1 inci dengan resolusi 1920×550 piksel, serta Aspect Ratio 32:9. Layar ini memiliki refresh rate 60 Hz, cakupan warna 100% sRGB dan tingkat kecerahan 400 nits, dan juga memiliki permukaan Anti-glare.

Layar ScreenPad Plus ini dapat digunakan di berbagai skenario, misalnya sebagai berikut.

  • Adanya layar kedua membuat penggunanya mudah melakukan multi-tasking pada laptop ini
  • Dapat digunakan untuk menampilkan hingga 3 window program sekaligus
  • Layar utama dapat digunakan untuk bekerja, maupun meeting, dan layar kedua dapat digunakan untuk menampilkan data yang dibutuhkan saat bekerja/meeting
  • Untuk content creator, layar kedua dapat digunakan untuk menampilkan file material/bahan yang dibutuhkan saat melakukan editing video
  • ScreenPad Plus ini juga sangat berguna bagi para streamer. Streamer dapat memainkan game pada layar utama. Layar kedua digunakan untuk menampilkan preview stream pada software OBS, menampilkan live chat pada kanal stream mereka serta menampilkan tab notifikasi event seperti donasi, tip dan subscribe yang masuk
  • ScreenPad Plus dapat di-non-aktifkan menggunakan tombol yang ada di atas touchpad

Beralih ke audio, perangkat ini memiliki sistem audio empat speaker, dengan dukungan Stereo Audio by Dolby Atmos. Di bagian bawah kanan-kiri laptop terdapat 2x 4W Speaker dengan Smart Amp Technology. Lalu di bawah layar kedua terdapat speaker 2x 2W Tweeter.

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM)

Lalu untuk port konektor yang tersedia, diantaranya:

Kiri

  • 1x Micro SD Card Slot
  • 1x DC-IN
  • 1x Audio Jack Combo 3.5mm

 Kanan

  • 2x USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps)
  • 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C (10 Gbps)
    • Mendukung Power Delivery hingga 100W
    • Mendukung display output dengan protokol DisplayPort

Belakang

  • 1x Ethernet
  • 1x USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps)
  • 1x HDMI

Untuk keyboardnya, perangkat ini menggunakan desain dan Layout Keyboard khas ROG Zephyrus. Keyboard memiliki Travel Distance 1.4 mm, dan memiliki fitur N-key rollover yang memastikan sistem mengenali Input dari penekanan tombol secara bersamaan. Ini memang biasa tersedia di laptop gaming, karena biasanya gamer akan menekan beberapa tombol secara bersamaan.

Selain itu juga dilengkapi dengan detachable palmrest pada paket penjualan, yang meningkatkan kenyamanan saat mengetik. Tersedia Backlit Per-key RGB dengan ASUS Aura Sync, serta 3 tingkat kecerahan.

Lalu untuk touchpadnya juga dengan desain khas ROG Zephyrus, yaitu terletak di sisi kanan laptop. Tentunya karena keyboard berada lebih dibawah, dengan layar sekunder diatas, namun ini justru membuatnya terasa natural seperti menggunakan Mouse di sisi kanan.

Touchpad juga dapat digunakan sebagai num-pad dan touchpad secara bersamaan. Terdapat tombol khusus untuk klik kanan dan kiri, dan mendukung fitur Windows Precision Driver.

Load Comments

Gadget

May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 5-7 Juta

Setelah membahas rentang harga Rp 10 jutaan keatas, Rp. 7…
May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 7-10 Juta

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai rekomendasi smartphone tebaik di harga…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Laptop

May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Huawei kembali menghadirkan laptop uniknya. Laptop berlayar lebar yang ringan,…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

MSI baru saja mengumumkan kehadiran laptop gaming terbarunya, MSI GP66…
April 25, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Setelah sebelumnya kami telah memberikan review untuk laptop dua layar…
April 15, 2021 - 0

Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

HP Envy 15-ep0016TX ini gunakan Core i7 dan GeForce RTX…

Gaming

May 11, 2021 - 0

Resident Evil Village Tembus 3 Juta Kopi!

Strategi marketing yang tidak hanya “berhasil” saja, tetapi juga viral,…
May 11, 2021 - 0

Genshin Impact Pamer Karakter Waifu Baru – Eula

Eula? Tenang, kita tidak tengah bicara soal End-User License Agreement…
May 11, 2021 - 0

EA Akan Pamer Battlefield Baru di Juni 2021

Para penggemar game FPS militer dengan perang skala besar sepertinya…
May 11, 2021 - 0

Capcom Dituduh Curi Desain Monster untuk RE Village

Lebih banyak seri utama, lebih banyak cerita dibuka, semakin pula…