Review ASUS TUF DASH F15 (FX516): Tipis, Kencang dan Dingin

Author
Irham
Reading time:
April 15, 2021

Sebuah laptop gaming dengan performa yang sangat tinggi, tapi juga memiliki efisiensi daya yang tinggi, mungkin sudah menjadi impian banyak orang saat ini. Dan sepertinya impian tersebut telah terwujud, dengan hadirnya prosesor Intel generasi ke 11 untuk laptop high performance. Seperti laptop gaming yang kami review berikut ini yaitu ASUS TUF Dash F15.

ASUS TUF Dash F15 adalah laptop gaming yang dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan konsumen di usia produktif (18-30 tahun). Konsumen usia produktif biasanya membutuhkan laptop dengan mobilitas tinggi, bertenaga, kokoh dan tahan lama. TUF DASH F15 hadir bagi para gamers, Artists dan Content Creators yang mempertimbangkan desain saat memilih laptopnya.

Review ASUS TUF Gaming Dash F15

TUF DASH F15 juga telah ditenagai oleh prosesor terbaru Intel Core Generasi ke-11 H-Series, Prosesor yang ditujukan untuk Ultra Portable Gaming Laptop yang punya bodi tipis dan ringan. Selain itu ini juga hadir menggunakan kartu grafis GeForce RTX 3070.

Nah buat kalian yang sudah pernasaran dengan performa dari ASUS TUF Dash F15 sekaligus ingin melihat efisiensi daya yang dimilikinya, langsung saja simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

ASUS TUF Dash F15 hadir sebagai laptop dengan model Clamshell, dengan material body yang dimilikinya yaitu polikarbonat. Secara sekilas masih mirip dengan ASUS TUF versi sebelumnya.

Review ASUS TUF Gaming Dash F15

Walaupun begitu bagian punggung layar kini punya desain baru. Terdapat tulisan TUF dengan ukuran besar pada sisi pinggir kiri dan logo TUF baru pada sudut kanan atas. Logo baru TUF: “The Badge”, disebut ASUS melambangkan jiwa petualang muda dan ketangguhan.

Baca Juga: Review ASUS ZenBook Duo 14 (UX482): 2 Layar, Serba Bisa, Serba Ekstra!

Tidak seperti laptop pada umumnya, sisi depan yang mengarah ke pengguna memiliki desain “boxy” atau membentuk kotak yang memberikan kesan lebih tangguh. Durabilitasnya pun cukup tingi karena laptop ini telah memenuhi standar ketangguhan militer MIL-STD-810H, dengan berbagai pengujian yaitu Drop-test, Getaran, Kelembaban dan Temperatur ekstrem.

Review ASUS TUF Gaming Dash F15

Untuk unit ASUS TUF Dash F15 yang kami review memiliki warna Eclipse Gray. Terdapat unit lain dengan warna Moonlight White. Finishing permukaan pada laptop ini t elah menggunakan teknologi EcoShine Paint, yaitu teknologi 4 lapisan warna yang diklaim mampu mempertahankan warna agar tidak cepat pudar dan lebih mudah dibersihkan saat ada noda bekas tangan.

Review ASUS TUF Gaming Dash F15

Untuk dimensinya, laptop ini memiliki panjang 36 cm, dengan Lebar 25,2 cm dan tebal 1,99 cm. Sementara untuk bobot laptop yaitu 2,01 Kg serta memiliki adaptor charger 550 gram, sehingga total bobotnya yaitu sebesar 2,51 Kg. Ini tergolong ringan untuk sebuah laptop gaming.

Beralih ke layar, laptop ini memiliki panel IPS berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080). Cakupan warnanya yaitu 100% sRGB dengan tingkat kecerahan mencapai 300 nits. Sedangkan refresh ratenya juga sudah cukup tinggi yaitu di 240Hz.

Terdapat menu “Panel Power Saver” yang dapat diaktifkan pada software Armoury Crate untuk secara otomatis menurunkan refresh rate ke 60 Hz saat mode baterai. Selain itu tersedia tersedia opsi 3 ms Panel Overdrive yang dapat diaktifkan melalui software Armoury Crate.

Review ASUS TUF Gaming Dash F15

Layar ini juga memiliki Anti-Glare yang tentunya membuat lapto nyaman digunakan karena bebas pantulan mengganggu. ASUS TUF Dash F15 juga mengusung Super Narrow Bezel, dengan Bingkai layar 3 sisi yang tipis dengan ketebalan 6.2 mm saja.

Baca Juga: Review Zenbook 14 UX425EA: Laptop Tipis nan Sangar

Dengan bingkai yang tipis ini membuat Screen to body ratio mencapai 81%. Akan tetapi, dengan bingkai yang tipis ini ASUS tidak melengkapi laptop ini dengan modul kamera laptop.

Review ASUS TUF Gaming Dash F15

Dan sayangnya ASUS juga tidak menyediakan perangkat kamera ekstrenal pada paket penjualan. Pengguna bisa membeli kamera eksternal sendiri dan memilih perangkat seperti apa yang akan digunakan.

Lalu untuk audionya, perangkat ini dilengkapi dua buah Speaker Stereo yang berada di body bagian bawah, mengarah langsung ke permukaan meja. Preset Audio dapat diubah melalui Software DTS:X Ultra.

Review ASUS TUF Gaming Dash F15

ASUS TUF Dash F15 memiliki beberapa konektor di sisi kanan dan kiri, diantaranya:

Kiri
Review ASUS TUF Gaming Dash F15

  • 1X DC-IN
  • 1x Gigabit Ethernet
  • 1x HDMI 2.0b
  • 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
  • 1x Thunderbolt 4 yang mendukung:
    • Transfer data
    • Power Delivery
    • Display output dengan protokol DisplayPort 1.4
    • Tentunya juga dapat digunakan untuk menghubungkan ke perangkat SSD Eksternal maupun Eksternal GPU
    • Sudah memenuhi standar USB4

Kanan
Review ASUS TUF Gaming Dash F15

  • 2x USB 3.2 Gen 1 Tyope-A
  • 1x Kensington Lock

Lalu untuk keyboard, desain dan layout tombol keyboard yang dihadirkan sangat khas laptop ASUS TUF. Tombol ASDW menggunakan warna putih transparan agar mudah dibedakan. Keyboard memliki Travel Distance 1.7mm dengan Key-press lifetime diklaim hingga 20 juta kali ketikan.

Ketukan tombol juga diklaim punya tingkat kebisingan dibawah 30 dB sehingga tidak menghasilkan suara yang mengganggu. Terdapat 4 hotkey di bagian atas untuk mengatur volume, mute microphone dan shortcut Armoury Crate. Backlit berwarna Bolt Blue dengan 3 tingkat kecerahan. Tingkat kecerahan dapat diatur dengan tombol FN + F2/F3. Style backlit dapat diatur melalui software Armoury Crate.

Review ASUS TUF Gaming Dash F15

Sementara untuk touchpad, posisinya kurang lebih sejajar dengan tombol Spacebar + Alt kanan dan cenderung Center to Body. Ini membuat mengetik masih nyaman karena telapak tidak mudah masuk ke area Touchpad. Tidak terdapat tombol khusus untuk klik kiri dan kanan. Touchpad sudah menggunakan Windows Precision Driver.

Load Comments

Gadget

April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…
April 22, 2021 - 0

(VIDEO) Review Gaming Cooler, Trigger, dan Kabel Black Shark Terbaru 2021 untuk iPhone & Android

Ketika menggunakan sebuah smartphone, biasanya tidak akan lepas dari yang…
April 21, 2021 - 0

(VIDEO) 10+1 Fitur Keren pada Oppo A54

Oppo baru saja mengumumkan Oppo A54, sebuah smartphone kelas terjangkau…

Laptop

May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Huawei kembali menghadirkan laptop uniknya. Laptop berlayar lebar yang ringan,…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

MSI baru saja mengumumkan kehadiran laptop gaming terbarunya, MSI GP66…
April 25, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Setelah sebelumnya kami telah memberikan review untuk laptop dua layar…
April 15, 2021 - 0

Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

HP Envy 15-ep0016TX ini gunakan Core i7 dan GeForce RTX…

Gaming

May 5, 2021 - 0

Band Low Roar Rilis OST Terbaru Arknights

Seringkali dipandang sebelah mata namun sebenarnya memainkan peran penting, musik…
May 5, 2021 - 0

Baru Demo, RE Village Sudah Kedatangan Mod “Nakal”!

Serahkan kepada internet dan pikiran kotor bercampur kreativitas para modder…
May 5, 2021 - 0

Fortnite Berencana Racik Mode Open-World ala GTA Online?

Popularitas memang sempat meroket namun sekadar menawarkan mode “battle-royale” sepertinya…
May 5, 2021 - 0

Capcom: Banyak Fans Sebut Resident Evil 7 Terlalu Seram

Proses desain game Resident Evil dari Capcom memang muncul bak…