Review Epson EcoTank M15140: Printer Monokrom A3 Pertama di Indonesia

Author
Irham
Reading time:
April 1, 2021

Tim Jagat Review kembali kedatangan sebuah printer terbaru dari Epson yaitu Epson EcoTank M15140. Printer yang satu ini cukup menarik, karena merupakan printer monokrom pertama di Indonesia yang mampu mencetak hingga ukuran A3.

Mungkin akan yang bertanya, kenapa dengan ukuran printer sebesar ini, printer ini justru hanya bisa mencetak dokumen monokrom atau hitam saja. Mengapa tidak sekalian cetak berwarna?Review Printer Epson EcoTank M15140

Alasannya, di berbagai perusahaan yang membutuhkan volume cetak yang tinggi masih lebih banyak menggunakan printer monnokrom untuk menunjang kebutuhan cetak dokumen mereka. Bahkan jika menggunakan printer berwarna pun, pencetakan monokrom lebih banyak digunakan.

Hal ini dibuktikan dengan ukuran dari tangka tinta warna hitam, yang biasanya disediakan dengan volume yang lebih besar dibandingkan dengan tinta berwarna.

Saat ini kebanyakan printer monokrom masih menggunakan jenis printer laser. Namun biasanya printer laser memiliki biaya operasional yang lebih besar, karena penggunaan dayanya yang tinggi, serta biaya consumable yang juga besar.

Baca Juga: Review Brother Toner Box DCP-B7535DW: Printer Laser Irit, Produktivitas Tinggi 

Epson menjawab permasalahan tersebut dengan menghadirkan printer EcoTank M Series, di mana Epson EcoTank M Series ini sendiri merupakan jawaban Epson terhadap kebutuhan akan printer monokrom dengan volume cetak tinggi, kualitas cetak menyamai printer laser serta dengan kecepatan cetak yang tidak kalah tinggi, juga memiliki biaya cetak lebih rendah serta konsumsi daya listrik yang lebih rendah dibandingkan dengan printer laser.

Nantinya, printer EcoTank M Series dari Epson ini diharapkan bisa lebih menguntungkan ketimbang menggunakan printer laser monokrom yang kurang ramah lingkungan serta memiliki cost yang cenderung tinggi, bahkan mungkin akan menggantikan keberadaan printer laser sepenuhnya.

Printer Epson EcoTank M Series

Epson EcoTank M Series merupakan printer monokrom (hitam/putih) inkjet yang menawarkan volume cetak tinggi dengan kualitas cetak menyamai printer laser yang menggunakan sistem tangki tinta atau ink tank, serta memiliki kemampuan cetak dan tipe yang beragam mulai dari ukuran A4 hingga ukuran A3+.

Tipe dan target untuk produk di M series ini beraneka ragam, mulai dari printer untuk rumahan, bisnis kecil hingga perkantoran, terutama bagi mereka yang sehari-hari banyak mencetak dokumen hitam putih.

Baca Juga: Review Printer Epson A3 EcoTank L15150 

Printer Monokrom

Adapun line up produk M Series Epson yang ada saat ini antara lain:

  • Home/Office: M1100, M1120
  • Small Medium Business/Corporate: M1140, M2140, dan M3170

Untuk tipe M1100 dan M3170, Epson juga mendapatkan penghargaan Reddot Awards 2019 sebagai printer mono EcoTank terbaik.

Printer EcoTank M Series ini memiliki kecepatan cetak tinggi, mulai dari 32 ppm/15 ipm hingga 39 ppm/20 ipm. Kapasitas input kertas yang bisa ditampung oleh printer M Series mulai dari 150 lembar kertas hingga 250 lembar kertas.

Tipe printer M2140 dan M3170 telah dilengkapi dengan layar LCD sentuh yang akan lebih memudahkan dalam pengoperasian produk.

Untuk printer M1140, M2140, dan M3170 sudah dilengkapi dengan maintenance box sebagai pembuangan tinta dan dukungan cetak dokumen secara bolak-balik (duplex).

Konektivitas yang dimiliki tergolong lengkap, di mana di seri atasnya bisa dihubungkan dengan Wireless sehingga tidak membutuhkan PC untuk bisa mencetak dokumen dalam jumlah banyak.

Garansi yang dimiliki oleh printer EcoTank M Series tergolong panjang, 4 tahun atau 50.000 lembar dan 4 tahun atau 150rb lembar dan juga mencakup Print head (tergantung tipe printer M Series).

Epson A3 EcoTank M15140

Nah, untuk produk printer yang akan kami review kali ini adalah Epson A3 EcoTank M15140, yang  Merupakan printer monokrom dengan kemampuan cetak hingga ukuran A3+ pertama di Indonesia (tipe sebelumnya hanya ukuran A4).

Printer ini Mampu mencetak hingga ukuran A3+, dan memiliki fitur borderless, duplex, dan booklet printing (max A3). Printer ini juga memiliki desain Printer ink tank multifungsi (print, scan, copy, ADF) yang memiliki volume cetak tinggi (7.500 yields) dengan cost cetak rendah (sekitar Rp 37 per halaman cetak).

Review Printer Epson EcoTank M15140

M15140 menggunakan Tinta hitam Pigment yang cepat kering dan tahan terhadap air (tidak luntur). Teknologi yang digunakan oleh printer Epson Ecotank A3 M15140 adalah PrecisionCore Heat Free Technology.

Untuk konsumsi daya listriknya juga terbilang rendah,  karena menggunakan Heat Free Technology / tanpa pemanas pada proses printing, sehingga lebih ramah lingkungan).

Baca Juga: Hands-On Printer Canon Inkjet PIXMA G6070 

Paper Tray terdiri dari dua buah cassette yang mampu menampung masing-masing 250 lembar kertas, serta rear tray mampu menampung hingga 50 lembar kertas. Printer juga mampu mencetak hingga ukuran A3, memiliki fitur duplex, dan booklet printing (max A3).

Review Printer Epson EcoTank M15140

Dukungan konektivitas yang lengkap menggunakan WiFi Direct sehingga bisa mencetak secara langsung hingga maksimal 8 buah perangkat sekaligus tanpa memerlukan router khusus. Dengan koneksi WiFi dan dukungan aplikasi Epson Connect untuk bisa melakukan print dari mana saja dan kapan saja tanpa menggunakan PC.

Untuk kalian yang penasaran dengan printer monokrom Epson A3 EcoTank M15140, simak review lengkapnya berikut ini.

Load Comments

Gadget

May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 5-7 Juta

Setelah membahas rentang harga Rp 10 jutaan keatas, Rp. 7…
May 6, 2021 - 0

Rekomendasi Smartphone Lebaran 2021: Harga Rp 7-10 Juta

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai rekomendasi smartphone tebaik di harga…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Laptop

May 17, 2021 - 0

Review MSI Stealth 15M: Laptop Gaming Ultraportable, Sangat Tipis, Sangat Ringan

Laptop ini tak hanya ringan dan tipis, tetapi juga punya…
May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Huawei kembali menghadirkan laptop uniknya. Laptop berlayar lebar yang ringan,…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

MSI baru saja mengumumkan kehadiran laptop gaming terbarunya, MSI GP66…
April 25, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Setelah sebelumnya kami telah memberikan review untuk laptop dua layar…

Gaming

May 17, 2021 - 0

Genshin Impact Unjuk Aksi Waifu Teranyar – Eula

Ekonomi berbasis Waifu adalah strategi terbaik yang bisa ditawarkan oleh…
May 17, 2021 - 0

Ratchet & Clank: Rift Apart Rampung

Pengumuman tanggal rilis memang tidak lagi jadi informasi yang bisa…
May 17, 2021 - 0

Story of Seasons Tuju Mobile

Sebuah kenyataan yang tidak bisa terbantahkan, ada alasan mengapa banyak…
May 17, 2021 - 0

Playstation Studios Kini Punya Halaman Steam Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi sepertinya bahwa Sony memang tertarik untuk…