(VIDEO) Antivirus Sekarang Bukan Sekadar Antivirus Lagi!

Reading time:
May 18, 2021
antivirus

Saat mendengar nama “antivirus”, banyak orang sudah terpikir beberapa brand antivirus terkemuka. Masalahnya, tahukah bahwa penyedia layanan antivirus itu sudah tidak menyediakan hanya sekadar antivirus. Karena, antivirus itu banyak yang gratis dan baik. Tapi, yang namanya melindungi dan mengamankan perangkat komputasi kita ternyata tidak selesai hanya dengan antivirus saja. Masih banyak serangan dan ancaman digital dalam bentuk lain yang juga membutuhkan pelindung tersendiri.

Itu sebabnya, produsen spesialis aplikasi antivirus sekarang sudah tidak menjual HANYA antivirus. apa yang dulu disebut dengan antivirus, sekarang sudah berevolusi dengan menjadi kian kompleks. Menjadi, bukan sekadar antivirus saja.

Kalau diperhatikan, produsen aplikasi antivirus umumnya menawarkan banyak aplikasi selain antivirus itu sendiri. Memang, antivirus itu cuma satu  dari banyak aplikasi yang menawarkan perlindungan untuk PC, dan biasanya juga antivirus jadi bagian dari satu paket keamanan untuk melindungi PC. Apa saja hal yang biasanya ditawarkan oleh paket keamanan seperti itu selain perlindungan terhadap virus? Kenapa bisa jadi hal-hal lain itu jadi penting, bahkan di era saat ini lebih penting dari antivirus itu sendiri?

Kami akan mencoba membahasnya dalam video kali ini. Contoh yang akan kami gunakan kali ini adalah paket keamanan dari McAfee.

Antivirus dari McAfee

Seharusnya nama atau merek yang satu ini sudah cukup dikenal kan? McAfee berdiri sejak tahun 1987 dan sejak awal memang fokus di aplikasi keamanan, khususnya untuk PC. McAfee VirusScan merupakan produk dari McAfee yang seharusnya paling dikenal, tetapi ada banyak produk McAfee lain yang tidak kalah penting, yang dipaketkan dalam paket yang disebut sebagai McAfee Total Protection.

McAfee Antivirus

McAfee Total Protection ini disebut sebagai paket yang menawarkan “peace of mind” untuk pengguna, dalam artian pengguna tidak perlu takut lagi saat beraktivitas di Internet. Berbagai perlindungan yang ditawarkan paket ini di antaranya untuk:

  • menghindari pengambilan/pencurian data dan informasi pribadi
  • menghindari pemantauan aktivitas selama berselancar di Internet
  • mengurangi risiko membuka situs berbahaya secara tidak sengaja
  • dan tentu saja melindungi dari serangan virus

Ya, jadi perlindungan dari virus memang hanya satu bagian kecil dari paket untuk melindungi PC. Mari kita coba bahas lebih lanjut isi dari McAfee Total Protection itu dan fungsi singkatnya masing-masing:

  • Secure VPN

Ini merupakan VPN (Virtual Private Network) bank-grade yang ditawarkan McAfee. Bank-grade di sini berarti tingkat pengamanan yang ditawarkan sudah sangat tinggi, hingga layak digunakan di bank. VPN akan membantu menjaga berbagai informasi yang dikirimkan melalui Internet tidak mudah diambil oleh yang tidak berkepentingan. Ini juga bisa membantu agar kegiatan kita tidak mudah dipantau selama beraktivitas di Internet. Melihat pencurian informasi di Internet yang makin marak, VPN ini tentu saja butuh digunakan, terlebih lagi yang bisa memberikan tingkat pengamanan yang tinggi.

  • Identity Theft Protection

Pencurian identitas di Internet sering sekali terjadi, dan biasanya terkait dengan penggunaan informasi identitas kita akses ke hal-hal yang krusial, seperti credit card. Mengamankan kita dari pencurian identitas merupakan hal yang ditawarkan oleh Identity Theft Protection, dengan cara memantau tempat-tempat yang umum digunakan untuk membocorkan identitas kita. Bila ada potensi bahaya, Identity Theft Protection akan memberikan tips untuk mencegah identitas itu disalahgunakan. Bahkan, ada juga layanan konsultasi untuk membantu kita menentukan langkah yang harus diambil bila hal tersebut terjadi.

  • Safe Web Browsing

Bagian dari paket keamanan ini akan secara otomatis memblokir situs-situs yang berpotensi menimbulkan bahaya saat kita berselancar di Internet. Memang, banyak sekali situs yang bisa disusupi hal-hal berbahaya, yang terkadang sulit kita kenali, seperti malware, tracker, miner, dan lain-lain. Safe Web Browsing akan secara otomatis memperingatkan dan memblokir situs-situs seperti itu sehingga tidak mungkin kita buka secara tidak sengaja.

  • Password Manager

Ada juga Password Manager yang memungkinkan kita menyimpan password yang kita gunakan untuk akun di berbagai website secara aman. Mekanisme penyimpanan password tentu saja diperhatikan agar tidak mudah diambil oleh yang tidak berkepentingan. Sementara, kita tentu saja tidak perlu pusing menghafal password-password yang biasa kita gunakan.

  • Home Network Security & Safe Family

Pengaman untuk jaringan lokal juga tersedia di paket keamanan ini. Hal ini membuat serangan online tidak mudah menjangkau jaringan lokal kita serta berbagai perangkat yang terhubung ke jaringan lokal tersebut. Bahkan, ada juga tool yang bisa digunakan untuk melindungi perangkat yang digunakan oleh anak-anak dari berbagai macam potensi bahaya di Internet.

  • Encrypted Storage dan McAfee Shredder

Perlindungan ekstra untuk file-file penting bisa didapatkan dengan mengaktifkan enkripsi 256-bit AES untuk storage yang kita gunakan. Tentu saja, tanpa kunci enkripsi, pihak lain tidak akan bisa mengakses file-file penting tersebut. Sementara McAfee Shredder berguna untuk membuat file sensitif yang ingin kita hapus benar-benar terhapus sempurna tanpa ada kemungkinan untuk melakukan recovery terhadap file tersebut.

Tidak Hanya untuk PC!

mcafee

Selain berbagai fitur keamanan seperti yang ditawarkan McAfee Total Protection yang sudah kami bahas tersebut, produsen paket keamanan tampaknya sadar bahwa aktivitas kita di Internet saat ini tidak lagi hanya terbatas dilakukan dari PC saja. Aktivitas kita di Internet saat ini juga banyak dilakukan dari gadget seperti smartphone dan tablet. Karena itu, dukungan penggunaan multi-platform umumnya ditawarkan.

McAfee Total Protection juga mengusung dukungan tersebut. Berdasarkan informasi dari McAfee, paket keamanan tersebut bisa digunakan di Windows, MacOS, Android, dan iOS, yang berarti bisa melindungi berbagai perangkat yang kita gunakan sehari-hari untuk beraktivitas di Internet, bukan cuma untuk PC.

Beli Paket, Lebih Murah

McAfee Total Protection ini ditawarkan dalam beberapa paket, dengan perbedaan utama di jumlah perangkat yang bisa menggunakan aplikasi keamanan ini. Paket yang disebut McAfee sebagai opsi terbaik adalah Family, yang bisa digunakan di hingga 10 perangkat dan mencakup semua fitur yang kami bahas sebelumnya, dengan Identity Theft Protection Essential dan Secure VPN diberikan untuk yang memilih opsi langganan lebih dari satu tahun.

stockphoto

Paket Family ini sesuai namanya cocok digunakan di satu keluarga, dengan hingga total 10 perangkat dilindungi oleh McAfee Total Protection. Sementara untuk yang membutuhkan penggunaan di lebih sedikit perangkat, ada paket Individual/Couples dengan penggunaan hingga 5 perangkat, atau Single Device untuk penggunaan hanya di satu perangkat saja. Kedua paket ini tidak dilengkapi dengan opsi mendapatkan Identity Theft Protection Essential.

Sementara untuk yang membutuhkan lebih banyak lisensi, ada paket Ultimate yang bisa digunakan di perangkat dengan jumlah yang tidak terbatas. Mirip dengan paket Family, paket ini dilengkapi dengan Secure VPN diberikan untuk yang memilih opsi langganan lebih dari satu tahun, serta versi tertinggi dari Identity Protection, yaitu versi Pro.

Terkait harga untuk paket-paket tersebut, bisa langsung dicek di situs resmi McAfee. Satu hal yang bisa dikatakan menarik, ada harga spesial untuk langganan di tahun pertama, dengan diskon mencapai lebih dari 50% untuk paket-paket tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak pembahasan kami lewat video berikut ini:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…