Direct Release: Sony Indonesia Resmi Luncurkan Alpha ZV-E10, Kamera yang Didesain Khusus untuk Para Vlogger

Reading time:
October 1, 2021

Jakarta, 01 Oktober 2021 – Sony Indonesia meluncurkan Alpha ZV-E10, kamera terbaru dengan lensa yang dapat ditukar dari seri Alpha, didesain khusus untuk para vlogger. Kamera ini memiliki teknologi pencitraan yang terdepan dari Sony serta kegunaan yang luas. Alpha ZV-E10 memiliki sensor APS-C yang menghasilkan performa foto dan video berkualitas tinggi. Keserbagunaan kreatif dengan beragam fungsi yang dioptimalkan membuat kamera ini cocok untuk semua vlogger.  

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, “Kami menilai bahwa diperlukan cara baru dalam memperlihatkan serta menyalurkan karya secara lebih kreatif, seru, dan ekspresif. Maka dari itu, kami sangat antusias untuk memperkenalkan kamera seri Alpha terbaru yang secara khusus didesain untuk para vlogger. Alpha ZV-E10 adalah kamera mirrorless dengan sensor besar – APS-C Exmor CMOS yang didesain untuk memudahkan penggunanya dalam berkreasi secara maksimal. Kamera ini juga memungkinkan para pengguna untuk mengganti-ganti lensa dengan mudah, sesuai dengan kebutuhan, agar dapat berkarya secara maksimal. Alpha ZV-E10 sangat cocok bagi para vlogger yang ingin beralih pada pengaturan yang lebih canggih, namun memiliki fitur yang mudah digunakan”. 

Kiri ke Kanan Kazuteru Makiyama President Director PT Sony Indonesia Mohamad Fariz Adiputra Digital Imaging Product Marketing PT Sony Indonesia dan Koji Sekiguchi M

Harga dan Ketersediaan

Sony Alpha ZV-E10 akan hadir di Indonesia pada bulan November 2021 dengan harga Rp10.999.000. Harga tersebut sudah termasuk dengan lensa kit 16-50 mm, serta tersedia dalam warna hitam dan putih. Anda juga bisa mendapatkan Alpha ZV-E10 melalui pre-order pada tanggal 29 September 2021 hingga 17 Oktober 2021. Dengan mengikuti pre-order, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berupa program purchase with purchase spesial untuk produk Shooting Grip GP-VPT2BT seharga Rp1.199.000 dan microphone ECM-W2BT seharga Rp3.399.000 yang bisa didapatkan bersamaan dengan Pre-Order Alpha ZV-E10.  

Fitur dan Spesifikasi Alpha ZV-E10

Alpha ZV-E10 dilengkapi sensor CMOS Exmor APS-C dengan 24,2-megapiksel (perkiraan efektif) dan mesin pemrosesan gambar BIONZ X untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan sensitivitas tinggi, penggambaran tekstur detail, serta bokeh natural yang indah. Selain itu, Alpha ZV-E10 memiliki fitur khusus video yang telah diakui dan disukai di kamera digital populer ZV-1, termasuk “Background Defocus” yang dapat beralih antara latar belakang buram (bokeh) dan tajam dengan mulus, serta mode “Product Showcase Setting” yang memungkinkan kamera mengalihkan fokus dari wajah subjek ke objek yang disorot secara otomatis.

image 1

Kamera Alpha ZV-E10 menampilkan desain video-first dalam bentuk yang ringan (sekitar 12 oz. / 343g) dan dilengkapi dengan Layar LCD Vari-angle bukaan samping yang populer sehingga memungkinkan para vlogger untuk menghubungkan mikrofon eksternal di atas kamera. Hal ini memudahkan pengguna dalam pengaturan kamera sekaligus memungkinkan mereka untuk melihat layar dalam mode pengambilan gambar selfie, serta dari sudut tinggi dan rendah.

Selain layar, kamera Alpha ZV-E10 juga didukung dengan berbagai fungsi lain yang mudah digunakan dan dirancang khusus untuk foto dan video, termasuk tombol Still/Movie/Slow dan Quick motion baru yang terletak di atas kamera, sehingga mempermudah vlogger untuk mengubah antara mode pengambilan gambar yang diinginkan dengan satu sentuhan.

Kamera terbaru ini juga memiliki fitur video terdepan, seperti perekaman video 4K dan Slow Motion dengan gambar berkualitas tinggi (FHD 120p). Stabilisasi gambar elektronik dengan Mode Aktif juga tersedia dan menghadirkan perekaman video yang stabil, bahkan pada saat berjalan dan pengambilan gambar dengan tangan. Lebih lagi, teknologi AF (autofokus) canggih dari Alpha ZV-E10 memberikan AF yang cepat dan tepat dengan performa pelacakan yang sangat baik, serta audio berkualitas tinggi untuk perekaman suara yang jernih.

Keserbagunaan Kreatif

Kamera dengan Lensa yang Dapat Ditukar untuk Ekspresi Kreatif yang Lebih Luas

Alpha ZV-E10 memungkinkan pengguna untuk memperluas ekspresi kreatif dengan memanfaatkan lensa ideal untuk setiap pengambilan gambar yang diinginkan. Pengguna dapat memilih lensa yang sempurna berdasarkan visi kreatif mereka melalui berbagai macam lensa yang kompatibel dalam jajaran lensa E-mount Sony.

Autofokus terdepan

Teknologi AF Sony yang terdepan di industri memungkinkan pengguna untuk menyerahkan tugas pemfokusan ke kamera, sehingga mereka dapat berkonsentrasi dalam menyusun pengambilan gambar. Berkat adanya Fast Hybrid AF dan Real-time Eye AF untuk video, serta Real-time Tracking, Alpha ZV-E10 dapat melacak wajah dan mata subjek untuk pemfokusan otomatis yang cepat dan tepat, bahkan pada saat pengambilan gambar on-the-go dan di situasi yang menantang. Pengguna juga dapat menyesuaikan pengaturan AF kamera, seperti AF Transition Speed dan AF Subject Shift Sensitivity, untuk memilih antara pemfokusan cepat atau pemfokusan lambat sesuai dengan preferensi kreatif mereka.

Selain itu, fungsi Touch Focus pada kamera Alpha ZV-E10 memungkinkan pengguna untuk secara intuitif mengatur posisi fokus dalam gambar diam hanya dengan menyentuh layar. Dengan satu ketukan, pengguna dapat langsung mengalihkan posisi fokus ke subjek di pinggiran gambar. Fungsi ini tersedia dalam mode foto dan video.

Audio Berkualitas Tinggi

Teknologi terdepan Sony memungkinkan Alpha ZV-E10 untuk menangkap rekaman suara sebening kristal yang menangkap suara pembicara dengan jelas, berkat Directional 3-Capsule Mic internal dan wind screen untuk mengurangi kebisingan angin secara signifikan. Memperluas pilihan audio, Alpha ZV-E10 didukung dengan interface audio Digital melalui Multi Interface (MI) Shoe Cap dan jack mikrofon untuk menghubungkan mikrofon eksternal. Berkat adanya jack headphone, pengguna dapat menghubungkan headphone untuk memantau rekaman suara secara akurat. Waktu output audio juga dapat diatur untuk Live atau Lip Sync. 

Mengutamakan Subjek

Menggunakan algoritma Face Priority AE (autoexposure) asli yang mampu melakukan transisi AE yang cepat, Alpha ZV-E10 secara otomatis mengoreksi pencahayaan, sehingga wajah subjek tidak terlalu terang maupun terlalu gelap ketika gambar diambil dalam pengaturan berbeda dengan perubahan cahaya yang dramatis. Hal ini memungkinkan kamera mendeteksi wajah subjek dan menyesuaikan pencahayaan untuk memastikan bahwa wajah digambarkan pada kecerahan optimal, bahkan saat pengambilan gambar selfie dalam pemandangan dengan perubahan pencahayaan yang ekstrem, dan bahkan jika wajah subjek berpaling sesaat dari kamera. Lebih lagi, kamera ini memiliki kemampuan pengenalan warna canggih yang sama dengan kamera ZV-1 yang terkenal untuk mengoptimalkan warna kulit pada subjek apa pun baik dalam mode foto maupun video.

Fitur Video Mutakhir:

    • Perekaman film 4K internal melalui pixel readout penuh tanpa pixel binning 
  • Codec XAVC S™ kecepatan bit tinggi pada 100Mbps saat perekaman 4K 
  • Slow & Quick Motion
  • Perekaman Full HD berkecepatan tinggi pada 120 fps
  • Pengambilan gambar interval  untuk video time-lapse yang menakjubkan
  • Hybrid Log-Gamma (HDR) / S-Gamut3.Cine / S-Log3, S-Gamut3 / S-Log3 

Dirancang untuk Vlogger

Kamera terbaru Alpha ZV-E10 direkomendasikan untuk vlogger yang ingin merekam beragam ekspresi dengan fitur lensa yang dapat ditukar. Pengguna dapat dengan nyaman mengoperasikan kamera terbaru Alpha ZV-E10 berkat grip bodi yang mudah dipegang dan tombol MOVIE besar yang terletak di bagian atas kamera. Saat dipasangkan dengan Shooting Grip opsional dengan Wireless Remote Commander (GP-VPT2BT, dijual terpisah), pengambilan gambar satu tangan disederhanakan dengan kemudahan akses zoom, record dan tombol yang dapat disesuaikan. Lampu perekaman (tally light) juga tersedia di bagian depan bodi untuk indikasi status perekaman. Frame merah pada layar LCD juga muncul saat perekaman untuk memberitahu pengguna dengan cepat dan mudah jika perekaman aktif saat berada di belakang kamera.

Fitur unik Alpha ZV-E10 adalah tuas zoom yang dapat mengoperasikan zoom optik dengan lensa power zoom dan zoom Clear Image dengan lensa prime. Saat memasangkan kamera dengan lensa prime, pengguna dapat melakukan zoom tanpa kehilangan resolusi video guna mempertahankan video 4K penuh. Pengguna juga dapat memilih dari 8 pengaturan kecepatan zoom untuk menambah fleksibilitas kreatif.

Kamera Alpha ZV-E10 dilengkapi dengan performa baterai yang tahan lama dengan daya yang cukup untuk pengambilan gambar hingga 125 menit atau 440 gambar dengan pengisian daya penuh, sehingga pengguna dapat merekam untuk waktu yang lama tanpa khawatir. Saat pengambilan gambar di dalam ruangan, catu daya AC seperti AC-PW20AM opsional dapat mengisi daya, sehingga pengguna dapat terus merekam tanpa mengkhawatirkan konsumsi baterai. Daya juga dapat disuplai melalui konektor USB Type-C®, memungkinkan baterai eksternal memberi daya pada kamera untuk memperpanjang masa pakai baterai saat pengambilan gambar on the go. Untuk menghemat baterai kamera, Layar LCD Vari-angle milik Alpha ZV-E10 memungkinkan pengguna untuk menempatkan kamera pada mode hemat Daya dengan menutupnya dan langsung melakukan pengambilan gambar dengan membuka panel.

Tetap Terhubung

Live Streaming

Alpha ZV-E10 juga merupakan kamera yang sangat cocok untuk menunjang kegiatan para pengguna yang sedang menerapkan work from home, school from home, atau kegiatan online lainnya, karena kamera ini dapat digunakan sebagai webcam atau kamera live streaming berkualitas tinggi hanya dengan menghubungkannya ke PC atau smartphone untuk meningkatkan mobilitas saat streaming tanpa memerlukan software tambahan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan kualitas gambar Alpha ZV-E10 yang luar biasa dan audio sejernih kristal, serta Face Priority AE dan Soft Skin Effect saat live streaming atau panggilan video. Alpha ZV-E10 mendukung standar yang digunakan untuk kamera USB seperti UVC (USB Video Class) / UAC (USB Audio Class). Dengan Alpha ZV-E10, pengguna juga dapat terhubung ke sumber daya listrik melalui kabel USB saat live streaming untuk penggunaan yang lebih lama. Untuk menambah kenyamanan, pengguna juga dapat menetapkan fungsi ini ke tombol khusus agar dapat langsung memulai streaming.

Data dan Transfer File Mudah

Dengan menggunakan aplikasi Imaging Edge Mobile, pengguna dapat mentransfer file gambar dan video yang dipilih ke perangkat seluler melalui Wi-Fi. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mentransfer file gambar RAW. Setelah kamera terhubung dengan aplikasi Imaging Edge Mobile, data lokasi file dapat diperoleh dari perangkat seluler dan direkam. Pengguna dapat mentransfer file dari kartu SD di kamera ke smartphone (perangkat seluler) melalui Bluetooth meskipun kamera dimatikan.

Untuk daftar lengkap mengenai spesifikasi dan informasi, silakan kunjungi: https://www.sony.co.id/en/electronics/interchangeable-lens-cameras/zv-e10

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…