Intel Perkenalkan Project Amber: Layanan Verifikasi Keamanan Untuk Lingkungan Cloud-to-Edge & On-Premise

Reading time:
May 18, 2022
newsroom vision 2.png.rendition.intel .web .1920.1080

Di ajang Intel Vision 2022 yang berlangsung di Dallas, Texas, Intel juga memperkenalkan sebuah layanan yang dapat membantu perusahaan saat melakukan verifikasi untuk keamanan di lingkungan Cloud, Edge, dan On-premises. Melalui layanan ini Intel berusaha menjawab kebutuhan perusahaan akan lingkungan Cloud, Edge, dan On-premises yang terpercaya. Melalui Project Amber, Intel memperkenalkan sebuah otoritas yang independen untuk melakukan verifikasi apakah sebuah lingkungan Cloud, Edge, dan On-premises terpercaya keamanannya atau tidak. Project Amber bahkan mampu melakukan verifikasi secara sekaligus di lebih dari satu lingkungan Cloud, Edge, dan On-premises sehingga perusahaan lebih hemat waktu dan biaya.

Greg Lavender at Intel Vision Day 2

“Saat berbagai perusahaan terus memanfaatkan nilai dari Cloud, keamanan tidak pernah sepenting ini. Kepercayaan berjalan saling beriringan dengan keamanan, dan itulah yang diharapkan dan dibutuhkan oleh pelanggan kami ketika menjalankan misi mereka dengan menggunakan teknologi Intel,” kata Greg Lavender, Chief Technology Officer, Senior Vice President, dan General Manager Software and Advanced Technology Group di Intel. “Dengan memperkenalkan Project Amber, Intel membawa Confidential Computing ke tingkat yang lebih tinggi dalam komitmen kami menggunakan pendekatan Zero Trust dalam proses pembuktian (Attestation) dan verifikasi aset-aset komputasi di dalam jaringan, Edge, dan Cloud.”

Intel Project Amber 01

Saat ini, berbagai perusahaan beroperasi dengan menggantungkan pada layanan Cloud untuk mendukung pekerjanya yang bekerja secara Remote yang membutuhkan banyak perangkat, akses tanpa gangguan, dan perangkat untuk berkolaborasi. Berbagai solusi teknologi tersebut tentunya memerlukan pengamanan data tidak hanya dalam tingkat Memory dan ketika transit, tetapi juga dalam penggunaannya. Ini melindungi aset berharga dan meminimalkan area sasaran serangan. Project Amber memberikan verifikasi kepercayaan secara Remote untuk aset-aset komputasi di lingkungan Cloud, Edge, dan On-premise bagi berbagai perusahaan. Layanan ini beroperasi tanpa tergantung siapa penyedia infrastruktur yang menjalankan Confidential Computing.

Intel Project Amber 02

Confidential Computing, proteksi terhadap data yang digunakan dengan menjalankan komputasi dalam Trusted Execution Environment (TEE) berbasis Hardware, adalah pasar yang sedang berkembang. Intel® Software Guard Extensions (Intel® SGX) yang tersedia di platform Intel® Xeon® Scalable adalah salah satu teknologi utama yang mentenagai Confidential Computing yang ada saat ini, yang memungkinkan penggunaan berbagai layanan Cloud yang menguntungkan perusahaan yang menangani data sensitif secara reguler.

Fondasi kepercayaan dalam lingkungan Confidential Computing dibangun melalui proses yang disebut Attestation. Verifikasi untuk kepercayaan ini merupakan persyaratan penting bagi pelanggan untuk melindungi data dan kekayaan intelektual mereka, saat mereka memindahkan beban kerja yang sensitif ke Cloud. Untuk meningkatkan jaminan kepercayaan dan mendorong Confidential Computing ke industri yang lebih luas, Intel mengumumkan Project Amber sebagai langkah pertama dalam menciptakan layanan yang Multi-Cloud dan Multi-TEE baru untuk Attestation pihak ketiga:

  • Bersifat Cloud-Agnostic, layanan ini akan mendukung beban kerja Confidential Computing di Public Cloud, di Private/Hybrid Cloud, dan di Edge. Menghadirkan pihak ketiga untuk memberikan Attestation akan membantu memberikan objektivitas dan independensi untuk meningkatkan jaminan Confidential Computing kepada pengguna.
  • Dalam versi pertamanya, Project Amber akan mendukung beban kerja Confidential Computing yang digunakan sebagai Bare Metal Container, Virtual Machine (VM), dan Container yang berjalan di Virtual Machine dengan menggunakan Intel TEE. Rilis awal akan mendukung Intel TEE, dan rencananya akan diperluas ke platform, perangkat, dan TEE lainnya di masa mendatang.
  • Intel juga bekerja sama dengan para Independent Software Vendor (ISV) untuk mengaktifkan layanan kepercayaan yang mencakup Project Amber. Tool software baru seperti API diterbitkan supaya ISV dapat menggabungkan Project Amber dalam meningkatkan software dan layanan. Tool ini akan melengkapi platform dan teknologi Intel, dan memberikan nilai lebih bagi pelanggan dan mitra.
Load Comments

Gadget

September 27, 2023 - 0

HUAWEI WATCH GT 4 dan WATCH Ultimate: Smartwatch PALING STYLISH Rasa Jam Klasik Mewah

Huawei Watch GT 4 dan Huawei Watch Ultimate. Smartwatch terbaru…
April 15, 2023 - 0

Review itel P40: Smartphone Rp 1 Jutaan Paling Mengejutkan!

Perkenalkan, smartphone yang satu ini adalah itel P40. Baru kali…
March 29, 2023 - 0

Review vivo V27 5G: Ringan, Layar Curved, Kamera Keren, Lengkap & Kencang!

Ini adalah vivo V27 5G, smartphone V Series terbaru dari…
March 28, 2023 - 0

Review TECNO SPARK 10 Pro: Smartphone 2 Jutaan, Mewah Tapi Murah dan Lengkap

TECNO SPARK 10 Series, ini adalah keluarga smartphone terjangkau terbaru…

Laptop

November 22, 2023 - 0

Review ASUS Vivobook Go 14 E1404: Laptop Komplit & Murah Untuk Pelajar

ASUS Vivobook Go 14 E1404, adalah laptop yang akan kita…
November 15, 2023 - 0

Review AVITA Pura A+: Laptop Murah Tapi Kencang!

Kali ini kita Review Laptop murah dari AVITA. Buat yang…
November 9, 2023 - 0

Review ASUS Zenbook Pro 14 OLED: Laptop Mungil Performa Super Tinggi

Laptop yang satu ini kalau dilihat sekilas terlihat seperti sebuah…
November 7, 2023 - 0

Review MSI Prestige 14 EVO (B13M-470ID): Laptop Bisnis Prosesor Kencang

Yang ini adalah sebuah laptop Bisnis dan Produktivitas dari MSI.…

Gaming

November 25, 2023 - 0

Ajak Dukung Game Indonesia, Kemkominfo “Diserang” Gamer dan Netizen!

Semua industri di Nusantara memang butuh dukungan pemerintah, namun seringkali…
November 24, 2023 - 0

Dev. A Space for the Unbound Dibeli Seharga 25 Miliar Rupiah oleh Toge Productions!

Setelah kerjasama yang tampaknya  berlangsung erat sebagai developer dan publisher…
November 24, 2023 - 0

Dada Mengecil dan Pakai Sports Bra, Karakter Zenless Zone Zero Kena Tuduhan “Sensor”

Game-game yang didistribusikan dalam format free to play, apalagi yang…
November 24, 2023 - 0

Stellar Blade Jadi Game Korea Pertama yang Resmi Diterbitkan dan Didistribusikan Sony

Seberapa banyak dari Anda yang masih mengingat sebuah game action…