Direct Release: Perhatikan Kondisi Baterai Sebelum Membeli Motor Listrik Bekas

Reading time:
November 23, 2023

Kehadiran motor listrik di Indonesia masih tergolong produk baru bagi masyarakat. Sehingga masih banyak masyarakat yang belum yakin untuk suku cadang dan perawatan untuk motor listrik. Meski demikian, secara pertumbuhan penjualan motor listrik terus mengalami peningkatan.

Gogoro CrossOver electric bike 1068x712 1

Motor listrik bekas pun sekarang telah banyak dipasaran. Sehingga bagi kamu yang ingin memiliki motor listrik tetapi belum memiliki keuangan yang cukup, bisa memilih motor listrik bekas. Tak dapat dipungkiri harga motor listrik baru masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan motor bahan bakar minyak.

Motor listrik memang mendapat perhatian penuh dari pemerintah dalam mewujudkan kendaraan ramah lingkungan. Bahkan pemerintah memberikan subsidi untuk kendaraan listrik, hal ini tak lepas dari tekad pemerintah yang ingin menjadi Indonesia sebagai negara pengguna energi ramah lingkungan.

Jual beli kendaraan bekas di Indonesia merupakan hal yang lumrah, begitu juga dengan motor listrik. Namun, ketika datang ke motor listrik bekas, banyak orang bertanya-tanya tentang prospeknya. Apakah motor listrik bekas memiliki nilai jual yang tinggi? Bagaimana penentuan harga motor listrik bekas?

Menjawab banyak pertanyaan tersebut, maka kita akan membaha sejauh mana perkembangan motor listrik dan faktor penting yang menentukan harga motor listrik bekas, seperti baterai.

Faktor Penentu Harga Motor Listrik Bekas

Menurut Wakil Ketua Umum Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI), Wilson Teoh, saat ini belum ada standarisasi harga yang umum untuk motor listrik bekas di Indonesia. Harga motor listrik bekas ditentukan terutama oleh kondisi baterai. Baterai merupakan komponen penting dan termahal dalam struktur unit motor listrik.

Kesehatan baterai dari motor listrik menjadi faktor penentu berapa harga motor listrik bekas di pasaran. Sebagai contoh, dalam sebuah motor listrik dengan harga Rp 15 juta, harga baterainya dapat mencapai Rp 6 juta, atau sekitar 30-40% dari harga total motor.

Kondisi Baterai sebagai Penentu Harga Motor Listrik Bekas

Kondisi baterai motor listrik menjadi faktor penting dalam menentukan harga jual motor listrik bekas. Untuk itu, sering dilakukan koordinasi dengan balai uji untuk menguji kapasitas baterai. Jika baterai dalam kondisi baik dan memiliki kapasitas yang masih optimal, harga jual motor listrik bekas akan cenderung lebih tinggi.

Namun, jika baterai mengalami penurunan kapasitas atau kerusakan, harga jual motor listrik bekas akan menurun. Maka sangat disarankan bagi pengguna motor listrik untuk merawat kondisi baterai agar nilai jual motor listrik bekasnya tidak akan jatuh.

Standarisasi Harga Motor Listrik Bekas

Dalam industri motor listrik belum ada standarisasi harga yang umum diterapkan. Namun, harga motor listrik bekas umumnya ditentukan oleh faktor-faktor berikut:

1. Merek dan Model Motor Listrik

Harga motor listrik bekas dapat dipengaruhi oleh merek dan model motor tersebut. Motor listrik dengan merek terkenal atau model yang lebih baru cenderung memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan merek atau model yang kurang dikenal.

2. Umur Motor Listrik

Umur motor listrik juga menjadi faktor penentu harga. Motor listrik bekas yang lebih baru umumnya memiliki harga yang lebih tinggi daripada motor listrik bekas yang lebih tua. Hal ini tentu sama dengan segala jenis kendaraan konvensional apapun, tahun penjualan juga menentukan harga jual.

3. Kondisi Fisik Motor Listrik

Kondisi fisik motor listrik juga mempengaruhi harga jualnya. Motor listrik bekas yang masih dalam kondisi baik dengan sedikit atau tanpa kerusakan fisik akan memiliki harga yang lebih tinggi. Namun ketika motor listrik tersebut mengalami masalah dengan baterai, maka dapat dipastikan harga motor listrik bekas tersebut akan anjlok.

4. Riwayat Perawatan Motor Listrik

Riwayat perawatan motor listrik juga dapat memengaruhi harga jualnya. Motor listrik bekas yang memiliki riwayat perawatan yang baik dan teratur akan cenderung memiliki harga yang lebih tinggi. Hal ini tentu sama ketika kamu ingin membeli motor dengan bahan bakar minyak.

5. Jumlah Kilometer yang Ditempuh

Jumlah kilometer yang ditempuh oleh motor listrik bekas juga menjadi pertimbangan dalam menentukan harga jualnya. Motor listrik bekas dengan jumlah kilometer yang rendah cenderung memiliki harga yang lebih tinggi. Hal ini juga menjadi indikator dari motor listrik konvensional.

Mengapa Harga Baterai Listrik Mahal

Sepeda motor listrik diperkirakan akan menjadi kendaraan terpopuler di masa depan. Begitu pula di Indonesia. Setidaknya sudah banyak produsen sepeda motor yang mulai melirik produksi sepeda motor listrik, salah satunya Garansindo yang bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Novembre (ITS) Surabaya.

Menurut Ketua Inspektur Mobil ITS, Muhammad Nur Yuniarto, hingga saat ini sepeda motor listrik belum bisa dibandingkan dengan dampaknya sebagai sebuah produk yang sangat mahal. Pasalnya, banyak perangkat yang dikemas ke dalam sepeda motor listrik mahal.

Ia mengatakan, bagian termahal dari sebuah sepeda motor listrik adalah baterainya. Ia pun memberi penjelasan untuk harga per sel baterai listrik mencapai US$ 3- US$ 5. Sedangkan untuk membuat satu baterai motor listrik membutuhkan sekitar 300 sel atau sekitar US$ 1500 atau sekitar Rp 19 jutaan.

Meski demikian, Nur menegaskan, biaya produksi sepeda motor listrik dalam jumlah kecil memang berbeda-beda jika diproduksi massal. Jika bicara harga, maka jumlah produksi 1.000 unit dan satu juta unit tentu menentukan harga jual yang berbeda.

Dengan produksi  massal maka akan menekan biaya total produksi jika dibanding dengan produksi terbatas. Sementara itu, untuk bahan rangka dan keseluruhan sepeda motor sama dengan sepeda motor konvensional. Perbedaannya hanya pada perlengkapan terkait tenaga penggerak mesin.

honda e bike 2

Perkiraan Harga Motor Listrik Bekas

Tidak adanya standarisasi harga motor listrik bekas membuat sulit untuk memberikan perkiraan harga yang pasti. Namun, berdasarkan pengamatan pasar, motor listrik bekas dengan kondisi baterai yang baik dan komponen lain yang terawat dengan baik dapat memiliki harga sekitar 70-80% dari harga motor listrik baru dengan merek dan model yang sama.

Keuntungan dan Tantangan Jual Beli Motor Listrik Bekas

Keuntungan Jual Beli Motor Listrik Bekas

Jual beli motor listrik bekas memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Harga yang lebih terjangkau: Motor listrik bekas umumnya memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan motor listrik baru dengan merek dan model yang sama.
  • Dukungan lingkungan: Dengan membeli motor listrik bekas, kita dapat mendukung pengurangan emisi gas rumah kaca dan penggunaan energi bersih.
  • Potensi penghematan biaya operasional: Motor listrik umumnya memiliki biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan motor konvensional.

Itulah beberapa penjelasan terkait dengan baterai listrik yang menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan harga sebuah motor listrik bekas. Karena memang bagian termahal dari motor listrik mencapai 40% harga jual. Artinya pengguna harus merawat bagian baterai listrik secara maksimal jika tidak ingin harga jualnya jatuh.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…