Review Casing Corsair Carbide 275R

Reading time:
April 10, 2018

Beberapa waktu lalu, kami sempat menampilkan preview dari salah satu casing baru dari Corsair, yaitu Carbide 275R. Casing Carbide 275R sendiri hadir dengan side panel tempered glass dan ditujukan untuk siapa saja yang ingin membangun sebuah desktop dengan desain minimalis tetapi masih bisa memamerkan isi desktop tersebut. Kali ini, kami akan menghadirkan pembahasan lebih mendalam terkait casing tersebut dalam artikel review ini!

Corsair Carbide 275R 01

Spesifikasi Corsair Carbide 275R

Carbide 275R ini hadir sebagai casing yang mendukung hadirnya desktop dengan basis motherboard Mini-ITX, Micro-ATX, dan ATX. Casing ini memiliki dimensi 455 mm x 225 mm x 460 mm, yang merupakan kisaran dimensi yang umum untuk sebuah casing mid-tower. Side panel dengan bahan tempered glass menjadi unggulan utama dari casing yang satu ini, di samping dukungan untuk radiator watercooling hingga ukuran 360 mm. Berikut ini adalah spesifikasi dasar yang ditawarkan casing Corsair Carbide 275R ini berdasarkan informasi yang diberikan oleh Corsair:

Corsair Carbide 275R Spec

Bila Anda belum melihat preview dari casing baru Corsair ini, sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya dari artikel ini, kami menyarankan Anda untuk melihat video preview tersebut di bawah ini:

Testbed

Tentu saja, kami akan merakit sebuah sistem desktop lengkap ke dalam casing Corsair Carbide 275R ini. Berikut ini adalah komponen-komponen yang akan kami pasang ke dalam casing ini:

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K
  • Motherboard: ASUS TUF Z370-Pro Gaming
  • RAM: G.Skill Trident-Z 2x 8 GB DDR4-3600
  • Storage:
    • 2x WD Red 3 TB
    • 2x HGST 500 GB 2.5″
    • 1x Samsung SSD 850 Pro
    • 1x Samsung SSD 850 EVO
  • CPU Cooler:
    • Cooler Master Hyper 212 Turbo LED
    • Cooler Master MasterLiquid 240
  • PSU:
    • Corsair CX550M
    • Corsair AX1600
  • Graphics Card: NVIDIA GeForce GTX 1070 Ti Founders Edition

Kami menggunakan beberapa storage, 2x 3.5″ dan 4x 2.5″, karena casing ini memang menawarkan tempat pemasangan storage sesuai jumlah yang kami pilih tersebut. Sementara untuk CPU Cooler, kami memilih sebuah HSF dan sebuah watercooling kit untuk dipasang ke dalam casing ini untuk melihat kompatibilitas yang ditawarkan sesuai spesifikasi yang disebutkan Corsair. Terakhir, untuk PSU, kami menggunakan PSU yang cukup panjang untuk melihat kompatibilitas yang ditawarkan oleh casing ini.

[tabs class=”yourcustomclass”]
[tab title=”Carbide 275R” active=”active”]

Corsair Carbide 275R 01

[/tab]
[tab title=”Sisi Depan + Kanan”]

Corsair Carbide 275R 02

[/tab]

[tab title=”Sisi Belakang”]

Corsair Carbide 275R 03

[/tab]

[tab title=”Sisi Atas”]

Corsair Carbide 275R 05

[/tab]

[tab title=”Sisi Bawah”]

Corsair Carbide 275R 04

[/tab]

[tab title=”Front Panel”]

Corsair Carbide 275R 09

[/tab]
[/tabs]

Perlengkapan

Berbagai perlengkapan yang mendukung perakitan sistem ke dalam casing ini disediakan oleh Corsair di dalam paket penjualan Carbide 275R. Sebagian perlengkapan itu diletakkan di plastik yang terdapat di dalam boks dari casing ini. Sementara, sebagian perlengkapan lain dimasukkan ke dalam boks kecil yang diletakkan di tray HDD 3.5″.

Berikut ini perlengkapan yang disertakan untuk casing ini:

Corsair Carbide 275R 56
Kunci “L”
Corsair Carbide 275R 57
Manual Book/Installation Guide
Corsair Carbide 275R 17
Boks Perlengkapan
Corsair Carbide 275R 18
Isi dari Boks Perlengkapan
Corsair Carbide 275R 19
Berbagai jenis baut untuk perakitan sistem ke dalam casing, cable ties, dan spacer (dudukan) motherboard.

Perakitan Sistem

Sebelum mulai memasang komponen ke dalam casing ini, tentu saja kita harus terlebih dahulu melepas kedua side panel casing agar kita bisa mengakses tempat-tempat pemasangan komponen di dalamnya. Side panel kiri, dari bahan tempered glass, terpasang ke casing dengan empat buah baut di sisi samping, sementara side panel kanan terpasang dengan dua buah baut di sisi belakang. Untuk side panel kanan, desain baut yang digunakan memungkinkan kita melepasnya tanpa bantuan alat apapun dan baut pun akan tetap terpasang di side panel. Sedangkan empat baut yang ada di side panel kiri harus dibuka dengan kunci L yang tersedia di paket penjualan. Satu hal yang perlu diperhatikan, sangat disarankan untuk membuka side panel kiri ini dalam posisi casing ditidurkan dengan sisi kiri menghadap ke atas, karena begitu keempat baut dilepas, side panel akan lepas begitu saja, tidak ada mekanisme yang membantu menahannya. Bila side panel dibuka dalam posisi casing berdiri, dan kita kurang hati-hati menahannya saat melepasnya, bisa saja side panel akan terlepas dari posisinya dan rusak.

Corsair Carbide 275R 12
Baut untuk side panel Tempered Glass.
Corsair Carbide 275R 13
Carbide 275R saat side panel kiri telah dibuka..
Corsair Carbide 275R 14
.. dan sisi kanan terbuka.

Setelah membuka kedua side panel, pertama, kami akan memasang PSU ke dalam casing ini. Pemasangan PSU dilakukan dari sisi kanan, karena bila dilihat dari sisi kiri, area untuk pemasangan PSU ini seluruhnya tertutup dengan cover. Untuk PSU dengan panjang hingga 180 mm, kita bisa memasangnya langsung dengan mendorong PSU melalui celah yang ada, memposisikannya sehingga seluruh lubang baut sejajar dengan posisi pemasangan di sisi belakang casing, dan menguncinya dengan baut yang tersedia di paket penjuakan. Sementara, untuk PSU dengan panjang lebih dari 180 mm, kita harus melepas terlebih dahulu cage HDD 3.5″ yang ada.

Corsair Carbide 275R 25
Memasang PSU ke dalam casing ini dapat dilakukan dengan mendorong PSU melalui celah yang ada..
Corsair Carbide 275R 26
.. kemudian menguncinya dengan baut yang tersedia.

Terkait “keharusan” melepas cage HDD 3.5″ untuk memasang PSU dengan panjang lebih dari 180 mm, secara umum, jarak antara sisi belakang casing dengan cage HDD memang lebih dari 180 cm, bahkan bisa saja memuat PSU 230 mm, ukuran terpanjang yang didukung casing Carbide 275R ini. Namun, tidak ada ruang yang cukup untuk tempat kabel PSU bila cage HDD tidak dilepas. Cage HDD ini sendiri memang terlihat agak aneh, karena tidak diposisikan menempel ke sisi depan casing, tetapi masih memiliki jarak cukup jauh dari sisi depan. Bila cage ini diposisikan menempel ke sisi depan casing, kita seharusnya tidak perlu lagi melepas cage HDD karena posisinya tidak mengganggu kabel-kabel PSU. Hanya saja, Corsair memilih untuk tidak melakukan hal tersebut demi mengakomodasi penggunaan radiator 360 mm di sisi depan, yang membuatnya harus menyediakan jarak antara sisi depan dengan cage HDD.

Corsair Carbide 275R 22
Cage HDD ini akan menghalangi penggunaan PSU yang lebih panjang dari 180 mm.
Corsair Carbide 275R 23
Melepas cage HDD itu dapat dilakukan dengan membuka 4 baut di sisi bawah casing, dan 1 baut yang bisa diakses dari sisi kanan casing.
Corsair Carbide 275R 24
Cage HDD yang telah dilepas dari dalam Carbide 275R.
Corsair Carbide 275R 27
Tampak samping dari Carbide 275R saat PSU panjang terpasang.

Komponen berikutnya yang kami pasang ke casing adalah HDD 3.5″. Pemasangan HDD 3.5″ dapat dilakukan tanpa menggunakan tool apapun, karena Corsair menyediakan tray tool less untuk HDD 3.5″ di Carbide 275R ini. Kita hanya perlu menarik tray tersebut dari cage, kemudian memasang HDD 3.5″ ke dalamnya, dan mendorong lagi tray ke calam cage. Satu hal yang perlu diperhatikan, kita harus sedikit membengkokkan tray ini ketika memasang HDD 3.5″. Hal tersebut harus dilakukan dengan hati-hati, agar tidak merusak tray. Tray ini sendiri juga mendukung penggunaan storage 2.5″.

Corsair Carbide 275R 15
Tray storage di Carbide 275R
Corsair Carbide 275R 16
HDD 3.5″ saat terpasang ke tray.
Corsair Carbide 275R 29
Tray itu mendukung storage 3.5″ maupun 2.5″
Corsair Carbide 275R 31
HDD yang telah terpasang ke tray dapat dipasang ke casing hanya dengan mendorongnya ke dalam cage.

Berikutnya, beralih ke storage 2.5″, casing ini secara keseluruhan menawarkan enam posisi pemasangan HDD/SSD 2.5″, dua di tray untuk HDD 3.5″ bila kita tidak berencana menggunakan HDD 3.5″, dua lagi di sisi belakang tray motherboard, dengan menggunakan bracket khusus, dan dua lagi di belakang tray motherboard dekat dengan sisi depan casing. Untuk pemasangan di tray HDD 3.5″, setelah melepas tray, kita bisa langsung memasangnya dengan baut ke tray, dan memasang kembali tray ke cage. Demikian juga untuk pemasangan di bracket di belakang tray motherboard, setelah melepas bracket, kita bisa memasang storage dengan baut ke bracket, dan memasang kembali bracket ke posisinya. Sementara untuk pemasangan di dua posisi yang tersisa, ini mungkin akan sedikit merepotkan karena kita harus menahan storage di posisinya, kemudian memasang baut dari sisi sebaliknya.

Corsair Carbide 275R 20
Bracket storage 2.5″ di Carbide 275R
Corsair Carbide 275R 32
SSD 2.5″ terpasang ke bracket.
Corsair Carbide 275R 33
Bracket bisa dipasang ke casing dengan memposisikan dudukan ke tempatnya dan menguncinya dengan baut yang terpasang.
Corsair Carbide 275R 34
Untuk 2 posisi storage 2.5″ yang lain, kita harus memasangnya dengan baut, dengan posisi pemasangan yang sedikit merepotkan.
Corsair Carbide 275R 35
Carbide 275R dalam kondisi semua tempat storage terisi.

Berdasarkan apa yang kami rasakan saat memasang storage 2.5″ ke dalam casing ini, kami menyarakankan untuk terlebih dahulu memilih posisi di tray HDD 3.5″ bila tidak berencana menggunakan HDD 3.5″, lalu di bracket di belakang tray motherboard. Posisi di belakang tray motherboard dekat dengan sisi depan kami sarankan untuk digunakan bila memang diperlukan saja, misalnya ketika pengguna ingin memasang banyak storage 2.5″ ke dalam casing ini, karena proses pemasangan yang cukup “menantang”. Satu hal yang harus diperhatikan saat memasang storage 2.5″, untuk keempat posisi di belakang tray motherboard, kabel SATA yang digunakan harus yang memiliki kepala lurus, karena posisinya yang cukup rapat dengan tray, sehingga tidak memungkinkan penggunaan kabel dengan kepala “L”.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…