Sorcerer’s Apprentice: Dunia Membutuhkan Pewaris Merlin

Reading time:
July 21, 2010
sorcerers apprentice poster

From Goethe to Disney to Bruckheimer. Itulah riwayat perjalanan Sorcerer’s Apprentice sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 1797 melalui tangan seniman besar Jerman, Johann Wolfgang von Goethe. Sorcerer’s Apprentice (judul asli: Der Zauberlehrling) merupakan sebuah balada yang terdiri atas 14 stanza. Tahun 1940, syair ini diadaptasi oleh Disney, diubah menjadi sebuah cerita bergambar dan dimasukkan ke dalam salah satu adegan dalam feature-animated tanpa dialog, Fantasia.  Kepopuleran adegan tersebut membuat Disney akhirnya menyertakannya kembali ke dalam sekuel Fantasia 2000. Sebagian besar dari Anda seharusnya tidak lupa dengan film Disney yang satu ini. Di dalam film tersebut, terdapat adegan Mickey Mouse “bermain-main”dengan topi sihir dan menyihir seluruh sapu untuk mengangkut air ke dalam bak mandinya. Sialnya, sapu-sapu tersebut tidak hanya mengisi bak mandinya, namun mengisi semua ember yang ada sehingga menimbulkan kerusakan besar. Ia tidak berhasil menyihir sapu-sapu tersebut ke kondisi semula, sampai akhirnya the real sorcerer datang dan membereskan kepanikan tersebut. Nah, perjalanan panjang syair yang bermetamorfosis menjadi animasi musikal tersebut akhirnya bermuara ke tangan Bruckheimer menjadi sebuah all-new-life-adventure movie. Di review kali ini, saya tidak akan membahas mengenai potongan adegan tersebut, saya akan membahas mengenai keseluruhan film terbaru Bruckheimer, Sorcerer’s Apprentice.

SORCERERS APPRENTICE 8

Dalam Sorcerer’s Apprentice versi Bruckheimer, tentu saja tidak ada Mickey Mouse. Peran tersebut digantikan oleh Jay Baruchel yang berperan sebagai Dave Stutler, seorang mahasiswa nerd penggila fisika. Setelah mencari selama berabad-abad, Balthazar Blake (Nicolas Cage) akhirnya menemukan The Prime Merlinean, penerus Merlin, di diri Stutler. Hanya The Prime Merlinean-lah yang dapat menghancurkan penyihir jahat Morgana (Teresa Palmer) yang terkurung di dalam ‎grimhold. Misi Blake tidak hanya sampai di situ saja. Ia menghadapi tantangan besar ketika mengetahui bahwa mendidik Stutler bukanlah hal yang mudah. Ia sedang tidak berhadapan dengan seorang remaja berbakat yang dapat belajar sihir hanya dalam hitungan hari. Apalagi, ia juga harus menghadapi Maxim Horvath (Alfred Molina), pengikut setia Morgana yang berusaha merebut grimhold dari Blake untuk membebaskan Morgana agar dapat menguasai dunia. Hanya sang sorcerer’s apprentice-lah yang dapat menghentikan semua itu dan menyelamatkan dunia.

Bukan The Best of Bruckheimer

Apa yang dimiliki oleh film ini? Ada sang petualang Nicolas Cage, komedian pendatang baru Jay Baruchel, si seksi Monica Bellucci, sosok jenius Jerry Bruckheimer, dan deretan nama yang telah melanglang buana di dunia industri film Hollywood. Ini seharusnya menjadi salah satu film terbaik Bruckheimer. Namun, saya pribadi tidak melihat film ini sebagai salah satu film yang akan berhasil menyaingi Inception (atau bahkan Despicable Me dan Toy Story 3). Di samping plot yang amat-sangat mudah ditebak, penampilan Cage dan Baruchel dapat dikatakan mengecewakan. Cage seakan tidak menyatu dengan karakter yang diperankannya dan lebih mirip seperti “the next Renegade” (penampilannya dengan rambut sebahu-dengan-kesan-berantakan mengingatkan saya akan karakter bertubuh atletis tersebut. Untungnya, Cage tidak menggunakan rompi dan celana jeans). Mungkin Cage berhasil menjadi seorang kriptologis yang menemukan harta karun di bawah sebuah gereja atau seorang ilmuwan yang berhasil memecahkan kode yang merujuk kepada kehancuran dunia, tapi, dia bukanlah seorang penyihir yang andal. Sepertinya, keberhasilan Bruckheimer-Turteltaub-Cage di National Treasure (2004, 2007) tidak akan terulang di film ini.

SORCERERS APPRENTICE 30

Lalu, bagaimana dengan Baruchel, sang pengisi suara karakter Hiccup dalam How to Train Your Dragon? (2010)? Satu hal yang saya perhatikan, suara Baruchel yang terlalu over-nasal cukup mengganggu pendengaran saya selama menyaksikan film ini. Aktingnya pun tidak dapat dikatakan outstanding, walaupun peran yang dimainkannya tidak lebih sulit dari karakter Dave Lizewski/Kick Ass yang diperankan Aaron Johnson. Tapi, ini masih dapat dimaklumi mengingat jam terbang Baruchel yang masih sedikit dibandingkan lawan main lainnya di film ini.

Namun, saya sangat kagum dengan permainan efek di film ini. Tak salah jika Bruckheimer memboyong John Nelson (The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolution, Gladiator, Iron Man) dan John Frazier (Armageddon, Pearl Harbour, Spiderman I dan II, Transformers, dan Pirates of the Caribbean: at the World’s End) untuk membuat sebuah film yang tidak hanya penuh dengan imajinasi, namun juga penuh dengan kecanggihan teknologi. Ingatkah Anda dengan ciri khas Bruckheimer? Ya! Car chase! Adegan tersebut tidak lupa disertakan di film ini dan merupakan salah satu adegan terbaik selain adegan Sorcerer’s Apprentice karya Goethe yang diselipkan di film ini.

Film ini memang tidak seperti masterpiece Bruckheimer sebelumnya. Film ini juga bukan film yang akan Anda ingat selama beberapa tahun ke depan. Namun, film ini tetap memiliki entertainment value yang dapat menghibur Anda yang hobi menonton film imajinatif yang digarap dengan teknologi canggih.

Tanggal rilis: 16 Juli 2010 (USA)
Genre: action-comedy, adventure
Durasi: 140 menit
Sutradara: John Turteltaub
Produser: Jerry Bruckheimer
Pemain:
Nicolas Cage, Jay Baruchel, Alfred Molina, Teresa Palmer, Monica Bellucci, Toby Kebbell, Alice Maud Krige
Studio: Walt Disney Pictures

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…