in: Direct Release | October 1, 2010 | by: Jagat Review

[PR] Taiwan Mendatangkan Misi Perdagangan dan Investasi Terbesar ke Indonesia

Delegasi dari Taiwan ingin mempromosikan merk IT global asal Taiwan dan melihat peluang investasi bisnis

Jakarta, 30 September, 2010 – Sekumpulan delegasi perdagangan dari Taiwan akan datang ke Indonesia untuk mempromosikan merk IT Taiwan sekaligus mempelajari kemungkinan berinvestasi sehubungan dengan kondisi perekonomian dalam negeri yang semakin menguat dan sarat peluang. Kelompok besar delegasi ini terdiri dari pengusaha-pengusaha Taiwan terutama dari sektor IT yang akan memamerkan produk-produk andalannya dan juga dari berbagai macam industri lain yang sedang mencari kesempatan investasi di Indonesia. Kunjungan ini adalah bagian dari kampanye Taiwan Excellence yang dijalankan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA)  atas nama Kantor Perdagangan Luar Negeri di Kementrian Ekonomi Taiwan. Kampanye ini bertujuan untuk mempromosikan merk-merk IT asal Taiwan.

Para investor datang dari 39 perusahaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi peluang-peluang investasi pada sektor tekstil, komponen elektronik, komponen mobil, komponen motor, mesin dan lain-lain. Kelompok delegasi ini akan mengadakan kunjungan silaturahmi ke kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kawasan Berikat Nusantara, pabrik-pabrik ramah lingkungan, toko-toko perangkat keras dengan lisensi, Zona Industri Jababeka dan Zona Industri Tangerang.

Ada 68 perusahaan-perusahaan Taiwan dari berbagai macam industri seperti produk-produk ramah lingkungan, TI, perangkat mobil, bahan-bahan bangunan dan makanan sehat yang akan mengadakan temu dagang dan promosi sebagian dari produk-produk Taiwan yang berkualitas tinggi dengan harga murah. Dalam kampanye Taiwan Excellence yang sedang berlangsung sekarang ini TAITRA mempromosikan 19 merk produk-produk gaya hidup asal Taiwan yang sudah ternama termasuk diantaranya beberapa merk global seperti Acer, Asus, BenQ, Trend Micro, Transcend, D-Link dan MSI.

Industri TI Taiwan dikenal di berkualitas dan merek-merk teknologi Taiwan mendapatkan beberapa penghargaan internasional. Kalangan menengah Indonesia yang semakin tertarik pada produk-produk berkualitas dengan harga murah mendorong kampanye Taiwan Excellence untuk membawa merek-merek teknologi terbaik asal Taiwan untuk konsumen di Indonesia. Sejauh ini tidak banyak konsumen Indonesia yang tahu bahwa sebagian besar produk-produk yang mereka gunakan adalah buatan Taiwan.

Sebagai salah satu cara agar merk-merk IT Taiwan untuk bisa dikenal masyarakat Indonesia, diadakan ‘Taiwan International Brand Forum’ pada tanggal 30 September 2010 di Hotel Mulia Jakarta. Pimpinan dari Acer Indonesia dan Asus  berbagi pengalaman dalam mengembangkan produk asal Taiwan menjadi produk global. Menurut data terakhir dari Gartner dan IDC, saat ini Asus dan Acer ada dalam lima besar perusahaan PC di dunia.

Sebagai tambahan, akan diadakan ‘Taiwan Excellence Experiencing Zone’ yang merupakan bagian dari acara ‘Taiwan ICT Gaming Show’. Acara ini akan diadakan  pada tanggal 1-3 Oktober di Mall Kelapa Gading Jakarta agar konsumen di Indonesia bisa mencoba langsung produk-produk IT Taiwan yang “dapat diandalkan’, “inofatif’ dan berkualitas.

Taiwan adalah investor terbesar ke delapan di Indonesia di bidang transportasi dan manufaktur. Perusahaan-perusahaan Taiwan di Indonesia memproduksi macam-macam produk termasuk perangkat IT, mobil, sepatu dan tekstil. Terhitung hingga bulan Maret 2010, investasi Taiwan di Indonesia sudah mencapai U$13.95 miliar.

Bagi Taiwan, Indonesia adalah partner kerja terbesar ke sepuluh, khususnya sebagai pemasok minyak, gas alam dan batu bara. Menurut data statistic, perdagangan bilateral antara Indonesia dan Taiwan sejak Januari hingga Juli 2010 senilai US$5.8 miliar, yang berarti kenaikan sebesar 38.7% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Nilai eksport dari Indonesia ke Taiwan pada periode tersebut mencapai US$3.2 miliar sementara import dari Taiwan ke Indonesia mencapai US$2.6 miliar.

Informasi lebih lanjut mengenai kampanye Taiwan Excellence terdapat di www.taiwanexcellent.net

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES