10 Film dengan Pendapatan Terbesar Sepanjang 2010

Reading time:
December 24, 2010

Tahun ini dapat dikatakan tahun spesial karena banyak film bagus yang rilis sepanjang tahun. Para pecinta dan kritikus film dimanjakan dengan kembalinya Tony Stark dengan kekuatan baru, teknik insepsi Dominick Cobb, dan kesetiaan Woody dan kawan-kawan kepada Andy. Selain tiga film tersebut, masih banyak film lainnya yang membekas di hati penontonnya karena keorisinalitasan ceritanya atau kemegahan special effect-nya. Film-film tersebut tentunya meraup pendapatan yang tidak sedikit di seluruh dunia. Berikut adalah sepuluh film dengan pendapatan terbesar sepanjang 2010.

10. How to Train Your Dragon

HTTYD

Film yang berkisah mengenai pertemanan seorang anak laki-laki bernama Hiccup (Jay Baruchel) dengan naga legendaris Toothless ini mencuri perhatian penonton dunia. Hiccup, adalah remaja dari bangsa Viking yang diremehkan oleh sukunya karena tidak memiliki perawakan dan sifat layaknya Viking muda. Pertemuannya dengan Toothless mengubah hidupnya. Hiccup pun akhirnya berhasil membuktikan bahwa ia bisa menjadi anak yang dibanggakan ayah dan bangsanya.

Film berformat 3D yang memiliki kemiripan dengan Lilo and Stitch (2002) dan Chicken Little (2005) ini dibuat dengan budget sebesar US$165 juta dan berhasil meraih US$43,3 juta di pemutaran minggu pertama di Amerika Utara. Sepanjang tahun ini, HTTYD berhasil meraup pendapatan total US$493.206.739 (seluruh dunia), menjadikannya menempati urutan kesepuluh di daftar film dengan pendapatan terbesar tahun ini.

Studio: DreamWorks Animation

9. Clash of the Titans

clash of the titans poster3

Film yang merupakan remake dari film yang berjudul sama di tahun 1981 ini mengadaptasi legenda dari mitologi Yunani mengenai Perseus. Walau begitu, keorisinalan sejarah di film ini tidak akurat karena sang sutradara Louis Leterrier memutuskan untuk memodifikasi kisah Perseus dan menjadikannya kisah “Perseus versi Loius Leterrier”.

Film ini mendapatkan respon negatif dari beberapa kritikus film karena kualitas 3D-nya yang buruk dan pembiasan sejarah yang berlebihan. Namun, reaksi pasar berbicara lain dan menjadikan film  ini menduduki posisi ke-9 di daftar ini. Clash of the Titans menghabiskan dana sebesar US$125 juta dan berhasil mendapatkan pendapatan sebesar US$493.214.993.

Studio: Warner Bros Pictures

8. Despicable Me

Despicable Me

Konsep villain di film ini termasuk unik dan berbeda. Gru (Steve Carell), penjahat kelas kakap, berusaha membuktikan bahwa ia merupakan penjahat terburuk sepanjang masa. Ia pun merencanakan sebuah pencurian besar-besaran: mencuri bulan! Namun, pertemuannya dengan tiga anak yatim-piatu penjual kue membuat hidupnya tidak pernah sama lagi. Gru pun menyadari bahwa ia masih memiliki rasa cinta dan kasih dan memutuskan untuk merawat ketiga anak tersebut dan hidup bahagia bersama mereka.

Film ini merupakan salah satu film animasi yang membekas di hati penonton. Salah satunya adalah karena karakter Minion yang menjadi pembantu setia Gru. Polah dan kelakuan minion-minion tersebut membuat penonton terbahak, menjadikan minion karakter yang tak terlupakan. Film ini dibuat dengan budget yang tidak sebesar dua film di atas, hanya US$69 juta. Namun, pendapatan kotor film ini menembus angka US$538.822.315.

Studio: Universal Pictures

7. Iron Man 2

Iron Man 2 Black final poster thumb 550x815 36390

Tony Stark kembali beraksi! Setelah sukses dengan film pertamanya di tahun 2008, John Favreau kembali menggarap sekuel Iron Man. Kembalinya Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark seakan mengobati kerinduan para penggemar setia karakter kartun Marvel Comics ini. Namun, banyak yang menyayangkan sekuel ini karena ending-nya yang “begitu saja”.

Walau begitu, kesuksesan film pertama membuat sekuelnya pun laris manis bak kacang goreng. Di lima hari pemutaran pertamanya, film ini meraih US$100,2 juta di seluruh dunia. Untuk pendapatan di seluruh dunia sepanjang tahun ini, Iron Man 2 berhasil mengumpulkan US$621.751.988. Bagaimana dengan modal awalnya? Sekitar US$200 juta! WOW!

Studio: Paramount Pictures

6. The Twilight Saga: Eclipse

ECLIPSE poster

Novel The Twilight Saga karya Stephenie Meyer menjadi salah satu novel terlaris di dunia. Diterbitkan pertama kali tahun 2005, serial ini berhasil terjual sebanyak 100 juta kopi di tahun 2008. Di tahun yang sama dengan puncak kesuksesan bukunya, film pertama adaptasi novel tersebut pun rilis, menggandeng bintang muda Kristen Stewart dan Robert Pattinson. Film ini tidak perlu bersusah payah untuk mengumpulkan penonton. Di hari pertama pemutarannya, serial dari film ini selalu dipenuhi penonton. Puncaknya terjadi saat pemutaran film ketiga, The Twilight Saga: Eclipse yang berhasl mengumpulkan US$30 juta di lebih dari 4000 teater di seluruh dunia saat penayangan midnight perdana. Rekor ini mengalahkan juara sebelumnya yang dipegang Transfromers: Revenge of the Fallen. Dengan budget hanya sebesar US$68 juta, film ini pasti mendapatkan keuntungan cukup besar dengan jumlah pendapatan total US$693.480.124!

Studio: Summit Entertainment

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…