in: Gadget | December 4, 2010 | by: Sony Hanifudin

Review Sony Ericsson Aspen: Bernostalgia dengan WinMo 6.5

Dengan tema “Green Environment”, Sony Ericsson meluncurkan sebuah produk dengan nama Aspen.  Device ini  diklaim oleh Sony Ericsson sebagai device pertama yang mempergunakan Windows Mobile 6.5.3. Kelengkapan produk ini meliputi buku manual, charger, kabel data, dan earphone. Dengan desain QWERTY keyboard produk ini memiliki dimensi 117 x 60 x 12.5 mm dengan berat 130 g. Tombol fungsional yang tersedia terlalu banyak sehingga layar nampak terlalu kecil.

Device ini  diluncurkan pertama kali pada Februari 2010 ini, rasanya sedikit telat bila Sony Ericsson memasarkan Aspen di Indonesaia. Hal ini dikarenakan memang masa kejayaan Windows Mobile 6.5 saat ini bisa dibilang sudah berakhir. Banyak orang sudah mulai beralih ke sistem operasi baru, seperti Android, Blackberry, dan Windows Phone 7. Walaupun demikian, Sony Ericsson sendiri melihat pasar di Indonesia masih memungkinkan menjual device berbasis Windows Mobile 6.5.

Software

User Interface dari Windows Mobile 6.5 yang diusung oleh device ini sangat familiar dan finger friendly. Dengan tombol kontrol dan touchscreen display yang tersedia, Anda hampir tidak memerlukan stylus sebagai alat bantu input (walau stylus tetap tersedia pada pojok atas bagian belakang dari device ini). Sony Ericsson sendiri menanamkan preloaded software SPB Mobile Shell 3.0 sehingga interface dari Windows Mobile 6.5 ini tampak baru dan mudah untuk dipersonalisasikan sesuai dengan kehendak Anda. Dengan penggunaan Windows Mobile 6.5 secara otomatis tersedia pula Microsoft Market Place. Pencarian berbagai aplikasi yang dibutuhkan dapat langsung dibeli atau di-download dari device ini.

Selain kemudahan dari user interface pada Aspen, handphone ini menampilkan beberapa software yang telah terintegrasi. Untuk Anda yang gemar melakukan aktivitas social networking tersedia Skype, YouTube, Facebook, Twitter apps. Sementara itu, untuk kebutuhan bernavigasi, baik di dalam kota atau di luar kota, device ini menyediakan Google Maps Latitude, dan Bing Maps. Microsoft sendiri melengkapi Windows Mobile 6.5 dengan Pocket Office (Word, Excel, PowerPoint, OneNote, PDF viewer) untuk kemudahan editing dan viewing document bagi para pengguna OS-nya.

Feature dan Spesifikasi

Device ini dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm 7227 600 MHz processor dan memory internal sebesar 256MB RAM, 256MB ROM, 100MB. Untuk External memory tersedia microSD cardslot yang mendukung hingga 16GB, 4GB. Sarana konektivitas tersedia melalui data HSDPA, 7.2Mbps; HSUPA, 2Mbps, Wi-Fi 802.11b/g, dan Bluetooth v2.1 with A2DP. Untuk sinkronisasi antara device dan komputer tersedia microUSB v2.0.

Feature khusus dari device ini sebenarnya tidak ada yang terlalu menarik, device ini hanya menyediakan geotagging dan XPERIA Panels.Geotagging sendiri saat ini sudah hampir menjadi feature standar untuk handphone high end user.  Hampir seluruh feature yang tersedia pada device ini lebih mengarah untuk penggunaan bisnis daripada entertainment.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES