in: Input Devices | February 14, 2011 | by: Oik Yusuf Araya

Livescribe Echo Smartpen: Pulpen Pintar untuk Gaya Hidup Digital

Buku catatan tradisional masih tidak tergantikan di era serba digital seperti sekarang ini. Bagaimanapun canggihnya sebuah komputer notebook, kertas dan pena tetap lebih mudah digunakan karena dapat dengan bebas ditulisi tanpa harus menunggu proses booting selesai. Informasi penting pun lebih mudah diakses karena sebuah buku dapat dibaca kapanpun dan dimanapun, tidak terbatasi oleh ketersediaan listrik.

Di sisi lain, komputer menawarkan banyak kelebihan dari sisi fleksibilitas. Data digital lebih mudah disimpan karena tidak memakan tempat (kecuali space di hard disk ataupun media storage lain), lebih mudah diduplikasi, dan lain-lain. Lalu, apakah ada cara untuk menggabungkan fleksibilitas komputer dengan kepraktisan buku catatan? Tentu ada! Echo Smartpen dari Livescribe memungkinkan hal tersebut dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan, pena digital ini juga dapat merekam audio sementara tangan Anda sibuk menulis.

Kotak Kemasan Livescribe Echo Smartpen

Perlengkapan

Livescribe Echo Smartpen memiliki bentuk serupa pena biasa, lengkap dengan bagian ballpoint yang dapat digunakan untuk menulis di atas kertas

Sebagai sebuah pena, Livescribe Echo Smartpen tentu memiliki kemampuan untuk menulis. Ketika tutup di bagian ujung bawahnya dibuka, Anda dapat melihat ujung ballpoint untuk meneruskan tinta dari silinder penampung yang terletak di belakangnya. Bagian depan Echo Smartpen yang digenggam dengan tangan memiliki lapisan karet sehingga tidak licin dan nyaman dipakai. Lalu, apa yang membuat “pena pintar” ini berbeda dari pena biasa?

Saat diperhatikan lebih jauh, tampaklah bahwa Echo Smartpen dilengkapi dengan rangkaian sirkuit elektronik canggih yang memungkinkan pena pintar ini mengonversi coretan Anda di atas kertas ke dalam format digital dan merekam suara. Di bagian ujung ballpoint yang terlihat melebar, terdapat sensor infra merah yang menghadap ke arah kertas ketika Anda menggunakannya untuk menulis sementara di bagian tengah terdapat speaker dan mikrofon. Ada pula sebuah tombol power dan layar LCD kecil yang berfungsi untuk menunjukkan informasi singkat mengenai kegiatan yang sedang dilakukan, seperti saat sedang merekam suara, misalnya. Di bagian dalam, sebuah mikroprosesor berbasis ARM9 memproses informasi yang direkamnya. Jadi, di balik penampilannya yang mirip pena biasa, Echo Smartpen ini sebenarnya adalah sebuah produk canggih.

Di balik ujung ballpoint Echo Smartpen terdapat sebuah sensor inframerah yang mendeteksi dan merekam tulisan Anda
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES