in: News - Popular Science | April 15, 2011 | by: Ernest Dimitria

Kacamata Futuristik Bantu Polisi Mengidentifikasi Para Kriminal

Alat bantu pemberantasan kriminal hadir dalam konsep yang futuristik. Sebuah kacamata dilengkapi dengan sebuah kamera kecil yang dapat mengambil gambar wajah orang-orang sekitar dengan kecepatan 400 foto per detik. Foto-foto tersebut dikirimkan ke database komputer yang memuat data hingga 13 juta wajah. Komputer ini menggunakan sistem yang dapat membandingkan data biometrik antara foto yang dihasilkan kamera dengan foto di database melalui 46.000 titik di wajah. Jika ada kecocokan dengan database, sebuah sinyal merah muncul di layar kecil di dalam kacamata.

Kacamata yang dapat mengenali wajah-wajah kriminal ini akan digunakan oleh pihak kepolisian Brazil dalam menjaga keamanan Piala Dunia 2014 mendatang. Negara terbesar di Amerika Selatan tersebut memang sudah tidak asing lagi dengan kerusuhan antarsuporter klub dalam pertandingan sepak bola. Namun, menjadi tuan rumah turnamen sepak bola terbesar di dunia mendesak pihak kepolisian Brazil untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan, khususnya di kota Sao Paulo dan Rio de Janeiro. Pertandingan-pertandingan penting dalam Piala Dunia 2014 akan diadakan di kedua kota tersebut.

Mayor Leandro Pavani Agostini dari kepolisian Sao Paolo mengatakan bahwa dengan kacamata ini, menghindari terjadinya tindak kriminal menjadi semakin mudah. Teknologi di balik kacamata tersebut dapat mengidentifikasi semua pelanggar hukum dalam database kepolisian Brazil. Dengan kecepatan pengambilan foto 400 gambar per detik dan analisis data biometrik menggunakan 46.000 titik di wajah, keakuratan kacamata ini sulit dikalahkan.

Source: The Telegraph UK

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES