in: Graphics Card | April 25, 2011 | by: Ridwan Fariz

Review Digital Alliance HD 6790: Varian Baru VGA Mainstream AMD

AMD “Barts” merupakan code name graphics card  dari AMD HD 6000 series pertama yang diluncurkan AMD pertengahan tahun lalu. Seri ini diproyeksikan sebagai seri graphics card kelas mainstream yang memiliki efisiensi kinerja yang lebih baik, dan diposisikan untuk menggantikan generasi graphics card high end sebelumnya, yaitu HD 5800 series (5830/5850). Setelah seri ini keluar, barulah AMD merilis Cayman HD 6900 series sebagai pengisi kelas high end yang sebenarnya.

Masih pada kuartal pertama 2011, AMD mencoba untuk “meracik” kembali GPU Barts yang mereka miliki untuk mengukuhkan pasar graphics card mainstream. Beberapa hari yang lalu, segmen AMD ini mendapatkan “ancaman” baru dari kompetitor yaitu GTX 550 Ti dari NVIDIA dengan kisaran harga US$ 150. Untuk mengantisipasi tantangan dari kompetitor tersebut, AMD menghadirkan HD 6790 dengan code name Barts LE sebagai jawabannya.

AMD HD 6790

Spesifikasi

Digital Alliance HD 6790

Tidak selang beberapa lama setelah kami menguji produk HD 6790 pertama, kami kedatangan HD 6790 lainnya dari Digital Alliance. Mungkin beberapa dari Anda sudah mengetahui bahwa Digital Alliance merupakan brand lokal yang sudah dikenal di pasaran, terutama karena keunggulan harga kompetitif yang ditawarkan. Produk graphics card AMD  dari Digital Alliance ini memang menggunakan OEM dari TUL (Technology Unlimited) yang juga digunakan pada salah satu brand graphics card lain yang beredar di pasaran. Jadi, Anda tidak perlu heran apabila menemukan graphics card yang serupa tapi tidak sama (merk/brand) seperti dari Digital Alliance ini.

Sama dengan HD 6790 yang sebelumnya kami review, Digital Alliance HD 6790 ini hanya menggunakan satu buah 6-pin power konektor saja untuk dapat berjalan. Walaupun, pada dasarnya AMD mereferensikan produk HD 6790 dengan kebutuhan dua 6-pin power konektor pada graphics card. Tetapi di luar perbedaan tersebut, graphics card dari Digital Alliance ini masih memiliki core clock dan memory yang sama dengan produk HD 6790 reference tanpa ada pengurangan performa. Kecuali mungkin performa kemampuan overclocking yang sedikit berbeda.

Kemasan dan Paket Penjualan


Setelah cukup lama bertahan dengan kemasan lamanya lewat perpaduan kuning-orange yang menurut kami sedikit membosankan, Digital Alliance akhirnya melakukan refresh kemasan penjualan yang digunakan dengan tema warna hitam yang terlihat cukup elegan.

Paket penjualan yang disertakan bersama graphics card terdiri dari:

  • Quick Installation Guide
  • Driver Disc
  • DVI to D-Sub display converter
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags: