Serdadu Kumbang: Potret Pendidikan Indonesia

Reading time:
June 16, 2011

Bukan Alenia Pictures namanya jika tidak bisa memproduksi film keluarga berkualitas! Setelah sukses dengan Denias Senandung di Atas Awan (2006), Liburan Seru (2008), King (2009), dan Tanah Air Beta (2010), PH yang digawangi pasangan suami-istri Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen ini kembali membuat film sarat dengan nilai budaya dan pendidikan, Serdadu Kumbang.

POSTER A1 SERDADU KUMBANG1

Serdadu Kumbang berkisah mengenai kehidupan masyarakat Desa Mantar, Sumbawa Barat. Masyarakat Mantar hidup dalam kondisi yang sangat sederhana dengan fasilitas pendidikan yang minim. Itulah yang membuat beberapa muridnya gagal ujian nasional, termasuk Amek (Yudi Miftahudin). Amek dikenal sebagai anak yang energik, cerdas, penuh percaya diri, namun keras hati dan jahil. Itu alasan utama mengapa ia sering mendapat hukuman dari guru-gurunya di sekolah. Walaupun berbibir sumbing, ia selalu yakin dengan cita-citanya, menjadi pembaca berita terkenal seperti Najwa Shihab. Ia kerap berdiri di depan jendela, berpura-pura membacakan berita dengan suara lantang.

SON 8360

Amek tinggal di sebuah rumah sangat sederhana bersama ibunya, Siti (Titi Sjuman), dan kakak perempuannya, Minun (Monica Sayangbati), sedangkan ayahnya, Zakaria (Asrul Dahlan) bekerja sebagai TKI di Malaysia dan tidak pulang selama tiga tahun. Amek memiliki dua orang sahabat, Umbe (Aji Santosa) dan Acan (Fachri Azhari). Mereka sering bermain di Bukit Mantar dan menggantungkan botol plastik bekas berisi kertas yang ditulisi cita-cita mereka di sebuah pohon tua.

Perjuangan anak-anak Mantar untuk meraih cita-cita mereka jauh lebih berat ketimbang anak-anak di daerah lain. Itu karena kurangnya staf pengajar dan prasarana vital yang dibutuhkan sekolah untuk mengajarkan anak muridnya secara optimal. Kakak Amek, Minun (Monica Sayangbati), pun harus menelan pil pahit saat mengetahui bahwa ia pun tidak lulus ujian nasional. Padahal, Minun terkenal pintar dan sering memenangi lomba cerdas cermat. Apakah anak-anak tersebut akan berhasil meraih cita-cita mereka?

SON 5024

Kritisi Pendidikan Indonesia

Satu hal yang saya tangkap saat menyaksikan film ini adalah adanya upaya mengkritisi pelaksanaan pendidikan yang tidak merata di seluruh wilayah Indonesia. Mantar merupakan desa yang cukup terpencil. Masyarakatnya pun hidup sederhana di atas rumah panggung dengan sarana yang serbaterbatas. Apalagi untuk hal pendidikan. Reaksi pihak sekolah yang memberlakukan peraturan kedisiplinan baru untuk menekan jumlah murid yang tidak lulus justru menimbulkan konflik baru di kalangan pengajar. Lalu, sistem pendidikan seperti apa yang harus diberlakukan untuk memajukan kualitas anak bangsa? Itu masih menjadi PR besar pemerintah.

Serdadu Kumbang jelas bukan film yang menyajikan mimpi muluk. Justru, film ini membuka mata setiap penontonnya untuk menyadari realita yang ada di bagian lain Indonesia, yang seharusnya menjadi perhatian pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat untuk berusaha memperbaiki kondisi tersebut.

Selain itu, film ini memiliki keunikan tersendiri karena mengambil latar budaya Sumbawa Barat.  Amek, karakter yang diperankan Yudi Miftahudin, anak asal Balaraja, digambarkan pintar mengendarai kuda kesayangannya, Smodeng, dan seringkali mengikuti pacuan kuda yang sudah menjadi tradisi masyarakat Sumbawa. Alenia Pictures mengangkat tradisi Sumbawa ke layar lebar dengan sangat apik.

Film ini memang didukung banyak pemain terkenal, seperti Putu Wijaya (Papin), Lukman Sardi (Pak Guru Alim), Titi Sjuman (Siti), dan masih banyak lagi. Namun, sekali lagi, kekuatan film ini bukan berada di deretan pemainnya, tetapi di isi film itu sendiri. Jika Anda dan keluarga membutuhkan film dengan tema berbeda, film ini bisa menjadi referensi yang tepat. Selamat berlibur!

Tanggal rilis:
16 Juni 2011
Genre:
Drama keluarga
Durasi:
100 menit
Sutradara:
Ari Sihasale
Pemain:
Putu Wijaya, Ririn Ekawati, Lukman Sardi, Titi Sjuman, Surya Saputra, Asrul Dahlan, Monica Sayangbati, Yudi Miftahudin
Studio:
Alenia Pictures

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…