in: Graphics Card - Processors | August 9, 2011 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Kinerja GPU AMD A8-3850 (HD 6550D) & A6-3650 (HD 6530D)

Membangun sebuah sistem/komputer dengan solusi graphics card onboard/terintegrasi merupakan salah satu cara membangun sebuah sistem lengkap dengan harga terjangkau. Menghilangkan graphics card add-on dari daftar belanja hardware komputer memang membuat pengguna mampu menghemat dana hingga beberapa puluh dolar. Tentu saja sistem dengan graphics card onboard masih memiliki fungsi sebagaimana mestinya walaupun terbatas pada kondisi tertentu.

Jika kita melihat teknologi graphics card onboard beberapa tahun yang lalu, fungsi graphics card onboard terkadang tidak lebih dari menampilkan output display ke monitor sehingga pengguna dapat menggunakan sistem mereka. Namun jika Anda masih berpikir bahwa teknologi graphics card onboard masih sama seperti beberapa tahun yang lalu, segera hilangkan pemikiran seperti itu karena ternyata teknologi graphics card onboard semakin berkembang. Graphics card onboard kini memiliki fungsi dan kinerja yang tidak kalah jauh dibandingkan graphics card add-on.

Berbicara tentang graphics card onboard, tentu Anda mengenal Intel HD 2000 dan HD 3000 yang tertanam di prosesor Intel Sandy Bridge. Graphics card onboard, atau sebaiknya kita sekarang menyebutnya sebagai graphics card on-chip karena chip GPU kini menyatu dengan chip CPU, ini mampu menawarkan fungsi dan kinerja yang tidak kalah dibandingkan graphics card add-on kelas entry level saat ini. Kemampuan graphics card Intel ini bahkan membuat Anda berpikir ulang untuk membeli sebuah graphics card add-on untuk sistem Anda jika ternyata Anda bukan gamer kelas berat.

Tidak hanya Intel, belum lama ini AMD juga memperkenalkan graphics card on-chip terbarunya yang tertanam pada prosesor AMD Llano. Dibandingkan graphics card onboard AMD terdahulu, graphics card on-chip generasi terbaru ini mampu menawarkan kinerja dan feature yang lebih baik. Lalu feature terbaru apakah yang diusung graphics card on-chip ini dan bagaimakah kinerjanya?

AMD LLANO GPU

Untuk saat ini terdapat dua tipe prosesor AMD Llano yang dijual di pasaran, termasuk Indonesia, yaitu AMD A8-3850 dan A6-3650. Hal ini juga berarti baru terdapat dua tipe GPU AMD Llano yaitu AMD HD 6550D yang terdapat di prosesor AMD Llano seri A8 (termasuk A8-3850) dan HD 6530D yang terdapat di prosesor AMD Llano seri A6 (termasuk A6-3650). Untuk mengenal lebih jelas mengenai kedua graphics card on-chip ini, Anda dapat menyimaknya pada tabel di bawah ini.

Pembahasan lebih lengkap mengenai GPU AMD Llano dapat Anda temukan pada artikel kami sebelumnya yang berisi tentang penjelasan arsitektur AMD Llano.

AMD HD 6550D & HD 6530D Features

  • Microsoft DirectX 11
  • AMD HD3D
  • AMD Accelerated Parallel Processing (APP) Technology
  • AMD Dual Graphics Technology
  • AMD PowerPlay Technology
  • Morphological Anti-Aliasing (MLAA)
  • Bitstreaming Audio
  • Universal Video Decoder 3.0
  • Dual-Link DVI
  • HDMI 1.4a

Gallery

    AMD A8-3850 (AMD HD 6550D)

    AMD A6-3650 (AMD HD 6530D)

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES