Review Warhammer 40K Space Marine: Pertempuran Senjata Terkuat Umat Manusia

Author
David Novan
Reading time:
September 19, 2011
review warhammer 40k space marine 001
Tanpa basa-basi, Space Marine langsung perang!

Dunia Warhammer 40K memiliki sebuah cerita yang sangat panjang. Walaupun mulanya hanya berasal dari cerita dalam sebuah game, kisah pertempuran tanpa akhir di masa depan ini berhasil dikembangkan hingga sangat detail dan lengkap. Bahkan, beragam literatur seperti novel dan komik selalu muncul untuk memperluas dunia Warhammer 40K. Cerita yang berkisar mengenai sepak terjang pasukan Space Marine dalam mempertahankan kerajaan intergalactic manusia bernama “Imperium of Man” ini selalu menarik untuk diikuti. Space Marine adalah senjata terhebat umat manusia dalam membasmi berbagai ancaman yang datang dari luar, seperti makhluk asing (Xenos), dari dalam (pengkhianat), dan dari dunia lain (Demon/Chaos).

review warhammer 40k space marine 002
Kurangi jumlah musuh dari jauh dengan menggunakan persenjataan Anda.

Warhammer 40K Space Marine menceritakan mengenai pertempuran seorang kapten dari 2nd Company Ultramarine di sebuah Forge World bernama Graia yang diserang Xenos bernama Ork. Bila Anda tidak pernah memainkan game Warhammer 40K sebelumnya, seperti Warhammer 40K Dawn of War, pasti akan kebingungan setengah mati dengan cerita yang dibawakan di game ini. Bahkan harus diakui, beberapa bagian ceritanya juga tidak dapat dengan mudah dimengerti orang yang pernah memainkan game Warhammer 40K. Hanya gamer yang antusias mengikuti ceritanya dengan cara membaca novel dan beragam artikel Wikipedia mengenai Warhammer 40K saja yang dapat mengerti dengan sempurna.

review warhammer 40k space marine 003
Hanya melalui tempat ini Anda dapat menemukan senjata baru.

Space Marine adalah pasukan tempur manusia super yang didesain secara genetik oleh Emperor of Mankind (penguasa Imperium of Man) untuk menjadi senjata sempurna. Kemampuan mereka yang luar biasa tidak ada tandingannya bila dibandingkan ras lain, seperti memiliki dua jantung, tiga paru-paru, kekuatan untuk melawan 100 manusia, bisa menghirup udara beracun, dan kemampuan tempur yang mendekati sempurna. Belum lagi ditambah dengan peralatan tempur mereka yang luar biasa kuat. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok yang diberi nama Legion. Nah, Kapten Titus yang Anda mainkan dalam game ini berasal dari Ultramarine, Legion Space Marine terkuat dan terbanyak anggotanya di Imperium of Man.

review warhammer 40k space marine 004
Beberapa musuh memiliki pertahanan lebih kuat dan lebih sulit dibunuh.

Misi utama dalam game ini adalah mempertahankan sebuah dunia bernama Graia yang disebut Forge World. Mengapa Forge World begitu penting dalam Imperium of Man hingga harus dipertahankan hingga titik darah penghabisan? Planet tersebut merupakan salah satu pabrik milik Adeptus Mechanicus, sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas semua peralatan perang Imperium of Man. Selain itu, Graia merupakan tempat peristirahatan Machine-god Titan bernama Invictus, robot tempur berukuran raksasa yang berkekuatan sangat dahsyat. Bangsa Ork menyerang planet ini untuk dua tujuan: membunuh yang merupakan olahraga bagi mereka dan mengambil senjata dahsyat Invictus yang beristirahat di Graia. Satu-satunya yang menghalangi Ork dengan kekuatan sejuta pasukan untuk mendapatkan planet ini adalah kapten Titus, satu company Ultramarine berkekuatan 100 Space Marine dan beberapa ratus Imperial Guard (tentara lokal Graia). Dapatkah mereka menang? Tentu saja! Dengan bantuan Anda pastinya!

review warhammer 40k space marine 005
Serangan terakhir yang sadis hanya dapat dilancarkan setelah melumpuhkan musuh.

Courage and Honour!

Kapten Titus merupakan karakter utama yang akan Anda kendalikan di sepanjang permainan. Dengan berbekal persenjataan yang dianugerahkan kepadanya, Anda akan menerjang ribuan Ork di sepanjang permainan. Pengendalian permainan juga terbilang mudah. Anda menjalankan kapten Titus dengan menggunakan keyboard dan mouse layaknya game action lain dan kamera yang digunakan adalah third person. Jadi, Anda akan melihat semua aksi dari belakang kapten Titus. Seperti layaknya game lain dengan kamera third person, Anda juga akan menemukan beberapa tempat sempit yang membuat kamera men-zoom terlalu dekat dengan karakter. Untungnya, pertempuran dalam game ini biasanya terjadi di daerah yang luas.

review warhammer 40k space marine 006
Wajar saja Ork mati-matian menyerang bila untuk mendapatkan senjata super kuat seperti robot ini.

Gerakan tempur yang dapat Anda gunakan adalah serangan jarak dekat (melee) dan serangan jarak jauh dengan menggunakan senjata api. Mulanya, senjata yang Anda gunakan adalah pistol dan sebuah pisau. Tak lama setelah itu, senjata yang layak digunakan Space Marine pun mulai bermunculan, seperti Bolter (rifle khas Space Marine), Chainsword (pedang dengan gergaji di mata pisaunya), Lascannon (meriam laser yang dahsyat), dan Lightning Hammer (palu besar khusus kapten Space Marine yang mampu membunuh musuh dengan mudah). Semua senjata tersebut dapat Anda temukan di perjalanan dan hanya dapat dibawa hingga empat jenis saja. Jadi, Anda harus memilih senjata yang tepat untuk tantangan yang Anda temukan. Misalnya, untuk melawan musuh biasa Anda dapat menggunakan Bolter dan Heavy Bolter. Namun, untuk musuh dengan pertahanan lebih tinggi sebaiknya menggunakan senjata khusus, seperti Plasma Gun dan Lascannon.

review warhammer 40k space marine 007
Pesan tersembunyi akan memberikan sedikit kejelasan mengenai kejadian di Graia.

Setiap kali Anda berhasil mengalahkan musuh, sebuah indikator di bagian kiri bawah layar akan terisi. Bila indikator tersebut telah penuh, Anda dapat menggunakan serangan spesial yang membuat semua serangan biasa menjadi sangat kuat. Pada saat ini, indikator ketahanan tubuh juga akan meningkat dengan sendirinya. Selain itu, musuh dengan tingkat ketahanan tinggi juga dapat dikalahkan dengan mudah. Sayangnya, serangan spesial ini memiliki durasi waktu. Jadi, sebaiknya ia digunakan pada saat terdesak saja.

review warhammer 40k space marine 008
Pilihan senjata yang Anda bawa dapat menentukan kemenangan.

Serangan melee yang Anda lancarkan ke musuh terbagi menjadi dua jenis, yaitu serangan biasa dan serangan yang membuat musuh lumpuh. Bila Anda melancarkan serangan biasa secara berurutan, maka serangan tersebut akan menjadi kombinasi serangan yang dapat membuat musuh kewalahan. Bahkan, beberapa jenis musuh dapat menjadi lumpuh pada akhir serangan kombinasi tersebut. Jenis serangan kedua dapat langsung melumpuhkan musuh. Namun, tidak semua musuh dapat langsung terkena dampaknya, terutama musuh yang memiliki tingkat ketahanan tinggi. Musuh yang telah lumpuh dapat Anda berikan serangan membunuh dengan menekan tombol action (E). Musuh yang terkena serangan tersebut langsung mati dan energi Anda akan bertambah!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…