Review Rage: Dunia Pasca Kehancuran Terindah!

Author
David Novan
Reading time:
October 17, 2011
review rage jagatreview 001

Satu hal yang paling menonjol dari ras manusia di muka bumi adalah kemampuannya untuk bertahan hidup dan beradaptasi. Walaupun tertimpa bencana dan perang besar yang menghanguskan muka bumi sekalipun, manusia tetap akan bertahan. Begitu pula yang terjadi dalam Rage, game baru keluaran dua perusahaan legendaris, id Software dan Bethesda. Tahukah Anda id Software merupakan perusahaan yang bertanggung jawab atas munculnya game Doom yang sangat terkenal itu? Sedangkan Bethesda merupakan ahli dalam membuat dunia pasca kehancuran yang terlihat nyata, seperti yang telah dibuktikan dalam Fallout 3. Lalu, bagaimana hasil dari kerjasama keduanya dalam membuat game bertema dunia setelah kehancuran global?

review rage jagatreview 002

Dunia Setelah Kehancuran

Hasilnya tentu saja menakjubkan, setidaknya dalam kualitas tampilan dan serunya pertempuran. Dunia yang berusaha bangkit kembali setelah kehancuran dapat dibentuk dengan sempurna berkat pengalaman Bethesda. Sedangkan pertempuran seru ala Doom merupakan keahlian id Software. Ditambah dengan tampilan berkualitas tinggi, bisa dibilang Rage adalah game bertema pasca kehancuran paling indah yang ada sekarang! Namun, bagaimana dengan keseluruhan permainannya? Sebab, tampilan hanyalah kosmetik belaka. Anda tentunya ingin bermain, bukan hanya memandangi game ini sepanjang hari, bukan?

review rage jagatreview 003
Kendaraan adalah teman terbaik Anda setelah senjata di tangan

Rage merupakan game First Person Shooter dengan tambahan feature yang menarik. Anda akan bermain sebagaimana layaknya game shooter biasa, yaitu melawan musuh dalam real time, mencari peluru, dan berusaha tidak mati. Untuk membuat permainan menjadi lebih menarik, Rage juga menambahkan kendaraan, kemampuan untuk meng-upgrade senjata, membuat perlengkapan yang dapat digunakan dalam pertempuran, dan mengambil misi (quest).

review rage jagatreview 004
Musuh yang besar membutuhkan senjata yang besar

Walaupun terlihat sepintas seperti game pasca bencana lain, seperti Borderland dan Fallout 3, Rage tidak memberikan begitu banyak elemen role-playing pada permainannya. Anda tidak dapat naik level dan mengatur skill point untuk membuat karakter Anda lebih baik. Rage lebih mengutamakan permainan action menembak dengan dunia yang semi open sandbox. Artinya, dunia permainan yang dapat Anda jelajahi cukup luas dan terkesan bebas seperti GTA4 dan Fallout 3, tetapi tidak sebesar dan sebebas itu. Walaupun demikian, Anda dapat menemukan beberapa daerah tersembunyi dan quest tambahan bila merelakan waktu menjelajahinya.

review rage jagatreview 005
Lingkungan dapat digunakan untuk mengalahkan musuh Anda

Senjata Adalah Teman Terbaik Anda

Game shooter action tanpa senjata yang keren tentunya akan membuat permainan menjadi terasa getir. Oleh sebab itu, Rage memberikan pilihan senjata yang dahsyat. Pilihan senjata yang dapat Anda gunakan memang tidak banyak layaknya game shooter lain. Namun, efeknya terhadap musuh yang terkena tembakan Anda membuat game ini menyenangkan untuk dimainkan. Sebagai contoh, shotgun akan membuat musuh yang berani mendekati Anda terlempar karena kedahsyatannya. Begitu pula dengan sniper yang membuat musuh berharap dia tidak mengintip dari lubang persembunyiannya.

review rage jagatreview 006
Musuh dapat Anda serang diam-diam ketika mereka lengah

Bukan hanya efek senjata saja yang membuat game ini menarik. Anda juga dapat menemukan variasi peluru yang lebih kuat dan memiliki kegunaan yang beragam. Misalnya, Anda dapat menggunakan peluru Fatboy yang kekuatannya seperti peluru sniper pada pistol. Begitu juga dengan shotgun yang menembakkan peluru roket! Namun, bukan hanya kekuatan yang lebih besar saja yang dapat ditawarkannya. Anda juga dapat menggunakan peluru tertentu untuk memanipulasi lingkungan. Gunakan peluru panah listrik untuk menyetrum semua musuh yang sedang berada di air! Kemudian, Anda juga dapat mengendalikan musuh yang terkena panah Mind Control dan gunakan dia untuk menyerang musuh lain dari belakang!

review rage jagatreview 007
Authority merupakan musuh yang patut Anda waspadai

Upgrade senjata pada Rage dapat dilakukan dengan membeli part yang dibutuhkan di toko. Sayangnya, jumlah part yang dapat Anda gunakan untuk menjadikan senjata lebih baik tersebut tidak begitu banyak variasinya. Jadi, senjata baru dan jenis peluru yang lebih kuat adalah adalah satu-satunya harapan Anda untuk mengalahkan musuh dengan efisien. Bahkan, senjata yang seharusnya menjadi “One Hit Kill” bila terkena kepala, seperti Crossbow dan Sniper berubah menjadi “Two Hit Kill” setelah bertemu dengan musuh di setengah permainan. Membunuh musuh dengan cara diam-diam juga tidak begitu efisien. Sebab, musuh yang telah Anda habisi diam-diam akan dilihat musuh lain yang biasanya ada di dekatnya dan sebentar kemudian bala bantuan musuh akan menyerang Anda.

review rage jagatreview 008
Senjata ini adalah teman terbaik dari semua teman terbaik Anda
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…