[PR] Indocomtech 2011 Resmi Dibuka, Penetrasi Komputer di Indonesia Diharapkan Terus Meningkat

Reading time:
November 2, 2011
Indocomtech 2011

Jakarta, 2 November 2011 – Pameran teknologi informasi terbesar di tanah air, Indocomtech, hari ini secara resmi dibuka dengan menghadirkan lebih dari 250 perusahaan vendor industri TI dan aksesorisnya, beberapa operator telekomunikasi serta fotografi digital. Pameran yang berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 2-6 November 2011 ini menggunakan lahan seluas lebih kurang 17.000 m2, mencakup area Hall A, Hall B, Cendrawasih, Main Lobby dan Plenary Hall di Jakarta Convention Center. Indocomtech 2011 menargetkan pengunjung sebanyak 220.000 orang dengan nilai transaksi sebesar 625 miliar rupiah.

Basuki Yusuf Iskandar, Sekretaris Jenderal Departemen Komunikasi dan Informatika RI yang membuka Indocomtech mengatakan bahwa pemerintah memberikan apresiasi positif terhadap pameran TI terbesar di tanah air ini, karena menjadi wadah bagi pemerintah dan industri untuk memperkuat kerjasama meningkatkan industri TI di Indonesia. Langkah pertama yang yang perlu dipersiapkan adalah merencanakan roadmap ICT related industry, dimana ini akan menjadi panduan bagi pelaku industri tanah air dalam meningkatkan kehidupan manusia melalui TI. “Tingginya pasar di Indonesia diharapkan dapat menggerakkan industri TI di tanah air untuk terus bertumbuh, termasuk pemain lokal,” jelasnya.

Hidayat Tjokrodjojo, Ketua Umum Yayasan Apkomindo Indonesia menyatakan pameran ini bisa menjadi sarana untuk meningkatkan bisnis TI di Indonesia secara umum serta menarik minat masyarakat agar penggunaan TI di Indonesia lebih luas lagi. “Tidak hanya di kalangan praktisi TI saja, tetapi juga masyarakat awam dan bahkan industri lain seperti industri kreatif, jasa, ekonomi dan lain-lain,” ungkapnya.

Industri komputer sendiri, termasuk di Indonesia memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi. “Jika dilihat dari pertumbuhan komputer di Indonesia, penjualan desktop memang menurun, namun notebook terus meningkat bersaing dengan tab/pad. Total penjualan komputer di Indonesia tahun 2010 mencapai 2.971.018 unit. Apkomindo sendiri menargetkan tahun 2011 penjualan komputer bisa mencapai 3,2 juta unit,” tambah Hidayat.

Penetrasi komputer di Indonesia berjumlah 15 juta unit atau baru sekitar 5% dari total penduduk. Jumlah tersebut masih jauh dibandingkan negara tetangga lainnya seperti Singapura yang mencapai 90%, Malaysia 73%, Thailand 55%, dan Vietnam 12%.

Peran Indocomtech dalam Memasyarakatkan Perkembangan Teknologi Informasi

Dunia TI berikut segala aksesoris dan pendukungnya merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Hampir seluruh kehidupan manusia saat ini terpengaruh atau dipengaruhi oleh komputer dan TI. Manfaat TI bisa dirasakan di berbagai bidang seperti pendidikan, bisnis, perekonomian, komunikasi, hingga edutainment atau industri kreatif.

“Pameran TI seperti Indocomtech ini juga masih menjadi sarana promosi terbaik bagi perusahaan, seperti produsen komputer, vendor TI, industri pendukung dan perusahaan telekomunikasi. Di ajang ini perusahaan-perusahaan bisa saling bertemu untuk menjajaki kerjasama maupun untuk memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas,” tambah Hidayat. “Berbagai manfaat ini harus kita sampaikan kepada publik agar mereka lebih sadar dan dengan demikian memperluas penggunaan dan pemanfaatan komputer dan TI di segala aspek kehidupan mereka.” Hidayat mengatakan bahwa peningkatan penggunaan komputer dan TI diharapkan akan mampu membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dan secara tidak langsung menaikkan daya saing kita di dunia internasional.

Bambang Setiawan, General Manager Divisi IT Dyandra Promosindo selaku penyelenggara Indocomtech menjelaskan bahwa Indocomtech merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Apkomindo dan Dyandra sejak tahun 1992. Setiap tahunnya pameran ini menarik ratusan ribu pengunjung baik dari kalangan profesional maupun masyarakat umum. Tahun lalu pameran ini berhasil menarik pengunjung sebanyak 200.567 orang, naik 42% dibanding tahun sebelumnya dengan nilai transaksi lebih dari 600 miliar rupiah atau naik sebesar 71% dari total nilai transaksi tahun sebelumnya yang mencapai 350 miliar rupiah.

Berbagai program promo menarik disiapkan penyelenggara untuk menarik antusiasme masyarakat mengunjungi pameran ini. Para pengunjung juga berkesempatan mendapatkan doorprize yang disiapkan penyelenggara, berupa sepeda motor, Blackberry smartphone, Blackberry playbook, sepeda dan lain-lain dengan total nilai hadiah sebesar 100 juta rupiah. Setiap belanja 500 ribu rupiah maupun kelipatannya, pengunjung mendapatkan 1 voucher undian untuk berkesempatan mendapatkan hadian doorprize tersebut.

Penyelenggara juga bekerja sama dengan BCA dimana penggunaan transaksi dengan kartu kredit BCA akan mendapatkan promo bunga super ringan. Tiket masuk yang murah pun, yaitu sebesar 5 ribu rupiah (weekdays) dan 15 ribu (weekend) diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk menyaksikan pameran yang berdurasi 5 hari ini.

Fasilitas yang disediakan penyelenggara diharapkan juga bisa membuat pengunjung merasa lebih nyaman saat berada di pameran, mulai dari foodcourt area, ATM, official shuttle taxi Express, serta free wifi di seluruh hall JCC, dan yang terbaru adalah area khusus untuk parkir sepeda di depan main lobby.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…