in: Games | November 1, 2011 | by: David Novan

Review Forza Motorsport 4: Simulasi Balapan Terkeren di XBOX 360!

Menciptakan game simulasi balapan terbaik untuk XBOX 360 di tengah hiruk pikuk tren game action belakangan ini bukanlah hal yang mudah. Ditambah lagi dengan bayangan Gran Turismo 5 yang begitu sukses sebagai game simulasi balapan di PS3. Namun, Forza Motorsport 4 memiliki resep jitu sehingga ia bisa menjadi harapan baru untuk gamer XBOX 360 yang mendambakan jenis game ini. Beragam balapan seru, tingkat simulasi yang dapat diatur, kualitas tampilan grafis (luar biasa) indah, dan feature menarik serta unik menjadikan Forza 4 sebagai game yang tidak boleh dilewatkan.

Showcase Mobil Dalam Auto Vista

Game simulasi balapan tentu saja berputar di sekitar balapan dengan menggunakan mobil super keren dan cepat. Namun, apa yang membuat game ini unik dan lebih menarik bila dibandingkan dengan yang lain? Forza 4 memberikan sebuah feature yang bernama Auto Vista! Pertanyaan Anda berikutnya pasti: Apa itu Auto Vista? Feature ini pada dasarnya merupakan showcase dari beberapa mobil pilihan yang dapat dimainkan di dalam game. Akan tetapi, Auto Vista bukan sekedar showcase biasa. Sebab, Anda dapat berinteraksi dengan mobil tersebut!

Interaksi seperti apa yang dapat Anda lakukan dalam mode ini? Pertama, Anda dapat mengagumi keindahan mobil dan lekukannya yang cantik. Untuk mendukung kepuasan Anda, semua mobil yang ada dalam Auto Vista dibuat lebih detail dan memiliki kualitas tampilan yang luar biasa tinggi. Jadi, semua yang dapat Anda lihat di mode ini memang sama persis dengan mobil aslinya! Bahkan, Anda juga dapat menemukan bentuk interior dan mesin yang dibuat sama persis. Bila Anda merasa tidak dapat membeli mobil super keren tersebut, Auto Vista memberikan Anda kesempatan untuk masuk ke dalamnya dan menemukan sendiri alasan mobil tersebut dibanderol dengan harga yang super tinggi.

Detail dalam mode auto vista begitu tinggi dan indah

Kelebihan lain yang ditawarkan mode ini adalah komentar yang menjelaskan spesifikasi beberapa bagian mobil. Bila Anda adalah fans mobil berkecepatan tinggi, suara komentator pada bagian ini tentu tidak asing lagi di telinga Anda. Forza 4 ternyata menggunakan suara khas Jeremy Clarkson, pembawa acara dari Top Gear yang ditayangkan di stasiun televisi Inggris BBC. Penjelasannya yang begitu unik dan gamblang membuat Anda merasa menonton siaran Top Gear khusus untuk Forza 4. Tampilan grafik yang menjelaskan spesifikasi mobil juga begitu keren dan informatif.

Mobil yang dapat Anda lihat di Auto Vista mulanya hanya beberapa saja. Namun, Anda dapat membuka mobil baru dengan cara melakukan instalasi DVD kedua (ciri khas seri Forza adalah DVD kedua yang berisi mobil spesial) dan memenangkan tantangan yang diberikan mobil tersebut. Oh ya, satu lagi; Forza 4 mendukung penuh penggunaan Microsoft Kinect, perangkat kontrol dengan gerakan khusus XBOX 360. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan gerakan tangan dan tubuh untuk navigasi pada mode ini! Contohnya, gerakkan tangan Anda seakan membuka pintu mobil untuk melakukan hal yang sama di Auto Vista.

Let The Race Begin!

Feature Auto Vista memang begitu menarik dan unik. Namun, bagaimana dengan balapannya sendiri? Sebab, apa jadinya sebuah game race simulation tanpa balapan yang dapat membuat pemainnya terpaku selama berjam-jam di depan layar. Untuk elemen yang satu ini Anda tidak perlu khawatir sedikit pun. Seri game Forza terkenal dengan balapan simulasi yang begitu menarik dan musuh yang menantang kemampuan Anda. Pada Forza 4 hal ini tetap dipertahankan dengan baik.

Kokpit semua mobil dalam Forza 4 dibuat seperti aslinya

Balapan yang dapat Anda temukan dalam Forza 4 kebanyakan berada pada sirkuit terkenal dari seluruh belahan dunia. Anda masih dapat menemukan sirkuit kesayangan pada Forza sebelumnya, seperti Maple dan Laguna Seca. Game ini juga menambahkan beberapa ketegangan baru, seperti balapan duel satu lawan satu menuruni jalanan pegunungan sambil menghindari lalu lintas dan tantangan Top Gear yang meminta Anda untuk mengumpulkan poin dari menabrak pin bowling. Semua tantangan baru tersebut begitu menarik untuk diikuti sehingga Anda dapat lupa waktu!

Mobil yang tidak berada dalam auto vista tidak kalah tinggi kualitasnya
Beragam balapan dalam Anda temukan dalam Forza 4

Mode balapan yang dapat Anda ikuti terbagi menjadi beberapa bagian. Anda dapat mengikuti World Tour yang berisikan seri balapan yang telah diatur. Anda tinggal mengikutinya dan menyesuaikan kelas mobil Anda dengan persyaratan sirkuit. Bila Anda ingin balapan tanpa diatur atau mengumpulkan uang untuk membeli mobil baru (dan upgrade mobil yang Anda miliki), game ini juga menyediakan beragam balapan yang dapat Anda ikuti. Mode balapan lain yang cukup menarik adalah balapan dengan Rival. Untuk mengikutinya, Anda membutuhkan koneksi Internet (XBOX Live). Anda dapat menantang pemain lain yang ada di seluruh belahan dunia dan menunjukkan kemampuan yang telah Anda asah.

Selain balapan biasa, Anda dapat menemukan lintasan khusus seperti menabrak pin bowling

Tingkat kesulitan pada Forza 4 diatur melalui beberapa opsi. Bila Anda ingin balapan tanpa bantuan layaknya mobil asli, maka Anda tinggal mengaturnya pada menu Home atau sebelum balapan dimulai. Anda dapat mematikan beragam bantuan, seperti TCS (Traction Control System), ABS, tingkat kerusakan mobil, garis bantuan (Best Line), dan kepekaan setir. Namun, bila Anda ingin pengendalian yang lebih mudah, Anda dapat “menjinakkan” opsi tersebut. Pemain yang menggunakan tingkat kesulitan tinggi tentu saja mendapatkan keuntungan bila dibandingkan dengan yang lebih mudah. Tingkat pendapatan uang dari setiap balapan akan lebih tinggi dan Anda dapat lebih cepat membeli mobil keren yang Anda dambakan.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES