in: Networking | February 27, 2012 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review: Linksys X3000 – Wireless Router dan Modem ADSL dalam Satu Perangkat

Penggunaan

Tidak berbeda dengan pengujian perangkat jaringan lain yang sempat berkunjung ke kantor JagatReview, kami langsung mencoba membuka tool manajemen perangkat berbasis web yang ada di dalam X3000 untuk melihat fitur apa saja yang tersedia dalam perangkat tersebut.

Tampilan awal tool manajemen berbasis web untuk X3000. Desain dan warna yang diusungnya merupakan desain dan warna khas dari tool manajemen berbasis web produk-produk Linksys.

Berbagai opsi pengaturan dasar langsung terlihat di tampilan awal begitu tool manajemen berbasis web X3000 terbuka. Opsi-opsi yang tergabung dalam submenu “Basic Setup” di bawah menu “Setup” tersebut antara lain berguna untuk mengatur bahasa, koneksi Internet yang digunakan, LAN dan DHCP server, serta zona waktu.

Opsi-opsi pengaturan yang akan muncul di jendela terpisah saat opsi koneksi ADSL dipilih. Sayangnya, karena keterbatasan jenis koneksi yang ada di kantor, kami tidak sempat mencoba kemampuan X3000 untuk menjadi modem ADSL.

Beberapa submenu fitur lain yang ada di menu “Setup” adalah “DDNS”, “MAC Address Clone”, dan “Advanced Routing”. Fitur-fitur tersebut bisa dikatakan merupakan fitur yang umum dijumpai di wireless router masa kini.

Pengaturan untuk Dynamic DNS yang masih tergabung ke dalam menu yang sama dengan "Basic Setup". Linksys menyediakan pilihan untuk menggunakan beberapa penyedia layanan DDNS di X3000.

Beralih ke menu “Wireless” yang merupakan pusat kontrol jaringan nirkabel untuk X3000. Seperti kebanyakan router untuk kelas rumahan yang lain, X3000 juga menawarkan baik metode koneksi dengan menggunakan WiFi Protected Setup (WPS) maupun koneksi secara manual dengan bantuan wireless security.

Ketika mode diubah ke "Manual", tampil beberapa opsi pengaturan untuk jaringan wireless, seperti network mode dan SSID. Linksys hanya menyertakan beberapa opsi pengaturan standar untuk jaringan wireless X3000.
Tampilan dari menu "Basic Wireless Settings" dalam mode WPS.
Opsi pengaturan keamanan jaringan wireless yang ada juga cukup sederhana dan sesuai dengan standar yang banyak ditemui di router kelas rumahan saat ini.
Linksys menyediakan filtering untuk MAC Address. Pengguna bisa memilih untuk memblokir akses ke router dari MAC Address tertentu atau hanya mengijinkan MAC Address tertentu yang bisa mengakses router.
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES