10 Tips Sederhana untuk Tingkatkan Keamanan Mac Anda

Reading time:
April 24, 2012
mac pwned 231709132708 640x360

Saat ini, ada lebih dari 100 juta pengguna Mac OS X di seluruh dunia. Jumlah ini terus berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Dengan meningkatnya pengguna Apple Mac, malware Mac OS X pun juga terus bertambah—termasuk Trojan seperti Mac OS X version of DNSChanger—dan serangan terhadap Mac OS X meledak di tahun 2011.

Pada September 2011, versi pertama Mac OS X Trojan Flashback muncul dan meluas sampai Maret 2012. Menurut data yang dikumpulkan Kaspersky Lab, hampir 700 ribu pengguna terinfeksi sampai dengan awal April ini dan jumlah tersebut dapat terus meningkat. Meskipun Mac OS X merupakan sistem yang cukup aman, tetapi pengguna tetap perlu mengambil beberapa langkah untuk menghindari serangan itu.

Costin Raiu, Kaspersky Lab Expert memberikan rekomendasi 10 tips sederhana untuk meningkatkan keamanan Mac Anda.

1. Buatlah akun non-admin untuk kegiatan sehari-hari

Akun default di Mac OS X Anda adalah pengguna administrator dan penulis malware dapat mengambil keuntungan dari sana untuk menginfeksi komputer Anda.

image002

Untuk kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda membuat dan menggunakan akun non-admin. Akun administrator hanya digunakan jika ada keperluan saja. Untuk membuat akun tersebut, masuklah ke dalam pilihan “Accounts” di “Sistem Preference” kemudian buatlah akun non-administrator. Gunakan akun baru ini untuk kegiatan sehari-hari, seperti email dan browsing. Hal ini sangat membantu untuk membatasi kerusakan dari ancaman zero-day dan serangan malware drive-by.

Jika Anda sudah terlanjur menggunakan akun administrator untuk jangka panjang dan tidak ingin repot memindahkan data user, Anda dapat membuat sebuah akun administrator yang berbeda untuk kegiatan maintenance dan kemudian menurunkan status akun lama Anda ke “Standard”.

2. Gunakan browser dengan sandbox dan mempunyai solid track record dalam memperbaiki isu keamanan dalam prompt manner

image0031

Kaspersky merekomendasikan Google Chrome untuk beragam alasan. Salah satunya adalah karena Google Chrome lebih sering diperbarui dibandingkan browser Safari milik Apple. Sebagai tambahan untuk sandbox, Chrome dilengkapi dengan versi sandbox dari Flash Player yang memberikan penghalang yang signifikan untuk situs berbahaya. Google Chrome juga memiliki mekanisme pembaruan yang stabil yang menghilangkan pembatas dalam kerapuhan keamanan. Pastikan browser baru diatur sebagai browser utama.

3. Hapus Flash Player yang berdiri sendiri

image004

Sayangnya, Flash Player milik Adobe kerap kali menjadi target hacker dalam mengambil alih komputer Anda. Versi lama dari Flash Player sangat berisiko saat Anda melakukan browsing di Internet. Untuk menghapus Flash, Anda bisa menggunakan dua pilihan yang disediakan Adobe, untuk versi 10.4 – 10.5 dan 10.6 dan lainnya.

4. Perbaiki masalah di Java

Seperti halnya dengan Flash Player, Java juga merupakan target para hacker untuk menanamkan malware dalam perangkat Anda.

image005

Kaspersky merekomendasikan Anda untuk menghapusnya dari komputer Anda. Sayangnya, Apple tidak memperkenankan Oracle untuk memperbarui Java untuk Mac secara langsung. Mereka melakukannya sendiri biasanya beberapa bulan kemudian. Hal ini membuat Mac rentan terhadap serangan lebih lama daripada pengguna PC.

Pilihan Java Preferences terdapat di /Application/Utilities; jangan centang kotak di sebelah daftar versi di tab General.

Jika Anda membutuhkan Java untuk aplikasi spesifik, sangat penting untuk menonaktifkan Java di Safari dan browser lainnya. Untuk Safari, masuklah ke dalam Preference – Security – Web Content dan jangan centang “Enable Java”.

5. Jalankan “Software Update” dan tambahkan langsung di perangkat jika update sudah tersedia

Belakangan ini, banyak penyerang Mac OS X mengambil keuntungan dari software tua atau tidak terbarui. Biasanya Microsoft Office, Adobe Reader/Acrobat, dan Java Oracle. Namun, banyak aplikasi lainnya yang dapat disalahgunakan juga. Office untuk Mac 2011 lebih baik daripada keamanan Office untuk Mac 2008. Jika Anda masih menggunakan 2008, Kaspersky merekomendasikan Anda untuk memperbaruinya menjadi 2011. Kapan pun Anda melihat Apple “Software Update”, pastikan Anda melakukan perbaikan dan reboot perangkat jika diperlukan.

6. Gunakan pengelolaan kata sandi untuk mengatasi penyerangan phising

Kabar baik: tidak seperti Windows, Mac memiliki pengelolaan kata sandi yang sudah terpasang dalam sistem “Keychain.”

image006

Jika memungkinkan, coba untuk membuat frase unik dan kuat untuk sumber dan simpan mereka dalam keychain daripada harus mengingat kata sandi yang lebih mudah. Kapan pun pelaku kriminal dunia maya menyerang, mereka akan menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun Anda —Gmail, Facebook, eBay, PayPal, dan lainnya. Oleh karena itu, dengan memiliki kata sandi yang kuat dan unik di setiap sumber, Anda akan mendapatkan keamanan online yang lebih kuat.

Hal lain adalah ada banyak saran yang lebih rumit seperti memiliki keychain yang terpisah dengan 3—– 5 menit waktu untuk kata sandi yang penting. Kata sandi penting termasuk sumber-sumber yang dapat menciptakan kerugian financial, seperti eBay, PayPal, online banking, dan lain-lain. Jika terjadi, Anda tidak akan kehilangan seluruh kata sandi.

7. Jangan aktifkan IPv6, AirPort, dan bluetooth jika tidak dipergunakan

Matikan koneksi jika tidak digunakan. Hal ini untuk menjaga IPv6, AirPort, dan bluetooth yang menjadi celah bagi para hacker untuk menyerang. IPv6 merupakan protokol komunikasi terbaru yang dapat digunakan di Mac. Hal ini masih sangat jarang digunakan sepanjang perjalanan saya selama beberapa tahun. Kami pernah melihat salah satu hotel mampu mendukung layanan IPv6 yang secara paralel dapat terhubung dengan IPv4. Akan tetapi, mungkin akan lebih aman jika Anda mematikan IPv6 saat sedang tidak digunakan.

Untuk menonaktifkannya, Anda dapat memilih menu Apple > System Preference dan kemudian tekan Network. Jika Network Preference dikunci, klik di icon kunci dan masukkan kata sandi Admin untuk melakukan perubahan. Pilih network service yang Anda inginkan dengan IPv6, seperti Ethernet atau AirPort. Klik Advanced dan klik TCP/IP. Klik di Configure IPv6 menu yang muncul (biasanya diatur secara otomatis) dan pilih Off. Info lebih lanjut lihat http://support.apple.com/kb/HT4667.

8. Nyalakan full disk encryption (Mac OS X 10.7+) atau Firevault

Di Mac OS X Lion, Apple memperbarui solusi encryption (FileVault) dan menambahkan full disk encryption yang dikenal dengan sebutan “FileVault 2”. Hal ini memberi keuntungan bagi keamanan keseluruhan disk dibandingkan dengan home folder dan dapat menjadi sangat berguna jika laptop Anda dicuri.

Info lebih lanjut lihat http://support.apple.com/kb/HT4790.

9. Perbarui Adobe Reader menjadi versi 10 atau yang lebih baru

Adobe Reader telah menjadi target incaran pelaku kriminal dunia maya di platform Windows dan masih menjadi peringkat tertinggi di antara perangkat di seluruh dunia. Pastikan Anda mendapatkan versi terbarunya dengan cara mengunduh dari halaman Adobe.

10. Pasang solusi keamanan yang bagus

“Mac tidak terinfeksi virus” telah menjadi tema yang biasa kita dengar sejak iklan yang diluncurkan tahun 2006 dengan gambaran PC yang “sakit” dan Mac yang “sehat”. Enam tahun telah berlalu dan situasi telah berubah dramatis. Tahun 2011, pelaku kriminal dunia maya mulai menekan DNSChangers dan memalsukan anti-virus untuk para pengguna Mac dengan cara yang agresif. Trojan Flashback yang muncul September 2011 menyebabkan gebrakan besar pada Maret 2012. Terhitung setengah juta pengguna di seluruh dunia terinfeksi.

Saat ini, solusi keamanan sangat penting untuk pengguna Mac. Anda dapat mengunduh dan mencoba Kaspersky Anti-Virus for Mac. Untuk pengguna Mac OS X, pilihan seperti Little Snitch dapat digunakan untuk menentukan waktu program muncul untuk digunakan saat terkoneksi dengan Internet dan memberikan Anda pilihan untuk mengizinkan atau menolak koneksi tersebut.

Kesimpulan

Pada awal tahun 2012, Kaspersky memprediksi ada perkembangan jumlah penyerangan di Mac OS X yang mengambil keuntungan dari zero-day atau kerapuhan unpatched.

Hal ini merupakan pengembangan yang normal terjadi juga di platform lain dengan pangsa pasar yang besar, untuk melindungi diri dari para pencipta virus, termasuk para pencinta Mac OS X. Dalam beberapa bulan ke depan, kami melihat serangan macam ini memfokuskan diri ke dua hal utama: software tidak terperbarui dan pengguna yang kurang waspada. Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, memperbarui semua hal dan waspada terhadap serangan ini, kesempatan Anda untuk menjadi korban random akan menjadi berkurang.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…