in: Direct Release | June 28, 2012 | by: Dian Syarifuddin

[PR] Microsoft Indonesia Mengumumkan Ketersediaan Solusi Public Cloud Di Indonesia

Microsoft Office 365 dan Windows Azure, Solusi bagi Bisnis Segala Ukuran
www.microsoft.com/indonesia/bigcloudreveal

Jakarta, 28 Juni 2012 – Microsoft Indonesia hari ini mengumumkan tersedianya dua solusi public cloud Microsoft bagi dunia usaha di Indonesia, Microsoft OfficeTM 365 dan Microsoft WindowsTM AzureTM. Dengan pengumuman ini, Office 365 sekarang sudah tersedia di 97 negara, dan menggabungkan Microsoft OfficeTM, Microsoft SharePointTM Online, Microsoft ExchangeTM Online dan Microsoft LyncTM Online dalam sebuah layanan cloud yang selalu-terbaru, dengan sebuah langganan bulanan. Sementara Windows Azure, yang sudah tersedia sejak 7 Juni 2012, sebuah platform cloud yang terbuka dan fleksibel, memungkinkan organisasi untuk dengan cepat membuat, mengembangkan dan mengelola aplikasi di jaringan global datacenter yang dikelola Microsoft. Kedua solusi ini menawarkan service-level agreement bulanan sebesar 99.95%.

“Berbekal pengalaman, dan keahlian yang kami miliki di cloud, Microsoft menjadi mitra yang tepat dalam membantu setiap usaha untuk melakukan Tranformasi Teknologi Informasi menuju cloud. Microsoft telah memiliki platform terdepan sekaligus mudah penggunaannya sehingga memungkinkan para pelanggan untuk terhubung ke cloud sesuai dengan limit kemampuan masing masing. Kami percaya solusi public cloud kami, yaitu Office 365 dan Windows Azure, bisa memberikan nilai tambah yang dibutuhkan para pelanggan kami untuk meningkatkan daya saing mereka,” kata Andreas Diantoro, President Director, Microsoft Indonesia.

Office 365: Pengubah Tren bagi Bisnis Dalam Segala Ukuran
Microsoft Office 365 diperkenalkan versi betanya tahun lalu dan mendapatkan respon yang luar biasa. Hanya dalam waktu beberapa bulan, lebih dari 200.000 organisasi mendaftar uji coba. Bisnis yang menggunakan Office 365 melaporkan hasil yang luar biasa dan menyatakan adanya pengurangan biaya TI hingga sekitar 50 persen, dan peningkatan produktivitas.

Office 365 tersedia dalam berbagai rencana layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dari bisnis dalam segala ukuran, baik kecil maupun besar.

Dengan Office 365, pengguna dapat saling terhubung melalui pesan instan dan online meeting dengan pengguna lainnya dimana saja, kapan saja. Mereka dapat berkolaborasi dalam meng-edit dokumen dalam waktu yang bersamaan dan membahas ide semudah berbagi (sharing) kalender. Office 365 memberikan cara yang baru untuk bekerja sama, melalui perangkat apapun.

Aplikasi-aplikasi Microsoft Office menjadi inti dari Office 365. Microsoft Word, PowerPoint, Excel, OneNote, Outlook dan aplikasi Office lainnya terhubung ke Microsoft Exchange, SharePoint dan Lync untuk menawarkan solusi kelas-dunia dalam komunikasi dan kolaborasi.

Dalam membangun ekosistem mitra yang sangat besar untuk Office 365, Microsoft bekerja sama dengan integrator sistem, penjual software, reseller, dan mitra-mitra lainnya. Sekarang, ekosistem tersebut berkembang semakin besar dengan adanya kerja sama antara Microsoft dan para penyedia layanan yang terkemuka. Perusahaan-perusahaan ini akan menawarkan Office 365 dengan layanan-layanan mereka – dari penyediaan hosting Web dan broadband hingga solusi keuangan dan layanan mobile – dan menawarkannya ke jutaan bisnis dalam berbagai ukuran. Di Indonesia, Microsoft berkolaborasi dengan para mitra seperti PT Data Proteksindo dan PT Bhinneka Mentari Dimensi, untuk menawarkan layanannya ke pelanggan, termasuk PT Coca-Cola Amatil Indonesia dan Geo Energy Group.

“Strategi TI kami adalah untuk mendukung pencapaian target pertumbuhan dan tujuan layanan perusahaan kami lewat ketersediaan platform TI yang menawarkan kinerja, kehandalan, kemudahan, dan integrasi. Kami memiliki sebuah rencana investasi yang signifikan di Indonesia dalam tiga hingga empat tahun mendatang, dan ini artinya kami harus mendukung program peningkatan proses bisnis dan terus memperbarui teknologi kami di Indonesia,” kata Deborah Intan Nova selaku IT Director PT Coca-Cola Amatil Indonesia. “Dalam mendukung obyektif investasi dan pertumbuhan ini, kami telah dan sedang melakukan program transformasi TI, termasuk aplikasi, infrastruktur, dan kolaborasi. Untuk kolaborasi, obyektif kami adalah meningkatkan kemudahan, mencari cara yang lebih efektif dan efisien dalam menjalankan bisnis dengan para pelanggan, mitra dan bisnis. Salah satu langkah pertamanya adalah melakukan review implementasi cloud, lewat uji coba Lync Online, sebagai bagian dari solusi Office 365, untuk meningkatkan komunikasi tidak hanya di antara para karyawan kami di delapan pabrik di Indonesia, tapi juga dengan Coca-Cola Amatil Group di Indonesia-Australia-Selandia Baru. Sebuah solusi seperti Lync Online bisa membantu fasilitasi komunikasi dan berbagi-pengetahuan. Sebuah solusi produktivitas seperti Office 365 menjadi solusi sejati bagi CCAI karena pengelolaan aplikasi seperti email dan komunikasi ditangani oleh Microsoft dan memungkinkan CCAI untuk memusatkan sumber daya kami di kekuatan-kekuatan bisnis inti kami.”

Windows Azure: Fleksibel, Terbuka, Kokoh
Windows Azure menawarkan kemampuan infrastructure-as-a-service and platform-as-a-service. Dibangun untuk melengkapi satu dengan yang lainnya dengan pengembangan, pengelolaan dan identitas yang konsisten, Windows Azure memudahkan pembuatan, migrasi, penggunaan dan pengelolaan aplikasi di cloud public, private, dan hybrid. Aplikasi bisa dikembangkan dengan bahasa, alat atau kerangka kerja manapun, dan bisa diintegrasikan dengan lingkungan TI yang sudah ada.

Dengan SLA bulanan 99.95%, pelanggan bisa membuat dan menjalankan aplikasi kritis tanpa harus memikirkan infrastruktur. Windows Azure menyediakan pembaruan sistem operasi dan layanan secara otomatis, penyeimbangan beban jaringan, dan ketahanan terhadap kegagalan hardware. Solusi ini mendukung sebuah model penggunaan yang memungkinkan organisasi untuk melakukan pembaruan aplikasi tanpa downtime.

Fitur dan layanan diberikan lewat protocol REST terbuka. Library klien Windows Azure tersedia bagi berbagai bahasa pemrograman, dan disediakan di bawah lisensi open source, dan dijalankan di atas GitHub.

Windows Azure memungkinkan organisasi untuk dengan mudah mengembangkan aplikasi ke skala yang lebih besar. Solusi ini merupakan sebuah platform mandiri yang sangat otomatis, memungkinkan organisasi untuk melakukan penyediaan sumber daya dalam hitungan menit, memperbesar atau memperkecilnya berdasarkan kebutuhan. Organisasi hanya membayar untuk sumber daya yang digunakan aplikasi mereka. Windows Azure tersedia lewat berbagai datacenter di seluruh dunia, memungkinkan organisasi untuk mendekatkan aplikasi ke para pelanggan mereka.

Untuk menyediakan pengalaman terbaik bagi pelanggan-pelanggan di Indonesia, Microsoft bekerja erat dengan para mitra, seperti PT Navcore Nextology selaku sistem integrasi dan juga customer Azure. Selain itu, Windows Azure pun telah digunakan oleh berbagai organisasi, termasuk Agate Studio (www.gejegames.com) , PT Karya Harmoni (www.GoIndonesia.com) dan PT Konsep Dot Net (www.konsep.net).

“Sebelum kami menggunakan infrastruktur kami, kami harus melakukan set up dan konfigurasi pada server, instalasi pada engine game dan melakukan tuning pada seluruh infrastruktur. Dengan menggunakan Windows Azure, kami dengan mudah hanya perlu melakukan perubahan pada file dan selanjutnya infrastruktur tersebut menjadi siap pakai,” kata Arief Widhiyasa, CEO, Agate Studio. “Kami bisa mendedikasikan waktu untuk fokus pada kepentingan pelanggan – membuat games-games dan fitur-fitur baru – sebelumnya waktu tersebut kami gunakan untuk mengatur infrastruktur kami. Dengan menggunakan platform Windows Azure, kami tidak perlu merekrut karyawan tambahan untuk mengatur infrastruktur, walaupun infrastruktur kami nantinya akan terus berkembang. Staf IT kami saat ini dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan siklus pengembangan bisnis kami.”

Ketersediaan
Office 365 dan Windows Azure sudah tersedia. Office 365 bisa diuji coba gratis selama 30 hari dengan mendaftar di http://www.office365.co.id atau lewat mitra-mitra Microsoft. Untuk mencoba platform Windows Azure terbaik, silakan mendaftar di http://www.windowsazure.com dan dapatkan 90 hari uji coba gratis. Informasi lebih lanjut mengenai penawaran Windows Azure, silahkan kunjungi Pricing Calculator di http://www.windowsazure.com/en-us/pricing/calculator/.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES