in: Popular Science | May 6, 2013 | by: Friska Suryawinata

Inilah Foto Bumi yang Diambil dari Luar Angkasa Menggunakan Smartphone

Nasa berhasil membuktikan bahwa smartphone yang beredar di masyarakat umum saat ini dapat digunakan sebagai perangkat elektronik avionik untuk sebuah satelit di luar angkasa.

Pembuktian tersebut dilakukan pada 21 April 2013 kemarin, di mana Nasa meluncurkan tiga buah smartphone yang disebut sebagai PhoneSat menuju luar angkasa dengan menggunakan roket Antares. Ketika berada di orbit selama 72 jam, PhoneSat menggunakan kamera mereka untuk mengambil gambar planet Bumi. Data foto tersebut yang disebut “image-data packet” ditransmisikan menuju beberapa pangkalan di Bumi. Setiap data packet yang dikirimkan oleh smartphone ini memiliki sebuah bagian kecil dari gambar aslinya, di mana tim PhoneSat dan beberapa operator radio amatir di seluruh dunia bekerja sama untuk menggabungkan bagian-bagian kecil yang berjumlah lebih dari 300 buah tersebut menjadi satu buah gambar besar.

Hasil foto dari tiga smartphone ini bisa Anda lihat sendiri pada gambar di atas. Berdasarkan hasil foto tersebut, misi ini dinyatakan sukses pada 27 April 2013 dengan pengiriman kembali tiga buah smartphone tersebut kembali ke Bumi. Bruce Yost, sang program manager untuk NASA’s Small Satellite Technology Program, mengatakan bahwa misi ini selain dapat mendemonstrasikan bahwa smartphone masa kini dapat digunakan untuk mengambil foto di luar angkasa, sekaligus menjadi kesempatan untuk membangun kerja sama antara PhoneSat dengan Nasa.

(via Daily Mail)

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES