in: Movies - News | September 9, 2013 | by: Ozal

Pendapatan Film Hollywood Cetak Rekor Baru

film

Pendapatan film-film laris Hollywood sepanjang musim panas tahun ini mencetak rekor baru. Selama periode itu, Box Office AS mencatatkan pemasukan mencapai US$ 4,7 miliar atau meningkat 10,3 persen dibanding pendapatan tahun lalu pada periode yang sama.

Film seperti Iron Man 3, Man of Steel, dan Despicable Me 2 berhasil menyokong pendapatan tersebut. Sayangnya, di tengah kesuksesan dari ketiganya itu, beberapa film seperti The Lone Ranger, After Earth, dan The Wolverine malah menunjukan kelesuan penjualan.

Selain itu, dilansir BBC, banyaknya jumlah film yang dirilis pada musim panas ini juga turut meningkatkan jumlah penonton bioskop hingga sekitar 537 juta orang. Padahal, harga tiket di tiap di bioskop mengalami kenaikan rata-rata mencapai US$ 27 sen. Kendati demikian, itu tidak mengurangi animo masyarakat dalam menikmati film yang telah lama mereka tunggu-tunggu.

Iron Man 3 yang dibintangi Robert Downey Jr. ini menjadi film Holywood tersukses di AS dengan pemasukan selama periode ini mencapai US$ 408,6 juta. Sementara itu, menurut berbagai sumber lain, film sekuel lainnya Fast & Furious 6 dan Despicable Me 2 mmasing-masing memperoleh pendapatan hingga US$ 238,6 juta dan US$ 354,6 juta di bioskop domestik, serta Man of Steel sebesar US$ 200 juta. Yang cukup disayangkan, film The Lone Ranger yang dibintangi aktor kawakan Johny Depp dan berbujet lebih dari US$ 215 juta, hanya meraih pendapatan di AS sekitar US$ 88,4 juta saja.

film 2

John Fithian, Presiden Asosiasi Nasional Pemilik Bioskop di AS mengatakan, angka statistik musim panas 2013 memperlihatkan, bagaimana kekuatan industri perfilman Hollywood saat ini. Beberapa film tersebut, menurutnya, ketika awal-awal dirilis sudah membuat antrean yang cukup panjang di bioskop.

“Bulan Januari dan Februari, Kami menghadapi produk film yang sedikit dan sejumlah film berbiaya sedikit. Mungkin salah satu penyokong pada musim panas ini ialah kita memiliki setumpuk besar film dan mari kita lepas sebagian dari mereka (film) dan mengambil keuntungan sepanjang kalender tahun ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Paul Derharabedian analis di Hollywood.com mengatakan, situasi ini umumnya tidak akan berubah. Sebab, lanjut Paul, biasanya studio-studio di Hollywod memang menfaatkan liburan musim panas guna meraih penonton sebanyak mungkin.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES