in: Overclocking - Processors | August 30, 2014 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Hands-on Review & Overclocking Intel Core i7-5960X ‘Haswell-E’: 8-Core Monster

Kesimpulan Sementara

DSC09850s

Performa multi-threading yang ditunjukkan oleh prosesor Core i7-5960X ‘Haswell-E’ cukup jauh melebihi prosesor-prosesor generasi pendahulunya. Berbekal 8(delapan) Core dan 16 thread, prosesor Intel Core i7-5960X dapat disebut sebagai prosesor tercepat untuk menangani aplikasi content creation saat ini, selama aplikasi tersebut memanfaatkan semua core dan thread yang dimiliki.

Yang lebih mengejutkan disini adalah konsumsi dayanya saat idle. Memang, kami tidak menggunakan GPU high-end,  kami benar-benar tidak menyangka bahwa prosesor dengan 8-core ini bisa mengkonsumsi daya yang begitu rendah saat idle. Daya yang dikonsumsi saat load pun cenderung rendah untuk sebuah prosesor yang bisa menghasilkan performa tinggi. Kemungkinan besar ini bisa dimungkinkan berkat penggunaan integrated voltage regulator(iVR) pada Haswell-E, yang bisa memberikan konsumsi daya lebih efisien.

Dari segi platform, Prosesor Core i7-5960X dan Chipset X99 nampaknya memang bisa jadi pilihan bagi power-user yang membutuhkan processing power besar. Peningkatan performa yang terjadi cukup terasa jika dibandingkan prosesor generasi sebelumnya(Core i7-4960X ‘Ivy Bridge-E’). Sayangnya untuk menikmati performa ini, anda nampaknya harus merogoh kocek yang cukup dalam. Kami belum menerima harga resmi untuk Core i7-5960X, namun jangan kaget kalau nanti harganya dapat menembus 1000 USD++ per prosesor seperti yang biasanya terjadi pada prosesor kelas ‘Extreme Edition’. Belum lagi anda harus menebus DDR4 yang harganya juga tidak murah. Tapi itulah harga yang harus dibayar untuk memiliki sistem 8-core ‘monster’ seperti Haswell-E.

Kencang di default, Ganas ketika di-Overclock

Sebagai prosesor yang menyandang 8-Core dan 16 Thread, kami tidak menyangka bahwa prosesor ini akan semakin ‘mengerikan’ lagi performanya setelah di-overclock. Hebatnya lagi, Overclock ke tingkat 4.5Ghz-an untuk berjalan harian bukanlah suatu hal yang mustahil jika anda memiliki solusi cooling yang memadai. Kami tidak heran jika dalam beberapa hari kedepan, prosesor ini akan menulis ulang sebagian besar World Record di berbagai benchmark!

Tidak percaya? Ini hasil ‘iseng’ dari salah satu anggota JagatReview OC Team ketika mencoba memaksa Core i7-5960X ke 5 Ghz dengan pendingin ekstrim, dan menjalankan benchmark Cinebench R15:

5GhzCBR15s

Menurut kabar yang beredar, banyak percobaan overclocking ekstrim dari i7-5960X membuahkan hasil 5.5Ghz bahkan lebih. Tentu saja, kami dari JagatReview OC Team akan mencoba ‘memaksa’ prosesor i7-5960X yang ada di tangan kami untuk melihat seberapa jauh kemampuan overclocking yang sebenarnya dari CPU teranyar tersebut. (Em, setelah selesai review lengkapnya tentunya, kami tidak ingin ‘membunuh’ CPU berharga mahal ini sebelum semua testing lainnya selesai :p)

 

Masih Belum Selesai!

Akhir kata, masih banyak yang perlu diuji dari prosesor ini, mulai dari performanya pada aplikasi real-life hingga performa DDR4-nya pada berbagai konfigurasi. Simak terus update pengujian kami seputar platform X99, hanya di JagatReview!

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES