in: HSF - Cooling Devices | May 28, 2015 | by: Hendra Wijaya

Review Raijintek Triton: Watercooling AIO dengan Rasa Watercooling Custom

Mendengar nama Raijintek, beberapa dari Anda mungkin ada yang masih merasa cukup asing, khususnya untuk kalangan PC enthusiast Indonesia. Raijintek merupakan salah satu perusahaan produsen PSU, Casing dan cooling yang berdiri pada tahun 2013 lalu. Meskipun tergolong sebagai produsen baru di dunia komponen PC, nama Raijintek sudah dikenal dengan baik di wilayah Eropa dan Amerika Serikat sebagai salah satu produsen watercooling AIO (All-In-One) yang banyak diminati oleh kalangan pecinta PC gamer dan PC enthusiast.

Raijintek Triton 52

Nama Raijintek mulai melejit dikenal berkat salah satu produk watercooling AIO milik mereka. Produk watercooling AIO yang dimaksud adalah Raijintek Triton. Watercooling AIO ini memiliki desain cukup menarik terutama pada desain waterblock dan selang transparan yang digunakannya. Sehingga pengguna watercooling AIO ini dapat melihat cairan radiator yang mengalir dari sistem watercooling ini. Untuk menambah daya tarik, pihak produsen memberikan variasi warna pada cairan radiator yang disediakan, sehingga watercooling AIO Raijintek Triton ini memiliki keindahan yang menarik mata para penggunanya.

Selain memiliki desain yang menarik, watercooling AIO Raijintek Triton didesain khusus agar penggunanya dapat dengan mudah melakukan kustomisasi. Penasaran seperti apa bentuk dan performa yang tersaji dari watercooling Raijintek Triton ini? Berikut ulasan lengkapnya dari kami.

Spesifikasi

Spesifikasi singkat dari watercooling Raijintek Triton:

Spek raijintek triton

Gallery

Raijintek Triton 1
Kemasan Raijintek Triton
Raijintek Triton 2
Bagian dalam kemasan watercooling dibuka

 

Kemasan paket penjualan watercooling Raijintek Triton tergolong cukup sederhana untuk sebuah produk watercooling AIO 240 mm. Ketika kami membuka kemasannya, kami melihat terdapat banyak ruang kosong didalam kemasan watercooling Raijintek Triton ini.

Raijintek Triton 4
Kelengkapan dan aksesoris dari watercooling Raijintek Triton

Paket penjualan watercooling Raijintek Triton ini hadir dengan isi unit pendingin watercooling yang dilengkapi dengan radiator berukuran 240mm, 2 unit fan berukuran 120mm berikut dengan fan-controller, mounting kit Intel, mounting kit AMD, pewarna cairan air radiator, thermal-paste dan buku manual.

Raijintek Triton 5
Watercooling Raijintek Triton

 

Raijintek Triton 10

Desain waterblock pada watercooling Raijintek Triton ini jauh berbeda dengan waterblock pada watercooling AIO dikelasnya yang biasanya dilengkapi dengan pompa terintegrasi. Watercooling Raijintek Triton ini juga dilengkapi dengan pompa terintegrasi namun ditambah dengan sebuah reservoir coolant berukuran kecil yang ikut menjadi satu kesatuan pada waterblock Raijentek Triton ini.

Pada sampel produk yang kami terima ini, terlihat watercooling Raijintek Triton dilengkapi dengan cairan radiator berwarna putih bening, seperti layaknya sebuah air H20 biasa. Kami tidak bisa memastikan apa yang terkandung didalam cairan radiator pada watercooling ini.

Raijintek Triton 9

Waterblock Raijintek Triton ini dirancang untuk memudahkan penggunanya membuka penutup reservoir miliknya untuk menambahkan cairan pewarna pada air radiator ataupun menggantinya. Pada paket penjualan watercooling AIO Raijintek Triton ini kami menemukan pewarna berwarna merah, biru dan hijau (tutup kuning).

Raijintek Triton 36

Selain dapat membuka penutup reservoir dengan mudah, Raijintek juga menggunakan fitting selang yang dapat dilepas dengan mudah oleh pengguna yang ingin mengganti selang bawaan watercooling ini.

Raijintek Triton 7

Raijintek Triton ini menggunakan kabel konektor fan 3-pin untuk memasok daya listrik yang akan digunakan untuk pompa dan lampu LED berwarna putih yang ter-integrasi didalam waterblock watercooling ini.

Raijintek Triton 11Raijintek memberikan plastik pelindung pada bagian dasar waterblock-nya agar tetap bersih dari debu dan kotoran. Pada foto diatas menunjukkan bahwa bagian dasar waterblock watercooling ini menggunakan bahan tembaga yang dilapisi nikel dengan mirror-finishing. Sehingga bayangan botol cairan pewarna dapat terpantul dan terlihat jelas pada bagian dasar waterblock ini.

Raijintek Triton 6

Sebagai perangkat watercooling AIO, Raijintek tentunya melengkapi produk barunya ini dengan sebuah radiator pendingin berukuran 240mm. Ukuran radiator milik watercooling ini sedikit berbeda dengan radiator watercooling AIO pada umumnya, dimana radiator milik Raijintek Triton ini memiliki ukuran lebih tebal sekitar +-5mm. Hal ini disebabkan pihak produsen ingin memberikan sedikit jarak lebih antara fin radiator dengan fan pendingin.

Raijintek Triton 37

Pada waterblock yang dimilikinya, Raijintek menggunakan fitting selang yang dapat dilepas dengan mudah oleh pengguna bila nantinya ingin mengganti selang bawaan watercooling ini.

Raijintek Triton 21
Kipas pendingin berukuran 120mm

 

Paket penjualan watercooling Raijintek Triton ini dilengkapi dengan 2 unit fan pendingin berukuran 120mm yang memiliki kecepatan maksimum 2600RPM.

Raijintek Triton 22

Raijintek memberikan komponen fan-controller pada 2 unit fan pendingin bawaan.

Raijintek Triton 18
Backplate untuk platform Intel dan AMD

 

Raijintek Triton 19
Bagian belakang backplate untuk platform Intel dan AMD

 

Raijintek Triton 20
Bracket mounting untuk platform Intel dan AMD
Raijintek Triton 13
Baut mounting sistem Intel dan AMD

 

 

Raijintek Triton 15
Baut pengunci bracket mounting
Raijintek Triton 12
Ring pembatas dan mur mounting
Raijintek Triton 14
Baut pengunci fan pendingin
Raijintek Triton 16
Baut pengunci radiator
Raijintek Triton 17
Thermal paste bawaan dan sendok thermal-paste

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES