in: Processors | August 5, 2015 | by: Yufianto Gunawan

RAM di Intel SkyLake (Core i 6th Generation)

Keluarga prosesor baru dari Intel, Core i 6th Generation, atau yang disebut dengan codename Skylake, baru saja resmi diperkenalkan. Skylake tentu saja membawa beberapa perubahan bila dibandingkan dengan keluarga prosesor Intel sebelumnya, seperti Haswell dan Broadwell. Bila Anda penasaran dengan perbedaan apa saja yang dimiliki Skylake dengan keluarga prosesor Intel sebelumnya, Anda bisa mencoba membaca artikel kami terkait keluarga Skylake terlebih dahulu. Di gelombang pertama ini, Skylake sendiri akan hadir dalam wujud Core i7 6700K dan Core i5 6600K.

Intel Skylake Processor Packaging

 

Seperti yang telah dijelaskan di artikel tersebut, Skylake memiliki dukungan untuk RAM DDR4. Nah, hadirnya dukungan untuk DDR4 ini tentu saja membuat banyak orang yang bertanya-tanya seperti apa implementasi dukungan untuk RAM baru ini. Dalam artikel ini, kami akan coba membahas beberapa hal yang perlu diketahui tentang RAM di Intel Skylake!

DDR4 Pertama di Platform Mainstream

Intel Skylake - DDR4 on Mainstream Gaming Platform

Melalui Skylake, Intel akhirnya membawa RAM DDR4 ke platform mainstream. Sebelumnya, untuk PC desktop, DDR4 hanya dijumpai di platform kelas enthusiast bersama dengan Haswell-E dan chipset X99. Bila Anda ingin merasakan bagaimana kemampuan dari RAM baru ini tanpa harus mengeluarkan dana yang besar, keinginan tersebut bisa saja terwujud dalam waktu dekat ini!

DDR4 sendiri memiliki spesifikasi yang berbeda dari DDR3 yang banyak digunakan di berbagai platform yang ada sebelum Intel Skylake ini. Hal itu tentu saja membuat karakteristik dari Intel Skylake ini akan sedikit berbeda dari pendahulunya. Seperti apa perbedaan itu? Hasil tes kami akan menunjukkannya!

DDR3 Module
DDR3
DDR4 Module
DDR4

Seperti diketahui, DDR4 sendiri memiliki bentuk fisik yang berbeda dari DDR3, sehingga modul DDR3 tidak mungkin digunakan di slot DIMM untuk DDR4 dan sebaliknya. Modul DIMM DDR4 sendiri memiliki 288 pin, lebih banyak dari DDR3 yang “hanya” memiliki 240 pin. DDR4 beroperasi di voltase yang lebih rendah dari DDR3, yaitu 1.2 Volt. Voltase itu bahkan lebih rendah dari DDR3 low-voltage yang masih membutuhkan 1.35 Volt.

Maksimal Dual Channel

Skylake Mainboard
Slot DIMM di motherboard Z170

Satu hal yang perlu kami tekankan di sini, sama seperti platform mainstream Intel dari beberapa generasi belakangan ini, Intel Skylake juga hanya mendukung RAM maksimal dual-channel. Bila Anda membeli paket DDR4 quad-channel yang banyak beredar di pasaran, yang seharusnya ditujukan untuk Haswell-E, dan memasang semua keping dalam paket itu ke sistem Skylake, Anda tetap hanya akan mendapatkan konfigurasi dual-channel, bukan quad-channel! Prosesor Intel Skylake sendiri memang hanya dilengkapi dengan memori controller untuk konfigurasi single-channel dan dual-channel.

DDR4 Dual Channel Kit
Produsen memori mulai memasarkan DDR4 dalam paket dua keping (dual-channel kit)

Tentu saja, hadirnya Intel Skylake yang hanya mendukung RAM dual-channel ini akan membawa dampak pada ketersediaan kit RAM di pasaran. Bila selama ini hanya tersedia quad-channel kit DDR4, maka dalam waktu dekat ini dual-channel kit DDR4 akan semakin banyak dijumpai. Jadi, bila Anda berencana menggunakan Intel Skylake di PC Anda, Anda tidak perlu membeli quad-channel kit DDR4 yang berharga mahal. Anda cukup membeli dual-channel kit DDR4 yang harganya tentu akan lebih murah.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES