in: Networking | April 26, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review Range Extender NetGear EX3700

NetGear EX3700 - 01

NetGear, perusahaan yang pastinya sudah dikenal di Indonesia sebagai produsen perangkat jaringan, kembali mengirimkan produk baru mereka untuk kami coba kemampuannya. Produk yang dikirim kali ini adalah sebuah range extender, perangkat yang memungkinkan suatu jaringan WiFi untuk diperluas jangkauannya. Range extender yang dikirimkan kali ini, EX3700, merupakan produk baru yang mendukung WiFi AC. Penasaran dengan kemampuan dari perangkat ini? Simak ulasan singkat kami berikut ini!

Paket Penjualan

Sebagai sebuah range extender, EX3700 seharusnya tidak memerlukan perlengkapan tambahan untuk beroperasi. Oleh karena itu, wajar bila NetGear tidak banyak menyertakan perlengkapan untuk perangkat ini. Di kemasan paket penjualan perangkat ini, NetGear hanya menyertakan:

  • Resource CD
    NetGear EX3700 - 02
  • Quick Start Guide (dalam beberapa bahasa)
    NetGear EX3700 - 03

Perlengkapan ini memang bisa dikatakan minimal sekali. Namun, tanpa adanya kedua perlengkapan itupun, EX3700 ini tidak akan mengalami masalah ketika digunakan. Jadi, perlengkapan yang minim ini bisa dikatakan wajar.

NetGear EX3700

NetGear EX3700 - 04

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, range extender EX3700 dari NetGear ini mendukung standar WiFi AC. Tentu saja, seperti kebanyakan perangkat WiFi AC yang ada saat ini, perangkat ini juga memiliki backward compatibility dengan tetap mendukung standar WiFi B/G/N. NetGear melengkapi perangkat ini dengan dukungan dual band, sehingga mendukung penggunaan frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz sekaligus.

Perangkat EX3700 ini dipasarkan sebagai perangkat AC750, dalam artian mendukung data rate maksimal hingga ~ 750 Mbps, yaitu 300 Mbps di 2.4 GHz dan 433 Mbps di 5 GHz. Untuk sebuah range extender, standar AC750 bisa dikatakan sudah mencukupi, mengingat masih belum banyak perangkat yang bisa memanfaatkan standar WiFi AC yang lebih kencang, misalnya hingga 866 Mbps atau bahkan 1299 Mbps.

NetGear EX3700 - 05

NetGear EX3700 ini hadir dalam bentuk wall plug yang membuatnya memiliki bentuk menyerupai adapter daya dari sebuah router. NetGear menyertakan dua buah antena eksternal yang disebut bisa memperluas jangkauan WiFi dari perangkat ini. Kedua antena tersebut bisa diputar dan diarahkan hingga batas tertentu.

NetGear EX3700 - 06

Perangkat ini tidak memiliki banyak port koneksi, hanya sebuah port Fast Ethernet saja. Cukup disayangkan, penggunaan port Fast Ethernet di sebuah perangkat yang mendukung AC750 tentu saja membuat port tersebut menawarkan data rate yang lebih rendah dari yang didukung oleh jaringan WiFi dari perangkat ini. Ini bisa jadi akan menghambat kinerja dari perangkat ini sendiri.

NetGear EX3700 - 07

NetGear EX3700 - 08

Terdapat tiga buah tombol dan empat lampu indikator yang mendukung penggunaan dari range extender EX3700 ini. Tiga tombol yang tersedia adalah tombol On/Off, WPS, dan Factory Reset. Sementara lampu indikator yang tersedia adalah untuk menunjukkan status Power, Router, WPS, dan Device.

Situs resmi NetGear mencantumkan informasi bahwa perangkat ini memiliki dimensi keseluruhan 55.17 x 67.17 x 39 mm. Memang, dimensi ini bisa dikatakan tidak terlalu besar. Namun, desain dari perangkat ini mungkin akan sedikit menimbulkan masalah apabila digunakan di deretan stop kontak, karena lebar perangkat ini bisa jadi akan menganggu penggunaan port di samping yang digunakan olehnya.

Penggunaan

Range extender EX3700 ini didesain dengan mengutamakan kemudahan instalasi. Pengguna hanya perlu memasang perangkat ini ke stop kontak dan menghubungkan perangkat lain ke WiFi NETGEAR_EX yang dihasilkan oleh range extender ini. Secara otomatis, perangkat yang dihubungkan ke range extender akan menampilkan dashboard konfigurasi awal.

NetGear EX3700 - SS 01
Halaman pendaftaran akun
SS 02
Pilihan mode operasi

Satu hal yang sedikit disayangkan, NetGear “memaksa” pengguna untuk terlebih dahulu mengisi “form pendaftaran” sebelum melakukan konfigurasi awal. Setelah mengisi data yang dibutuhkan, dashboard akan menampilkan menu konfigurasi wilayah tempat penggunaan perangkat dan juga pilihan mode operasi perangkat. Pengguna bisa memilih untuk menggunakan perangkat ini sebagai range extender murni atau wireless access point.

NetGear EX3700 - SS 03
Kedua wireless band bisa dihubungkan ke sumber yang berbeda
NetGear EX3700 - SS 04
Keduanya juga bisa diatur apakah menggunakan konfigurasi keamanan sama seperti “induknya” atau berbeda.

Untuk menggunakan perangkat sebagai range extender, pengguna bisa menghubungkan EX3700 ini terlebih dahulu ke WiFi yang telah ada. Satu hal yang menarik, masing-masing wireless band dari EX3700 bisa digunakan untuk memperluas jangkauan WiFi yang berbeda, sesuai dengan frekuensi dari sumber. Tentu saja, Anda bebas memilih frekuensi mana yang akan digunakan, atau bahkan keduanya sekaligus.

Sementara untuk access point, pengguna harus menghubungkan EX3700 ke jaringan lokal dengan menggunakan kabel Ethernet. Di sini, penggunaan port Fast Ethernet membuat kelemahan dari perangkat yang satu ini menjadi terekspos. Fast Etnerhet hanya menawarkan data rate hingga 100 Mbps, yang tentunya kurang memadai untuk mendukung sebuah perangkat AC750.

SS 05
Tampilan utama dashboard EX3700

Ketika EX3700 sudah beroperasi sesuai dengan mode yang diinginkan, pengguna masih bisa melakukan beberapa hal di dashboard yang tersedia. Pengguna bisa melihat bagaimana kondisi penggunaan kedua wireless band yang dimiliki perangkat. Selain itu, terdapat juga beberapa fungsi lain yang ditawarkan, termasuk pengubahan konfigurasi WiFi, pengaturan Access Schedule, update firmware, serta FastLane.

NetGear EX3700 - SS 06

Terkait FastLane, ini merupakan fitur yang memungkinkan EX3700 memanfaatkan kedua wireless band untuk terhubung ke satu sumber untuk range extender, sehingga meningkatkan throughput keseluruhan. Hanya saja, ketika mode ini aktif, kedua wireless band tidak lagi bisa digunakan secara terpisah. EX3700 akan menganggap keduanya sebagai satu jalur saja.

Secara umum, opsi konfigurasi yang disertakan di perangkat ini memang terbatas, hanya sebatas opsi-opsi pengaturan dasar saja. Namun, ini wajar untuk sebuah range extender. Hanya opsi-opsi itulah yang dibutuhkan untuk operasi sehari-hari perangkat ini.

Kesimpulan

NetGear EX3700 - 09
Walaupun tidak benar-benar bebas, pengguna bisa memposisikan kedua antena EX3700 ke berbagai arah.

(+) Dual Band + WiFi AC

(+) Antena eksternal

(+) Konfigurasi mudah

(+) Mode operasi sebagai Range Extender atau Access Point

(+) Teknologi FastLane

(+) Kebebasan penggunaan kedua wireless band untuk range extender

(+) Access Schedule

 

(-) Masih menggunakan Fast Ethernet

(-) Pengguna harus mengisi “form pendaftaran”

(-) Lebar perangkat bisa menganggu penggunaan stop kontak di sampingnya

 

NetGear EX3700 ini merupakan sebuah produk yang menarik, yang bisa dipertimbangkan bila Anda ingin memperluas jangkauan dari WiFi yang telah ada di lingkungan Anda. Perangkat ini diklaim kompatibel dengan berbagai router yang ada saat ini, baik untuk frekuensi 2.4 GHz, 5 GHz, maupun keduanya. Hal ini juga terbukti di pengujian yang kami lakukan, di mana range extender ini bisa terhubung dengan baik ke beberapa router dari berbagai merek yang ada di lab. kami.

Tersedia dua mode operasi, range extender dan access point, yang tentu saja membuat penggunaan perangkat ini menjadi lebih fleksibel. Hanya saja, penggunaan sebagai access point akan terhambat oleh hanya tersedianya port Fast Ethernet. Ini akan membuat WiFI dari perangkat menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dari yang bisa ditangani oleh port Fast Ethernet.

Secara keseluruhan, bila Anda tidak terlalu peduli dengan fungsi sebagai access point, atau tidak terlalu bermasalah dengan kecepatan Fast Ethernet saat menggunakan perangkat in sebagai access point, EX3700 ini tetaplah menjadi satu produk yang menarik.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES