Tes Perbandingan 8 HSF Pendingin Prosesor PC Murah

Reading time:
June 11, 2016

Profil Peserta Tes Perbandingan

Berikut ini adalah profil para peserta tes perbandingan HSF murah kali ini. Dari kedelapan produk HSF yang mengikuti tes perbandingan kali ini memang didominasi dengan penggunaan fan pendingin 90 mm. Walaupun begitu, kedelapan HSF ini tentunya memiliki desain yang berbeda-beda sehingga dapat memiliki perbedaan performa pendinginan yang cukup signifikan dibandingkan dengan peserta lainnya. Selain itu, kami juga memperhatikan kelengkapan paket penjualan setiap HSF yang umumnya berisikan komponen penting agar sebuah produk HSF dapat digunakan pada berbagai konfigurasi prosesor Intel dan AMD.

Arctic Freezer 7 Pro Rev. 2ARCTIC Freezer pro 7 rev.2 6

Arctic sudah dikenal cukup lama sebagai salah satu produsen veteran perangkat pendingin komputer. Salah satu produk HSF mereka yang dikelanal dengan Freezer 7 Pro Rev.2 ini berhasil masuk ke dalam kriteria tes perbandingan HSF murah kali ini. HSF Freezer 7 Pro Rev.2 ini tampil dengan desain tower yang menggunakan heatpipe dan aluminium fin untuk sistem pendinginannya. HSF ini dilengkapi dengan 3 buah heatpipe berdiameter 6 mm yang siap mengoptimalkan performa pendingan HSF ini. Selain itu, HSF ini dilengkapi dengan sebuah fan berdiameter 92 mm yang dilengkapi fitur PWM dan memiliki kecepatan putar 900~2200 RPM.

ARCTIC Freezer pro 7 rev.2 3

Paket penjualan heatsink Freezer 7 Pro Rev.2  ini juga dikemas dalam kemasan plastik keras yang sederhana dan minimalis. Kemasan plastik tersebut membungkus ketat HSF ARCTIC Freezer 7 Pro Rev.2. Pihak ARCTIC menyelipkan beberapa komponen pendukung di sela-sela HSF sehingga mereka tetap bisa menggunakan kemasan minimalis berukuran kecil. Selain memiliki kemasan yang sederhana, paket penjualan heatsink ARCTIC Freezer 7 Pro Rev.2 ini juga terlihat simpel dan menimbulkan kesan seadanya saja. Di dalam paket penjualan heatsink HSF ini, terdapat unit heatsink, 1 kit mounting Intel, 1 kit mounting AMD dan manual book yang seluruhnya dapat tersimpan secara efisien di dalam kemasan heatsink ini yang tergolong kecil.

ARCTIC Freezer pro 7 rev.2 14

Di dalam paket penjualan heatsink ini, pihak ARCTIC juga telah memberikan thermal paste kelas premium versi lama milik mereka, ARCTIC MX-2, yang telah diratakan secara pabrikan pada permukaan dasar heatsink ini. Dasar heatsink Freezer 7 Pro Rev.2 ini menggunakan base berbahan tembaga dengan permukaan flat, tanpa menggunakan mirror finish.

RAM Arctic Cooling freezer 7 pro

Cukup disayangkan, HSF Arctic Cooling Freezer 7 Pro Rev.2 ini memiliki sedikit permasalahan terhadap penggunaan memori RAM yang menggunakan heatspreader berukuran besar dan tinggi pada slot 0 ( Slot RAM terdekat pada prosesor ). Tetapi hal ini masih diatasi dengan mengubah orientasi pemasangan HSF ini yang tentunya juga mengubah arah airflow di dalam casing.

HSF Arctic Cooling Freezer 7 Pro Hasil Arctic Cooling Freezer 7 Pro

==================
======

DeepCool Ice Blade 200M

DeepCool Ice Blade 200M 41

Dikarenakan ini merupakan test perbandingan HSF murah, maka tidak heran jika terdapat produk HSF DeepCool masuk ke dalam peserta test perbandingan HSF murah. Nama Deepcool sendiri sudah dikenal baik di pasar PC rakitan Indonesia sebagai salah satu produsen perangkat pendingin komputer yang memiliki performa yang mumpuni dengan harga yang terjangkau.

Salah satu produk HSF DeepCool yang masuk ke dalam test perbandingan kali ini adalah DeepCool Ice Blade 200M. HSF ini hadir dengan desain tower yang menggunakan 2 unit heatpipe tebal yang memiliki diameter yang mecapai 8 mm. Selain itu, HSF ini dilengkapi dengan sebuah fan berdiameter 90 mm yang dilengkapi fitur PWM dan memiliki kecepatan putar 900~2200RPM. Selain itu, HSF ini juga mendapatkan sebuah fan pendingin tambahan berdiameter 90mm tanpa dilengkapi fitur PWM dan terus berputar pada kecepatan 2200 RPM.

DeepCool Ice Blade 200M 2

HSF DeepCool IceBlade 200M ini hadir dengan kemasan yang cukup sederhana dan simpel. Walaupun begitu, HSF ini memiliki kelengkapan dan aksesori yang tergolong lengkap. Paket penjualan HSF DeepCool IceBlade 200M terdiri dari unit HSF, mounting AMD, mounting Intel, fan clip, 2 fan pendingin 90 mm, karet anti getar,  thermalpaste dan buku manual.

DeepCool Ice Blade 200M 19

Bagian dasar HSF Deepcool IceBlade 200M ini menggunakan teknologi heatpipe direct contact. Kedua heatpipe berdiameter 8 mm HSF ini langsung bersentuhan pada permukaan prosesor.

RAM ICE blade 200M

HSF DeepCool Ice Blade 200M ini tidak mengalami permasalahan apapun pada saat bersandingan dengan memori RAM yang menggunakan heatspreader berukuran besar dan tinggi.

HSF Ice Blade 200M Hasil DeepCool Ice Blade 200M
Load Comments

Gadget

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 12, 2020 - 0

[Video] Jawab 25 Pertanyaan Soal Black Shark 3

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk Black Shark 3,  dan…
November 12, 2020 - 0

“Mending Rakit PC” Desktop, Pakai Tablet?

Memiliki laptop di rumah mungkin sudah menjadi lumrah bagi sebagian…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…

Laptop

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 12, 2020 - 0

[Video] Jawab 25 Pertanyaan Soal Black Shark 3

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk Black Shark 3,  dan…
November 12, 2020 - 0

“Mending Rakit PC” Desktop, Pakai Tablet?

Memiliki laptop di rumah mungkin sudah menjadi lumrah bagi sebagian…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…

Gaming

November 24, 2020 - 0

Biaya Denuvo Bocor, Sekitar 2,3 Miliar Rupiah per Tahun!

Anda yang sempat mengikuti berita terkait kasus Ransomware yang menyerang…
November 23, 2020 - 0

Chrysler Building Tak Hadir di Spider-Man: Miles Morales Karena Copyright

Copyright? Berapa sering Anda mendengar kata yang satu ini? The…
November 23, 2020 - 0

Emulator Nintendo Switch – Yuzu Unjuk Progress

Patreon sepertinya adalah salah satu “hal terbaik” yang pernah terjadi…
November 23, 2020 - 0

12 Minutes Ditunda ke 2021

Penundaan sepertinya sudah menjadi berita yang terhitung umum di industri…