Tes Perbandingan 8 HSF Pendingin Prosesor PC Murah

Reading time:
June 11, 2016

Hasil Pengujian

Setelah meluangkan cukup banyak waktu untuk menguji kedelapan HSF peserta tes perbandingan HSF murah kali ini, akhirnya kami mendapatkan hasil pengujian sebagai berikut :

Test Perbandingan HSF Murah XTU AVG Temperature

Pada pengujian pertama ini, kami menggunakan aplikasi Intel XTU untuk memberikan beban kerja penuh (full load) pada prosesor Intel Core i7 6700K yang digunakan pada tes perbandingan HSF murah kali ini. Alhasil, kami melihat HSF Thermaltake Contact 21 berhasil menempati posisi teratas dengan suhu average full load terdingin (suhu panas rata-rata dari ke-empat core prosesor Intel core i7 6700K). Setelah itu di-ikuti dengan HSF DeepCool Gammax 300 dan DeepCool Ice Blade 200M dengan perbedaan kurang dari 1 oC. Lalu disusul dengan HSF lainnya, seperti PC Cooler S90D, ID-Cooling SE-903, Arctic Cooling Freezer 7 pro dan SE-902v3 dengan jarak perbedaan 1~4 oC.

Berbeda dengan HSF ID-Cooling IS-40 yang performa pendinginannya cukup tertinggal jauh dengan HSF lainnya. Hal ini bukan berarti, HSF ID-Cooling IS-40 merupakan HSF yang memiliki performa pendinginan yang kurang mumpuni. Melainkan, HSF ID-Cooling IS-40 ini bertarung pada kelas yang tidak seharusnya, secara desain HSF low-profile memang tidak seoptimal desain HSF yang menggunakan desain tower. Selain itu, ukuran fisik HSF ID-Cooling IS-40 ini tergolong sangat kecil dan dapat digunakan pada casing HTPC berukuran kecil dan memiliki ketebalan kurang dari 60 mm. Dengan ukuran fisik yang kecil ini, HSF ID-Cooling IS-40 masih memberikan performa pendinginan 4~5 olebih dingin dibandingkan menggunakan HSF Intel Stock Cooling untuk prosesor Intel Core i7-4790k.

Test Perbandingan HSF Murah XTU Peak Temperature

Berbeda dengan perhitungan suhu panas Average Full Load Temperature yang merupakan suhu rata-rata dari keempat core prosesor intel core i7 6700K, nilai data Peak full load temperature ini merupakan suhu terpanas yang dapat dihasilkan oleh salah satu core prosesor intel Core i7 6700K yang digunakan pada pengujian tes perbandingan HSF murah kali ini.

Dari pengujian dengan menggunakan aplikasi Intel XTU, kami mendapatkan HSF DeepCool Ice Blade 200M memiliki nilai “Peak full load Temperature” terendah yang langsung disusul dengan HSF Thermaltake Contact 21 dengan margin kurang 1 oC. Lalu disusul tipis dengan HSF DeepCool Gammaxx 300 dan PcCooler S90D.

Test Perbandingan HSF Murah Gaming AVG Temperature

Setelah melakukan pengujian dengan aplikasi Intel XTU, kami melanjutkan pengujian dengan menggunakan aplikasi game Assassin’s Creed Unity untuk menguji performa pendinginan para peserta tes perbandingan HSF murah kali ini. Dari Hasil Pengujian yang kami dapatkan, HSF DeepCool Ice Blade 200M dan DeepCool Gammax 300 berhasil menempati posisi teratas dengan margin kurang dari 1 odibandingkan dengan HSF Thermaltake Contact 21 yang sebelumnya memimpin pada suhu rata-rata pengujian beban penuh dengan menggunakan aplikasi Intel XTU. Setelah itu diikuti dengna HSF arctic Cooling Freezer 7 pro , ID-Cooling SE-902v3, PC Cooler S90D dan ID-Cooling SE-903 dengan margin perbedaan +- 2 oC.

Test Perbandingan HSF Murah Gaming Peak load Temperature

Sedangkan untuk gaming peak load temperature, HSF Thermaltake Contact 21 kembali menduduki posisi pertama dan disusul tipis oleh HSF DeepCool Gammaxx 300 dengan margin kurang dari 1 oC. Lalu diikuti dengan peserta HSF lainnya.

Test Perbandingan HSF Murah IDLE AVG Temperature

Pada pengujian suhu rata-rata Idle, HSF DeepCool Ice Blade 200M kembali menduduki posisi teratas, lalu diikuti dengan HSF Thermaltake Contact 21, DeepCool Gammaxx 300 dan ID-Cooling SE-902v3 dengan margin perbedaan kurang dari 1 oC saja.

Test Perbandingan HSF Murah IDLE Lowest Temperature

Tidak terdapat perubahaan posisi untuk kategori Lowest Idle temperature untuk suhu terdingin pada salah satu core prosesor Intel Core i7 6700K yang ditempati oleh HSF DeepCool Ice Blade 200M dan kembali disusul tipis oleh HSF Thermaltake Contact 21 dan DeepCool Gammaxx 300.

Test Perbandingan HSF Murah Noise Idle

Pada saat prosesor dalam keadaan Idle, HSF Thermaltake Contact 21 berhasil menawarkan operational noise yang paling sunyi dibandingkan dengan HSF lainnya. Lalu diikuti HSF ID-Cooling IS-40 dan Arctic Cooling Freezer 7 pro dengan perbedaan operasional noise yang tipis.

DeepCool Ice Blade 200M memang memiliki performa pendinginan yang mumpuni dan menjadi salah satu top performer pada test perbandingan HSF murah kali ini. Akan tetapi cukup disayangkan, HSF Deepcool Ice Blade 200M ini memiliki operasional noise yang cukup tinggi dibandingkan dengan HSF kompetitor lainnya pada saat prosesor dalam keadaan Idle.

Test Perbandingan HSF Murah Noise Full Load

Pada saat prosesor mendapatkan beban kerja penuh ( full load ), HSF Thermaltake Contact 21 kembali memberikan operasional noise paling sunyi dibandingkan HSF kompetitor lainnya. Lalu diikuti oleh HSF Arctic Cooling Freezer 7 pro yang juga memiliki operasional noise yang tergolong sunyi pada saat prosesor mendapatkan beban kerja penuh (full load).

Test Perbandingan HSF Murah Noise Maximum Speed Fans

Kami juga menyempatkan diri untuk menguji operasional noise yang dihasilkan oleh fan bawaan seluruh peserta tes perbandingan HSF murah ini pada saat dipaksa untuk berkerja pada kecepatan maksimum. Alhasil kami mendapati, bahwa HSF ID-Cooling SE-903 dan PC Cooler S90D memiliki operasional noise yang tergolong cukup rendah pada saat fan pendingin bawaanya dipaksa berjalan pada kecepatan maksimum.

Dari data ini, Kita juga dapat mengetahui HSF mana yang fan bawaannya masih berputar pada kecepatan rendah dan HSF mana yang fan bawaanya sudah berputar pada kecepatan maksimum ketika prosesor Intel core i7 6700K yang digunakan pada pengujian ini mendapatkan beban kerja penuh (full load) ketika menggunakan konfigurasi kecepatan fan “Auto”.

Kompatibilitas

Untuk Kompatibilitas, HSF DeepCool Ice Blade 200M merupakan satu-satunya peserta test perbandingan HSF murah kali ini yang memiliki dukungan terhadap platform LGA 2011/2011v3 yang umumnya memiliki desain TDP yang tinggi.

Kompatibilitas RAM
Kompatibilitas Penggunaan Memori RAM yang menggunaakan heatspreader berukuran besar dan tinggi.

Cukup disayangkan, HSF Thermaltake Contact 21, PC Cooler S90D dan Arctic Freezer 7 Pro berpotensi akan berbenturan dengan memori RAM ber-heatspreader yang tinggi dan besar pada saat dipasang pada slot 0 (slot memori RAM paling dekat dengan prosesor ). Hanya saja permasalahan ini masih dapat diakali dengan mengubah orientasi pemasangan HSF ataupun dengan mengubah posisi pemasangan fan pendingin bawaan.

Load Comments

Gadget

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 12, 2020 - 0

[Video] Jawab 25 Pertanyaan Soal Black Shark 3

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk Black Shark 3,  dan…
November 12, 2020 - 0

“Mending Rakit PC” Desktop, Pakai Tablet?

Memiliki laptop di rumah mungkin sudah menjadi lumrah bagi sebagian…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…

Laptop

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 12, 2020 - 0

[Video] Jawab 25 Pertanyaan Soal Black Shark 3

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk Black Shark 3,  dan…
November 12, 2020 - 0

“Mending Rakit PC” Desktop, Pakai Tablet?

Memiliki laptop di rumah mungkin sudah menjadi lumrah bagi sebagian…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…

Gaming

November 24, 2020 - 0

Biaya Denuvo Bocor, Sekitar 2,3 Miliar Rupiah per Tahun!

Anda yang sempat mengikuti berita terkait kasus Ransomware yang menyerang…
November 23, 2020 - 0

Chrysler Building Tak Hadir di Spider-Man: Miles Morales Karena Copyright

Copyright? Berapa sering Anda mendengar kata yang satu ini? The…
November 23, 2020 - 0

Emulator Nintendo Switch – Yuzu Unjuk Progress

Patreon sepertinya adalah salah satu “hal terbaik” yang pernah terjadi…
November 23, 2020 - 0

12 Minutes Ditunda ke 2021

Penundaan sepertinya sudah menjadi berita yang terhitung umum di industri…