Tes Perbandingan 8 HSF Pendingin Prosesor PC Murah

Reading time:
June 11, 2016

Kesimpulan

Setelah memakan waktu yang cukup banyak untuk melakukan pengujian pada seluruh peserta tes perbandingan heatsink fan(HSF) Murah, akhirnya kami memperoleh berbagai hasil tes yang cukup menarik untuk menentukan siapa yang menjadi HSF Murah terbaik untuk kategori harga Rp 200.000,00 ~ Rp 299.000,00 ini.

Dari ke-delapan HSF murah yang kami uji ini tentunya memiliki performa pendinginan yang beragam dan terdapat beberapa peserta yang memang terbukti memiliki performa pendinginan yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta lain. Kamipun tidak hanya menilai para peserta tes perbandingan HSF Murah ini dengan performa pendinginan saja, kami juga menilai tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh fan pendingin bawaan masing-masing peserta.

Test Perbandingan HSF Murah 2016

Performa pendinginan dan tingkat kebisingan memang merupakan aspek penting dalam memilih dan membeli HSF, Tetapi faktor perlengkapan paket penjualan dan Ergonomi sebuah produk HSF juga tidak kalah penting.Oleh karena itu kami juga melakukan penilaian terhadap kelengkapan yang ada pada paket penjualan masing-masing peserta tes perbandingan HSF murah kali ini yang sangat beragam isinya. Lalu kamipun menilai aspek ergonomi para peserta tes perbandingan ini, seperti : aspek kemudahan pemasangan, tesedianya alat bantu pemasangan atau tidak, serta kompatibilitas HSF ini terhadap pengguaan memori RAM yang menggunakan heatspreader berukuran besar dan tinggi.

Lalu siapakah yang mampu mendapatkan JagatReview Award dari para peserta yang tampil pada tes perbandingan HSF Murah kali ini? Berikut hasilnya.

Penilaian Akhir

Total Score Test perbandingan HSF Murah 1 Total Score Test perbandingan HSF Murah 2 Total Score Test perbandingan HSF Murah 3 Total Score Test perbandingan HSF Murah 4

 

BEST PERFORMER (3 Produk):

Thermaltake Contact 21

Thermaltake Contact 21 Best Performer Award

DeepCool Ice Blade 200M

DeepCool Ice Blade 200M Best Performer Award

DeepCool Gammaxx 300

DeepCool Gammaxx 300 Best Performer Award

 

Predikat BEST PERFORMER diberikan kepada HSF yang menyuguhkan performa tertinggi dalam tes perbandingan kali ini. Tidak ada perhitungan harga, tidak ada penilaian tingkat kebisingan, estetika, kelengkapan, ergonomis, dan yang lainnya.

Penghargaan Best Performer dari tes perbandingan HSF murah kali ini jatuh pada 3 buah HSF yang tampil di antaranya Thermaltake Contact 21, DeepCool Ice Blade 200M dan DeepCool Gammaxx 300. Berdasarkan hasil pengujian yang kami peroleh, ketiga HSF ini tampil dengan performa sangat baik dibandingkan para peserta lainnya. Sekali lagi kami tekankan, bahwa penilaian penghargaan Best Performer ini murni kami pilih berdasarkan performa pendinginan terbaik yang dihasilkan tanpa memperhatikan faktor lainnya.

 

BEST PRODUCT:

Thermaltake Contact 21

Thermaltake Contact 21 Best Product Award

Beralih ke penghargaan lainnya, yakni BEST PRODUCT. Produk-produk yang menerima penghargaan ini adalah produk yang kami anggap sebagai yang terbaik, tanpa memperhitungkan harga yang dimilikinya.

Untuk penghargaan ini, hanya terdapat 1 produk HSF saja yang berhasil menyabet gelar Best Product ini, yakni HSF Thermaltake Contact 21 yang berhasil mendapatkan 2 gelar sekaligus pada tes perbandingan HSF murah kali ini. Penilaian ini berdasarkan dengan membandingkan antara faktor performa dengan faktor lainnya. Selain menawarkan performa pendinginan yang tinggi, HSF Thermaltake Contact 21 ini juga menawarkan kinerja fan bawaan yang memiliki tingkat kebisingan ( operational noise ) yang sunyi, baik pada saat prosesor dalam keadaan idle maupun dalam keadaan mendapatkan beban kerja penuh(full load).

Selain itu, HSF Thermaltake Contact 21 ini juga tidak lupa menawarkan paket penjualan yang tergolong lengkap dan menjadi satu-satunya HSF yang menawarkan kualitas mounting terbaik dengan menggunakan backplate berbahan logam, bukan plastik.

 

 

BEST VALUE:

PC Cooler S90D

PC Cooler S90D Best Value Award

BEST VALUE merupakan penghargaan yang kami berikan pada tes perbandingan HSF murah kali ini, untuk produk yang memiliki rasio harga terhadap penilaian total yang terbaik.

Walaupun tidak menerima perhargaan best performer ataupun best product, HSF PC Cooler S90D berhasil mendapatkan penghargaan Best Value pada tes perbandingan HSF murah kali ini. Sebagai peserta yang memiliki harga jual paling murah yang dibanderol dengan harga Rp 220.000,00. Dengan harga ini yang lebih terjangkau, HSF PC Cooler S90D masih menawarkan performa pendinginan yang tidak jauh berbeda dengan para peserta yang mendapatkan gelar top performer dan best product. Selain performa pendinginan yang cukup baik, HSF PC Cooler S90D ini juga menawarkan kinerja fan pendingin yang memiliki tingkat kebisingan yang sunyi dan memiliki perlengkapan paket penjualan terbaik dibandingkan dengan para peserta lainnya. Karena hal inilah, HSF PC Cooler S90D ini memiliki nilai perbandingan ratio penilaian keseluruhan dengan harga yang terbaik.

 

 

Patut Diperhatikan:

ID-Cooling IS-40

ID-Cooling IS-40

HSF murah yang satu ini tidak menampilkan skor yang menakjubkan, bahkan cenderung ada di papan bawah. Akan tetapi, untuk membangun sebuah PC berukuran mini seperti HTPC, HSF ini akan sulit ditandingi. Ukurannya yang sudah amat sangat mirip dengan HSF standar membuat ID-Cooling IS-40 bisa menjadi pilihan terbaik untuk pengguna casing berukuran sangat tipis. Karena, meski berada di papan bawah, tapi HSF ini tetap mampu menyuguhkan kemampuan pendinginan yang secara signifikan lebih baik dibandingkan HSF standar.

Penutup

Akhir kata, kembali kami ingatkan kepada Anda semua bahwa pilihan tetap kami serahkan kepada Anda. Jika dilihat dari semua hasil kinerja yang ditampilkan dari para peserta yang tampil pada tes perbandingan HSF murah kali ini, kami bisa saja memilih beberapa HSF untuk meraih penghargaan. Walaupun begitu, penilaian personal Anda akan tetap menjadi penentu utamanya. Sehingga kami sarankan, jangan terlalu terpaku pada penghargaan saja. Amati dan cermati paparan data hasil pengujian yang telah kami sediakan pada beberapa halaman sebelumnya untuk menentukan produk heatsink fan(HSF) yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan pendinginan prosesor PC desktop  Anda.

 

Ingin membahas soal komputer/PC/notebook lebih dalam dan dalam sebuah komunitas bersama reviewer kami? Bergabunglah di Facebook Group “Jagat Konsultasi dan Pembahasan Komputer” di: https://www.facebook.com/groups/1054285457919785/ 

Load Comments

Gadget

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 12, 2020 - 0

[Video] Jawab 25 Pertanyaan Soal Black Shark 3

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk Black Shark 3,  dan…
November 12, 2020 - 0

“Mending Rakit PC” Desktop, Pakai Tablet?

Memiliki laptop di rumah mungkin sudah menjadi lumrah bagi sebagian…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…

Laptop

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 12, 2020 - 0

[Video] Jawab 25 Pertanyaan Soal Black Shark 3

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk Black Shark 3,  dan…
November 12, 2020 - 0

“Mending Rakit PC” Desktop, Pakai Tablet?

Memiliki laptop di rumah mungkin sudah menjadi lumrah bagi sebagian…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…

Gaming

November 24, 2020 - 0

Biaya Denuvo Bocor, Sekitar 2,3 Miliar Rupiah per Tahun!

Anda yang sempat mengikuti berita terkait kasus Ransomware yang menyerang…
November 23, 2020 - 0

Chrysler Building Tak Hadir di Spider-Man: Miles Morales Karena Copyright

Copyright? Berapa sering Anda mendengar kata yang satu ini? The…
November 23, 2020 - 0

Emulator Nintendo Switch – Yuzu Unjuk Progress

Patreon sepertinya adalah salah satu “hal terbaik” yang pernah terjadi…
November 23, 2020 - 0

12 Minutes Ditunda ke 2021

Penundaan sepertinya sudah menjadi berita yang terhitung umum di industri…