Review Lenovo IdeaPad Slim 5i: Tipis, Bisa Gaming dan Editing

Author
Irham
Reading time:
November 11, 2020

Mencari produk laptop dengan desain tipis dan performa tinggi, mungkin Lenovo adalah salah jawabannya. Setelah sebelumnya kami melakukan review  untuk Yoga Slim 7i yang punya performa kencang, kini kami kedatangan lagi Lenovo IdeaPad Slim 5i yang ditawarkan dengan harga lebih terjangkau.

IdeaPad Slim 5 sendiri adalah kelas tertinggi IdeaPad Slim Series di Indonesia saat ini. Dengan atribut “I” di bagian belakang, ini menunjukan kalau perangkat ini menggunakan prosesor Intel. Perangkat ini dijual dengan harga kisaran mulai dari Rp 10 jutaan.

Tak perlu panjang lebar, langsung saja kita simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

IdeaPad Slim 5i memiliki desain Clamshell dengan body berbahan kombinasi antara Aluminium dan Polikarbonat. Sekilas, perangat ini masih mirip dengan pendahulunya yaitu IdeaPad S540. Untuk varian warna IdeaPad Slim 5i yang kami review yaitu Graphit Grey Soft, disamping Platinum Grey Silky dan Light Teal Silky yang tersedia.

Baca Juga: Review Lenovo Yoga Slim 7 dengan GeForce MX350: Laptop Tipis Terbaik di 2020?

Review Ideapad Slim 5i Review Ideapad Slim 5i

Perangkat ini memiliki ukuran dimensi secara presisi yaitu dengan panjang 32.17 cm, lebar 21.18 cm dan ketebalan yaitu sisi paling tipis sebesar 1.79 cm dan sisi paling tebal yaitu Sisi paling tebal 1.99 cm. Bobot laptop ini yaitu sebesar 1,41 Kg. Bersama dengan adaptor charger sebesar 220 gram, maka pengguna akan mengangkut beban sebesar 1,63 kg saat membawanya berpergian.

Review Ideapad Slim 5i

 

Untuk layarnya sendiri perangkat ini memiliki panel IPS berukuran 14 inc dengan resolusi Full HD (1920 x 1080p) @60 Hz. Layar ini memiliki tingkat kecerahan sebesar 300nits dengan tingkat cakupan warna yaitu 45% NTSC.

Tingkat cakupan warna ini mungkin masih kurang tinggi bagi, khususnya untuk pengguna di segmen konten kreator. Namun hal ini masih bisa diakali dengan menggunakan layar terpisah.  Layar ini juga memiliki permukaan Anti-Glare, sehingga tidak memantulkan cahaya saat digunakan dikondisi terang.

Bagian bezel atu bingkainya tergolong tipis, yaitu dengan ketebalan 7mm di bagian atas, 4,3mm di bagian kanan dan kiri, serta 10mm di bagian bawah.  Dengan bingkai tipis ini, memberikan active area ratio mencapai  90%.

Bingkai atas, meskipun tipis namun tetap dilengkapi Kamera 720P@30 FPS. Kamera dilengkapi penutup Webcam Privacy Shutter yang cocok untuk Anda yang was-was dengan resiko diintip.

Review Ideapad Slim 5i

Di penampang atas yaitu di sisi kanan dan keyboard, terdapat dua buah speaker stereo yang mengarah langsung ke pengguna. Speaker ini juga didukung dengan software Dolby Audio yang menambah kualitas audio dari perangkat laptop tersebut.

Review Ideapad Slim 5i Review Ideapad Slim 5i

Lalu untuk penempatan konektor, port dan slot, di sisi bagian kiri terdapat DC-IN, 1x USB 3.1 Gen 1 Type-C yang mendukung Power Delivery dan Display Out dengan protokol Display Port, 1x HDMI, 1x 3.5 MM Audio Jack Combo, dan 1x Novo Button – untuk mengakses Recovery Mode. Sedangkan di sisi bagian kanan terdapat 1x SD Card Reader dan 2x USB 3.1 Gen 1.

Review Ideapad Slim 5i Review Ideapad Slim 5i

Untuk tampilan keyboard, desain dan layout masih dengan ciri khas Lenovo IdeaPad> keyboard ini dilengkapi dengan backlit berwarna putih, dengan dua tingkat kecerahan, yang dapat diatur dengan menekan tombol “Fn + Spacebar”.

Review Ideapad Slim 5i

Fungsi tombol Function (F1-F12) dan Hotkeys dapat ditukar dengan mudah dengan menakan tombol Fn + Esc. Tombol Power terletak terpisah dari Keyboard utama.

Review Ideapad Slim 5i

Lalu untuk touchpad, ukurannya cukup lebar membuatnya nayaman untuk digunakan.  Letaknya sejajar dengan space bar sehingga tidak mengganggu saat digunakan mengetik. Selain itu touchpadnya juga telah mendukung Mendukung Windows. Precision Driver.

Spesifikasi

Spesifikasi utama yang diusung pada perangkat Lenovo IdeaPad Slim 5i yang kami review ini yaitu dengan prosesor Intel Core i7-1065G7 (Ice Lake-10nm), yang memiliki konfigurasi 4-Core/8-Thread, dengan TDP 15W. Prosesor ini mempunyai Base Clock  sebesar 1.3 GHz dan Max Turbo Boost Clock mencapai 3.9 GHz, serta memiliki 8 MB Intel Smart Cache.

Lalu pada aspek memori, perangkat ini dilengkapi dengan RAM 16 GB DDR4-3200 MHz Dual Channel Onboard. Ya, RAM yang terpasang disini adalah OnBoard, sehingga tidak ada kesempatan bagi pengguna untuk melakukan upgrade. Hal tersebut sengaja dilakukan agar perangkat ini memilik body yang tipis.

Sementara untuk media penyimpanannya, laptop ini menggunakan   SSD PCIe NVMe berkapastias 512 GB. Lalu di sektor GPU, Lenovo  IdeaPad Slim 5i menggunakan NVIDIA GeForce MX350 2 GB GDDR5. GPU ini juga memiliki 640 CUDA Cores, dengan Base Clock 1354 MHz dan Boost Clock 1468 MHz. Selain discrete graphics yang tersedia, tedapat pula grafis terintegerasi yaitu Intel Iris Plus Graphics.

Baca Juga: Review Lenovo Legion 7i: Laptop Gaming Lenovo Terbaik & Terkencang di 2020

IGP dari Intel masih aktif dengan 64 Execution Units, yang dapat membantu akselarasi saat menjalankan beberapa software tertentu yang memanfaatkannya, contohnya yaitu OBS dan Adobe Premiere Pro. Selain itu IGP ini juga dapat digunakan pada software-software yang menggunakan AI (Artificial Intelligence) seperti Photoshop, Premiere, Gigapixel AI, dan lainnya.

Di bagian konektivitasnnya, perangkat ini menggunakan modul Intel Wireless-AC 9560 yang telah mendukung MU-MIMO dan Gigabit Wi-Fi. Lalu untuk wireless berdaya rendah terdapat koneksi Bluetooth v5.1.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…
March 6, 2024 - 0

Makin Optimal, Tuntutan VGA Minimum Alan Wake 2 versi PC Turun!

  Berbeda dengan konsol yang dibangun dengan hanya satu spesifikasi…