Cloud Bantu Perusahaan Kecil Bangun Kreasi Luar Biasa

Reading time:
December 2, 2020

Bicara mengenai pesawat terbang, nama Boom Technology mungkin masih belum dikenal luas seperti Airbus atau Boeing. Namun, perusahaan start up ini tengah mengerjakan suatu hal yang luar biasa yang disebut akan mengubah wajah transportasi udara di masa yang akan datang. Menariknya, untuk hal tersebut, Boom Technology yang menyebutkan bahwa mereka merupakan perusahaan kecil dengan banyak keterbatasan ternayat bisa mengatasi tantangan yang ada dengan bekal cloud. Di AWS re:Invent 2020, CEO mereka, Blake Scholl, mengungkap sebesar apa “bantuan” dari cloud untuk mendukung inovasi mereka.

Boom CEO
CEO Boom saat menjelaskan mengapa mereka menggunakan cloud dari AWS

Membangun Pesawat Supersonic Modern dengan Cloud

Apa yang tengah dikerjakan Boom Technology bukanlah hal yang sepele, mereka tengah membangun sebuah pesawat supersonic modern yang disebut sebagai Overture. Membangun pesawat terbang biasa saja sudah merupakan hal yang rumit, dan terbukti perusahaan ternama pun bisa melakukan kesalahan fatal. Sebagai pesawat supersonic, proyek pesawat Overture ini tentunya jauh lebih rumit lagi.

Boom Overture

Untungnya, sejak awal, Boom Technology sudah mengunakan AWS untuk membantu berbagai bidang dalam upaya mereka mengembangkan Overture. Banyaknya layanan cloud canggih yang ditawarkan oleh AWS membuat Boom Technology memiliki akses ke sumber daya yang mereka butuhkan dalam berbagai tahap pengembangan Overture. Bahkan, tanpa cloud dari AWS, Blake Scholl menyebutkan mereka masih sangat jauh dari titik yang mereka capai saat ini, yaitu sudah berhasil membangun XB-1 “Baby Boom”, yang merupakan demonstrator untuk Overture.

Bagaimana Cloud Bisa Mempercepat Kreasi Pesawat?

Mendesain pesawat tentunya tidak terlepas dari berbagai perhitungan rumit terkait aspek desain serta simulasi untuk validasi apakah desain tersebut sudah benar. Bila semua hal ini harus dilakukan tanpa bantuan cloud, misalnya dengan terlebih dahulu membangun high-performance computer, itu akan menyulitkan, memberatkan, serta menghambat kerja tim Boom Technology. Memanfaatkan layanan cloud high-performance computing dari AWS, Boom Technology menyebutkan bahwa mereka sudah menggunakan 53 juta compute hour dengan perkiraan peningkatan produktivitas hingga 6x.

Supersonic Simulation
Gambaran terkait simulasi yang harus dilakukan untuk validasi desain pesawat supersonic

Kemudian, terkait dengan besarnya data yang harus disimpan. Untuk “Baby Boom” saja Boom Technology disebut butuh menyimpan sekitar 525 TB data, dan semua itu disimpan di layanan cloud dari AWS. Bila data itu harus ditangani sendiri oleh Boom Technology, ditambah dengan banyaknya proses yang harus dilakukan terhadap data-data tersebut, mungkin akan butuh beberapa tahun lagi untuk mencapai titik yang sudah mereka capai saat ini.

Tawaran solusi yang luas dari AWS juga membuat Boom Technology mendapatkan tool yang mumpuni untuk mendukung berbagai aspek lain dalam pengembangan Overture, termasuk untuk decision making, dengan memanfaatkan kapabilitas analisa dan machine learning. Ke depan, untuk proses produksi Overture, Boom Technology juga berencana untuk menyertakan banyak teknologi dari AWS, termasuk untuk quality control dan penyederhanaan workflow. Bahkan, setelah Overture mulai digunakan, mereka akan memanfaatkan cloud untuk mengumpulkan informasi untuk meningkatkan pengalaman penumpang, tentunya semuanya dari AWS.

Cloud untuk Membawa Perubahan Besar

Melihat banyaknya perusahaan dengan ide menarik yang lahir di era saat ini, pemanfaatkan cloud yang baik dan benar akan banyak membantu perusahaan untuk akselerasi menuju terciptanya inovasi. Overture dari Boom Technology ini diharapkan akan bisa diproduksi tahun 2025 mendatang. Setelah uji sertifikasi diselesaikan, pesawat ini akan bisa menghadirkan pengalaman baru, dengan membawa penumpang dari Tokyo ke Seattle hanya dalam 4.5 jam saja, hampir separuh dari waktu normal pada umumnya saat ini.

Selain itu, Overture ini memang didesain sebagai pesawat yang efisien, jauh lebih efisien dari pesawat supersonic yang pernah ada, sehingga memungkinkan maskapai menawarkan banyak rute. Tidak terbatas ke rute-rute yang sangat ramai saja seperti pendahulunya, Concorde. Perubahan besar seperti ini tentunya akan sangat dinantikan, dan dari penjelasan Boom Technology, akan bisa dirasakan lebih cepat karena cloud.

AWS re:Invent 2020 - Andy Jassy
CEO AWS di pembukaan re:Invent 2020

AWS sendiri saat ini tengah menggelar re:Invent 2020, tentunya secara online. Seperti biasa, akan banyak solusi baru yang diumumkan AWS di acara tahunan ini, di mana tim Jagat Review pernah berkesempatan langsung meliputnya di Las Vegas, AS, di gelaran sebelumnya, tahun 2019 lalu. Mari kita lihat, ada produk menarik terbaru dan cerita menarik pemanfaatan produk AWS seperti apa yang akan tersaji dalam sekitar tiga minggu ke depan.

Load Comments

Gadget

January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 7, 2020 - 0

Smartphone Terbaik 2020: Rp 3 – 4 Juta

Kalian sudah menyaksikan daftar smartphone terbaik 2020 versi kami? Setelah…
November 28, 2020 - 0

Review Vivo V20 SE: Desain Mewah, Produktivitas Lengkap

Setelah sebelumnya kami melakukan review untuk produk Vivo V20, kini…
November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…

Laptop

January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 7, 2020 - 0

Smartphone Terbaik 2020: Rp 3 – 4 Juta

Kalian sudah menyaksikan daftar smartphone terbaik 2020 versi kami? Setelah…
November 28, 2020 - 0

Review Vivo V20 SE: Desain Mewah, Produktivitas Lengkap

Setelah sebelumnya kami melakukan review untuk produk Vivo V20, kini…
November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…

Gaming

February 15, 2021 - 0

505 Games Jadi Publisher Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes

Jika kita bicara soal salah satu game JRPG yang paling…
February 15, 2021 - 0

Ratchet & Clank: Rift Apart Rilis Juni 2021

Rilis Playstation 5 memang jadi momen yang suepr sibuk untuk…
February 15, 2021 - 0

Akhirnya, Game Kimetsu no Yaiba PS4 dan PC Unjuk Gameplay!

Menjadi salah satu seri anime yang begitu dicintai saat ini,…
February 12, 2021 - 0

Spesifikasi PC untuk Kingdom Hearts: Melody of Memory

Tidak ada seri yang tidak canon di Kingdom Hearts, ini…