Review MSI GE76 Raider: Super Kencang dengan RTX 3080

Author
Irham
Reading time:
March 29, 2021

Kali ini tim Jagat Review telah kedatangan laptop gaming terbaru dari MSI yaitu MSI GE76 Raider. Laptop ini telah menggunakan kartu grafis GeForce RTX 3080, dan bahkan merupakan laptop dengan GeForce RTX 30-Series pertama yang kami uji.

MSI GE76 Raider sendiri hadir sebagai laptop gaming kelas premium, yang menawarkan spesifikasi kelas atas di berbagai aspek yang ditawarkan. Tak hanya ditujukan untuk para gamers, laptop ini juga sangat cocok untuk kalangan Content Creator.

Nah, untuk kalian yang sudah pensaran seperti apa peforma dari laptop “monster” yang satu ini, langsung saja simak review MSI GE76 Raider berikut ini.

Baca Juga: Review MSI Modern 14: Laptop Bisnis, Bisa Diajak Gaming dan Editing 

Desain

MSI GE76 Raider hadir dengan Form Factor Clamshell, dengan material body berbahan Alumunium. Seperti laptop gaming pada umumnya, laptop ini memiliki bentuk dan lekukan bodi yang terlihat tegas dan modern. Ini juga tampak mirip MSI GE66 Raider.

Review MSI GE76 Raider

Sepanjang sisi depan bodi kini dilengkapi Lighting Bar dengan lampu RGB yang mampu menghasilkan 16.7 juta warna. Lighting Bar tersebut diklaim menciptakan efek Panoramic Aurora Lighting yang tidak hanya membuat penampilan Laptop makin keren tetapi juga membuat nuansa ruang tempat bermain Game menjadi seru.

Review MSI GE76 Raider

Pengaturan efek dan warna lampu RGB dapat dilakukan melalui Software MSI Dragon Center atau SteelSeries Engine dan tentunya kompatibel dengan teknologi MSI Mystic Light.

Review MSI GE76 Raider

Untuk unit MSI GE76 Raider yang kami review yaitu berwarna Matte Metal Gray. Perangkat ini memiliki ukuran dimensi yaitu Panjang 39,7 cm, Lebar 28,4 cm, dan Tebal 2,59 cm.

Sedangkan bobotnya yaitu mencapai 2,98 Kg, dengan penambahan bobot dari Charger yaitu sebesar 820 Gram. Sehingga total Charger yang diusungnya yaitu sebesar 3,8 kg.

Baca Juga: Review Acer Nitro 5 2021: Murah, Kencang, Irit dan Dingin

Beralih ke layar, laptop ini memiliki layar berukuran 17,3 inci dengan resolusi 4K/3840 x 2160p. Layar laptop ini menggunakan panel IPS Level dengan cakupan warna 100% AdobeRGB, yang tentunya Cocok untuk Content Creation atau untuk menikmati kualitas visual Game secara maksimal.

Review MSI GE76 Raider

Refresh Rate yang ditawarkan yaitu mencapai 120 Hz, yang sudah cukup Ideal untuk Game kompetitif.

Color Profile layar dapat diubah melalui Software MSI True Color atau MSI Dragon Center dengan pilihan

  • Gamer
  • Anti-Blue (Bikin mata tidak cepat lelah saat aktivitas berjam-jam)
  • sRGB
  • AdobeRGB
  • Display P3
  • Office
  • Movie

Menariknya lagi, layar Laptop ini juga dapat menampilkan Overlay berupa Crosshair seperti umum dijumpai di sebuah Monitor Gaming. Bentuk, ukuran, warna, dan posisi Crosshair dapat diatur melalui Software MSI True Color atau MSI Dragon Center.

Dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui Software yang sama atau dengan menekan tombol Fn + F6. Layar menggunakan permukaan Anti-Glare yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman.

Bingkai layar sudah di desain setipis mungkin, dimana bingkai sisi kanan dan kiri punya ketebalan hanya 5 mm. Sementara bingkai sisi atas masih agak tebal untuk menempatkan kamera.

Istimewanya, laptop ini sudah menggunakan kamera 1080P @30 FPS saat laptop Gaming lain kebanyakan masih menggunakan Kamera 720P @30 FPS. Tentunya untuk keamanan, kamera tersebut dapat dimatikan melalui Software MSI Dragon Center.

Pada sisi audionya, laptop ini menggunakan solusi audio dari Dynaudio. Posisi lubang speaker terletak menyebar, yaitu dengan  dua speaker di sisi samping kanan dan kiri Keyboard mengarah ke pengguna serta dua  speaker di sisi samping kanan dan kiri bodi dengan arah keluaran suara secara Horizontal.

Tersedia pula Software Nahimic untuk mengatur Audio Profile. Software Nahimic juga menyediakan fitur SoundTracker yang akan menampilkan Overlay berupa Radar saat bermain Game yang memberitahu arah datangnya suara.

Untuk konektornya, laptop ini memiliki beberapa port di sisi kiri, kanan mapun belakang sebagai berikut.

Kiri

  • 1X Kensington Lock
  • 1X USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps)
  • 1X Type-C USB 3.2 Gen 2×2 (20 Gbps)
    • Laptop pertama yang kami uji yang memilikinya
  • 1X 3.5 MM Audio Combo Jack

Kanan

  • 1X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
  • 1X SD Card Reader
  • 1X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)

Belakang

  • 1X Mini Display Port
  • 1X USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps)
    • Mendukung Display Out dengan protokol Display Port
  • 1X Gigabit Ethernet dengan Chip Killer E3100X yang diklaim mampu menawarkan Bandwidth hingga 2.5 Gbps
  • 1X HDMI
  • 1X DC-IN

Terlihat MSI sangat memperhatikan penempatan setiap konektor agar area kanan dan kiri laptop bebas dari kabel-kabel yang mengganggu pergerakan Mouse. Akan tetapi cukup disayangkan, Laptop Gaming ini masih belum memberikan konektor Thunderbolt.

Walaupun begitu seharusnya hal itu tidak terlalu menjadi masalah mengingat Laptop Gaming ini sudah menggunakan Discrete GPU Laptop paling kencang untuk saat ini dan masih ada konektor USB 3.2 Gen 2×2 (20 Gbps).

Baca Juga: Review MSI Summit E15: Kencang, Elegan, Lengkap dan Aman

Beralih ke konektivitas nirkabel, laptop ini menggunakan modul Intel Wi-Fi 6E AX210, yang telah mendukung standar terbaru Wi-Fi 6E yang tentunya juga telah mendukung Band 6 GHz selain 5 GHz dan 2.4 GHz.

Sementara untuk Bluetoothnya juga telah menggunakan Bluetooth V5.2 yang merupakan versi Bluetooth paling tinggi untuk saat ini,

Di aspek keyboard, tak tanggung-tanggung laptop ini juga telah  menggunakan keyboard dari produsen peripheral ternama yaitu SteelSeries. Desain dan layout tombol tampak diwariskan dari tipe diatasnya, yaitu MSI GT76 Titan.

Keyboard dilengkapi tombol Numpad yang diposisikan agak menjauh dari area Keyboard utama. Terdapat empat tingkat kecerahan (Lima jika menghitung kondisi mati). Warna dan efek lampu Backlit dapat diatur dengan menggunakan Software SteelSeries Engine.

Selain membuat penampilan makin keren, lampu Backlit juga membantu pengguna saat menggunakan tombol Fn. Saat tombol Fn ditekan, lampu Backlit tombol yang menjadi “pasangan” tombol Fn akan menyala sementara lampu backlit tombol lainnya dimatikan.

Review MSI GE76 Raider (1)

Lalu untuk touchpadnnya, posisinya sejajar dengan tombol Spacebar dan Alt-kanan. Mengetik masih nyaman karena tangan tetap tidak mudah masuk ke area Touchpad.

Touchpad tidak dilengkapi tombol khusus untuk klik kiri dan klik kanan. Touchpad juga telah menggunakan Windows Precision Driver.

Load Comments

Gadget

April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…
April 22, 2021 - 0

(VIDEO) Review Gaming Cooler, Trigger, dan Kabel Black Shark Terbaru 2021 untuk iPhone & Android

Ketika menggunakan sebuah smartphone, biasanya tidak akan lepas dari yang…
April 21, 2021 - 0

(VIDEO) 10+1 Fitur Keren pada Oppo A54

Oppo baru saja mengumumkan Oppo A54, sebuah smartphone kelas terjangkau…

Laptop

May 1, 2021 - 0

Review Huawei Matebook D 15 (2021): Laptop Layar Lebar yang Ringan dan Tipis

Huawei kembali menghadirkan laptop uniknya. Laptop berlayar lebar yang ringan,…
April 26, 2021 - 0

Review MSI GP66 Leopard: Performa Premium dengan RTX 3060!

MSI baru saja mengumumkan kehadiran laptop gaming terbarunya, MSI GP66…
April 25, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE (GX551QM): Laptop Gaming Dua Layar, Tipis dan Kencang!

Setelah sebelumnya kami telah memberikan review untuk laptop dua layar…
April 15, 2021 - 0

Review HP Envy 15: Kencang, Elegan, Cocok utk Content Creator & Video Editor

HP Envy 15-ep0016TX ini gunakan Core i7 dan GeForce RTX…

Gaming

May 6, 2021 - 0

Game Fable Baru Akan Dibangun dengan Engine Forza

Aksi belanja yang dilakukan Microsoft selama beberapa tahun terakhir ini…
May 5, 2021 - 0

Band Low Roar Rilis OST Terbaru Arknights

Seringkali dipandang sebelah mata namun sebenarnya memainkan peran penting, musik…
May 5, 2021 - 0

Baru Demo, RE Village Sudah Kedatangan Mod “Nakal”!

Serahkan kepada internet dan pikiran kotor bercampur kreativitas para modder…
May 5, 2021 - 0

Fortnite Berencana Racik Mode Open-World ala GTA Online?

Popularitas memang sempat meroket namun sekadar menawarkan mode “battle-royale” sepertinya…