in: Direct Release | October 21, 2010 | by: Jagat Review

[PR] Para Pengembang Sekarang Dapat Menulis, Mengunggah dan Berbagi Pengaya untuk Opera 11

Oslo, Norwegia – 21 Oktober 2010 – Hari ini Opera merilis Opera 11 alpha yang pertama, versi yang akan datang dari perusahaan yang memenangkan penghargaan pada browser Web desktop. Opera 11 ini merupakan browser Opera pertama yang menyertakan ekstensi, add-ons yang dibuat untuk browser dengan menggunakan Opera application programming interfaces (API) dan standar web seperti HTML5 dan JavaScript. Opera merupakan browser yang selalu menakjubkan dengan inovasi-inovasinya, dan sekarang Opera menambahkan tingkat baru pada kustomisasinya. Opera 11 alpha ini tersedia di http://www.opera.com/browser/next/.

Ekstensi ini akan memungkinkan para pengguna untuk membuat browser web mereka sendiri dengan menambahkan berbagai fitur dan fungsi langsung ke dalam browser itu sendiri, bukan sebagai Opera Widget atau aplikasi Opera Unite yang berdiri sendiri. Para developer bisa membangun ekstensi dengan standar web yang sudah mereka gunakan untuk membuat situs web dan aplikasi web. Yang lebih baik lagi, hanya dengan melakukan sedikit perubahan pada kode mereka, pengembang yang sudah menulis pengaya yang mirip untuk browser-browser lainnya akan bisa berbagi hasil karya mereka dengan lebih dari 50 juta pengguna dari Opera desktop lainnya.

“Opera selalu dapat dikostumisasi, namun sekarang Anda bisa melakukan personalisasi pada browser dengan cara yang baru menggunakan ekstensi Opera,” ujar Jon von Tetzchner, Co-founder, Opera. “Kami bangga memperkenalkan fitur-fitur baru dari browser ini. Sekarang, pengembang lainnya bisa bergabung dan berbagi inovasi mereka dengan jutaan orang lainnya. Semua yang menggunakan Opera 11 akan dapat mempersonalisasikan browser mereka dengan berbagai cara, dimana membuka begitu banyak kemungkinan untuk membuat pengalaman penjelajahan Web yang lebih pribadi lagi.”

Membuat ekstensi dalam 3 tahap:

  1. Kunjungi http://dev.opera.com/articles/view/introduction-to-opera-extensions/ untuk tutorial lengkap dan panduan memulainya.
  2. Buat kode dari ekstensi yang dibuat dengan menggunakan web standart umumnya, seperti HTML5, JavaScript dan CSS.
  3. Unggah ekstensi tersebut ke http://addons.labs.opera.com/.

Opera memeriksa semua ekstensi sebelum mempublikasikannya untuk umum untuk memastikan katalognya berisi ekstensi yang terbebas dari perangkat lunak rusak dan berbahaya.

Perkakas lain untuk pengembang

Hari ini Opera juga mengeluarkan API pengembang terbuka untuk layanan sinkronisasi browser Opera Link. Dengan menggunakan API pengembang ini dapat mengintegrasikan data Opera Link dengan layanan online lainnya dan membuat aplikasi dengan pustaka yang tersedia untuk Java dan Python: http://dev.opera.com/articles/view/building-your-first-link-api-application/

Unduh

Opera 11 alpha tersedia di http://www.opera.com/browser/next/ untuk komputer Windows, Mac dan Linux.

Tentang Opera Software ASA

Opera Software ASA telah mengubah makna penjelajahan Web untuk PC, ponsel dan perangkat lain yang terhubung ke jaringan. Teknologi browser Web lintas-platform Opera ini terkenal akan performa, kepatuhan pada standar dan ukurannya yang kecil, serta memberikan pengalaman online yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih dinamis kepada para pengguna. Opera Software berpusat di Oslo, Norwegia, dengan sejumlah kantor di seluruh dunia. Perusahaan ini terdaftar pada Oslo Stock Exchange dengan simbol saham OPERA. Pelajari selengkapnya tentang Opera di http://www.opera.com/.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES