in: Digital Camera | February 8, 2011 | by: Ernest Dimitria

Canon Memperkenalkan Kamera Dengan Fitur GPS Pertamanya

Bagi seorang traveller, foto merupakan kenangan abadi yang dapat mengingatkan mereka akan berbagai pengalaman yang didapatkan di sebuah tempat. Kualitas hasil foto tentunya tetap dan akan selalu menjadi isu penting. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya di dunia fotografi, GPS pun menjadi fitur yang  berguna. Dengan fitur ini, para traveller tidak hanya bisa menikmati hasil foto yang indah, tetapi mereka juga bisa melihat dan mengingat dimana foto tersebut diambil.

Fitur yang pertama kali diperkenalkan pada ponsel, yang menggabungkan fungsi kamera dan fitur GPS dalam kemasan yang dinamakan Geotagging, ini pun akhirnya diikuti oleh vendor-vendor kamera. Canon akhirnya bergabung dengan memperkenalkan kamera pertamanya yang memiliki fitur GPS, yaitu Powershot SX230 HS. Selain menampilkan kamera yang dilengkapi perangkat GPS, Canon juga memperkenalkan SX220 HS, yang sayangnya belum dilengkapi perangkat tersebut.

Kedua kamera memiliki lensa 14x zoom dengan resolusi gambar 12.1 megapixel, 28mm wide-angle setting,  layar LCD 3 inci dengan resolusi warna 460k, P/A/S/M shooting mode, dan Super Slow Motion movie mode yang merekam video 340×240 dengan kecepatan 240fps, serta 1080p Full HD movie capture. Kedua kamera compact ini dilengkapi dengan fitur Movie Digest yang merekam video 4 detik sebelum setiap foto diambil, yang nantinya dapat digabungkan menjadi video dengan resolusi VGA.

Dengan sistem HS, kedua kamera ini dapat mengambil foto dalam berbagai situasi. Kombinasi antara lensa 12.1 megapixel dengan back-illuminated CMOS sensor dan kekuatan prosesor DIGIC 4, sistem HS dapat menghasilkan foto dengan mengurangi noise dan peningkatan pada dynamic range yang mengasilkan hasil foto yang jernih, mendetail, dan natural. Dengan fitur ini, hasil foto di tempat dengan pencahayaan yang kurang akan tetap bagus, tanpa mengorbankan keindahaan konsistensi warna objek, walaupun tidak menggunakan flash ataupun tripod.

Dengan kemampuan 14x optical zoom, pengguna tidak perlu lagi berpindah tempat untuk mengambil foto objek yang jaraknya jauh. Kemampuan zoom ini juga dapat dinikmati pada saat merekam video Full HD. Dengan teknologi image stabilizer Canon, pengguna tidak perlu khawatir dengan hasil video dan foto yang buram, bahkan pada saat menggunakan kemampuan zoom secara maksimal. Selain itu, fitur GPS yang tersedia pada Powershot SX230 HS akan merekam setiap waktu dan lokasi pengambilan foto, sehingga pengguna dapat mengingat kembali kapan dan dimana foto tersebut diambil. Sebagai tambahan, fasilitas GPS Logger dapat merekam setiap perjalanan yang dilakukan pengguna, yang nantinya dapat dilihat kembali dengan software Map Utility yang telah disediakan dan terintegrasi langsung dengan Google Maps.

Kamera ini tidak hanya ideal untuk para traveller, tetapi juga bagi penggemar kamera point-and-shoot lainnya. Dengan fitur Smart Auto Mode, pengambilan foto menjadi lebih simple dan mudah dengan menggunakan teknologi Scene Detection. Teknologi ini akan mengevaluasi setiap situasi pengambilan gambar dan memilih cara pengambilan gambar yang paling optimal, sehingga menghasilkan kualitas foto yang sempurna. Pengguna hanya perlu memastikan objek yang hendak difoto berada dalam jangkauan frame. Selain itu, Smart Auto juga menggunakan teknologi Advance Subject Detection yang dapat memfokuskan foto pada objek yang bergerak di luar manusia, seperti binatang atau bola. Ditambah dengan High-speed Burst Mode yang dapat mengambil foto hingga 8.1 shots/detik dengan resolusi 3 megapixel, pengambilan foto objek yang bergerak menjadi semakin mudah.

Sebagai aksesoris tambahan, Canon menghadirkan waterproof case WP-DC2 yang dapat digunakan pada kedua kamera. Casing ini akan melindungi kamera dari air hingga kedalaman 40 meter, debu dan kotoran lain, serta kerusakan yang dapat diakibatkan oleh benturan yang keras. Dengan adanya aksesoris ini, Canon Powershot SX230 HS dan SX220 HS menjadi semakin ideal untuk dibawa pada saat berlibur dan bahkan untuk digunakan pada saat menyelam.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES