LOGO
,

Intel Berikan Kepastian Untuk Tidak Tinggalkan DIY PC

Setelah dihantam gosip mengenai kemungkinan Intel akan tinggalkan DIY (Do It Yourself) PC beberapa waktu ini, akhirnya spokeperson Intel, Daniel Snyder, angkat bicara. Pada wawancaranya dengan Maximum PC mengenai rumor tersebut, Daniel memberikan statemen bahwa Intel akan tetap berkomitmen kepada segmen pasar desktop PC yang selalu berkembang ini, dan kami (Intel) akan terus melanjutkan menawarkan tradisi hardware dengan socket LGA ini hingga masa mendatang untuk para pengguna Intel dan segmen pasar Enthusiast DIY PC. Namun dari pihak Intel sendiri saat ini belum bisa memberikan komentar spesifik mengenai Road Map produknya untuk jangka panjang nanti. Mereka baru akan memberikan info tersebut sesuai jadwalnya nanti.

Dengan pernyataan resmi dari Intel tersebut, para pengguna setia Intel dapat bernafas lega karena prosesor kesayangannya tidak akan “terpatri” secara permanen pada motherboard seperti yang dirumorkan selama ini. Jika rumor tersebut menjadi kenyataan tentu bukanlah berita yang baik bagi para penggemar PC rakitan, yang selama ini memiliki keleluasaan untuk ber-eksperimen dengan mengupgrade ataupun mengutak-atik dan mendapatkan kombinasi hardware-nya (motherboard/prosesor) sesuai keinginan.

Walaupun sudah mendapatkan statemen resmi dari pihak Intel, namun beberapa pendapat dari forum luar masih meragukan jika Intel akan mempertahankan tradisi socket LGA pada generasi “Broadwell” nanti untuk semua segmen DIY PC. Socket LGA ini dipastikan masih bisa dinikmati bagi para pengguna PC kelas atas (highend/enthusiast), lalu bagaimana dengan para pengguna kelas menengah/mainstream? Untuk kelas Entry level, baik dari Intel maupun AMD kemungkinan besar sudah akan mengadopsi hardware BGA (Ball Grid Array),  jika melihat platform Atom ataupun Brazos saat ini yang sudah mulai menggunakan prosesor BGA. Langkah seperti apapun yang nantinya akan diambil baik dari kubu Intel maupun AMD, semoga pada akhirnya akan menguntungkan konsumen, bukannya justru mempersulit.

Random Articles
Back to Top