Review 3DMark API Overhead Feature Test: Potensi Luar Biasa DirectX 12
Tanggal 26 Maret 2015 kemarin, tepatnya pukul 20:00 WIB, Futuremark merilis sebuah feature test yang akan melengkapi tool pengujian kartu grafis mereka, 3DMark. Seperti yang sudah kami beritakan kemarin, feature test baru ini datang dalam bentuk update gratis software 3DMark ke versi 1.5.884(Update berukuran 1.6GB ini bisa diunduh disini). Apa yang begitu spesial dengan feature test ini?
API Overhead Feature Test: Benchmark DirectX 12 Pertama?
Futuremark mengklaim bahwa 3DMark API Overhead Test ini merupakan benchmark independen pertama di dunia yang bisa digunakan untuk mengukur performa API DirectX 11, Mantle, dan juga API DirectX12. Dengan adanya dukungan API DirectX 12 disini, Futuremark pun mengatakan bahwa feature test ini adalah “ the very first public application to use DirectX 12″. Sebagai reviewer hardware, kami tentu begitu gembira dengan adanya tool yang membuat kami bisa merasakan API DirectX 12! Namun, Futuremark memaparkan bahwa feature test ini memiliki tujuan spesifik untuk menguji API, bukan menjadi GPU benchmark.
Futuremark: API Overhead Test Bukan GPU Benchmark!
Dalam sebuah dokumen bernama 3DMark Technical Guide, Futuremark mengingatkan bahwa tujuan utama feature test ini adalah untuk menguji performa API dalam berbagai sistem, dan BUKAN menguji GPU, sehingga feature test ini tidak bisa digunakan sebagai GPU benchmark. (Walau demikian, dalam dokumentasi yang mereka buat, Futuremark masih menyebutkan adanya kemungkinan untuk menguji performa sintetis DirectX 12 berbagai CPU dengan syarat GPUnya harus sama.)
Futuremark sendiri mengatakan bahwa mereka tengah mengembangkan benchmark dengan workload mirip game, berbasis API DirectX 12, yang nantinya akan tersedia setelah Windows 10 dirilis secara resmi.
Yang diuji pada API Overhead Test: Draw Call
Berbeda dengan pengujian 3DMark biasa yang mengukur jumlah FPS(frame per second), 3DMark API Overhead Test akan menguji jumlah draw call yang bisa diproses dalam waktu tertentu menggunakan API yang berbeda. Secara singkat, Benchmark ini akan menguji kemampuan sebuah API dalam sistem, dalam menangani ‘draw call’. Draw call sendiri adalah sebuah ‘perintah’ dari CPU ke GPU untuk ‘menggambar’ sesuatu ke layar. Sebuah game bisa saja membuat ribuan draw call ke CPU dalam sebuah frame, dan setiap draw call tersebut bisa menyebabkan limitasi performa pada CPU, maupun API yang digunakan.
3DMark API Overhead feature test ini akan mengukur performa API(dan secara tidak langsung, performa CPU) dengan memberikan sejumlah draw call yang akan meningkat terus Hasil test ini adalah jumlah draw call yang bisa dibuat sampai framerate sistem tersebut turun ke 30 FPS.
Untuk informasi lebih dalam mengenai ‘draw call’ dan hubungannya dengan API, kami menyarankan anda untuk membaca artikel ini: ‘Mengenal Draw Call‘
Minimum Requirement
Baik, mari kita ulas feature test ini lebih dalam! Sebelumnya, ini adalah kebutuhan minimum sistem menurut dokumentasi Futuremark:
- The DirectX 12 test requires a PC running an up-to-date version of Windows 10 Technical Preview (Build 10041 or later), 4 GB of system memory, and DirectX feature level 11_0 compatible hardware with at least at least 1 GB of graphics memory.
- The Mantle test requires 4 GB of system memory and AMD hardware that supports the Mantle API.
- The DirectX 11 test requires DirectX feature level 11_0 compatible hardware with at least 1 GB of graphics memory and 4 GB of system memory.
Spesifikasi Testbed
Karena kami menginginkan untuk mencoba semua API yang ada di feature test ini, kami memilih untuk menggunakan VGA AMD Radeon R9 290X. Berikut spesifikasi sistem testbed kami:
- Prosesor: Intel Core i7-5960X Extreme Edition @ 3.5Ghz, 8 Core / 16 Thread
- Motherboard: MSI X99S MPOWER
- RAM: G.Skill Ripjaws 4 DDR4-2133 4x4GB
- VGA: AMD Radeon R9 290X 4GB GDDR5
- SSD: Kingston HyperX 120GB
- PSU: Corsair AX 1200i
- CPU Cooler: Noctua NH-U12S + NF-F12 iPPC 3000
Mari mulai!
- Overview, 3DMark API Overhead Requirements, Testbed
- Kebutuhan Software, GUI, dan Hasil Uji
- Per API CPU Usage, Kesimpulan Sementara