Review Lenovo IdeaPad Flex 5: Laptop Convertible 2-in-1 Super Kencang!

Author
Irham
Reading time:
May 22, 2021

Akhir-akhir ini, produk laptop 2-in-1 convertible dengan touch screen, kian banyak diminati. Tentunya karena fungsi yang dimilikinya lebih kompleks, dimana sebuah perangkat laptop 2-in-1 convertible bisa digunakan untuk beragam aktivitas, baik untuk pekerjaan, multimedia, entertainment hingga konten kreator. Seperti produk terbaru yang datang ke meja pengujian Jagat Review berikut ini yaitu Lenovo IdeaPad Flex 5.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Lenovo IdeaPad Flex 5 yang kami review ini telah dilengkapi dengan prosesor generasi terbaru dari AMD yaitu Ryzen 7 5000 series. Prosesor ini tentunya dikenal memiliki performa yang tinggi, siap untuk digunakan pada beragam kebutuhan kerja.

Langsung saja kita simak review Lenovo IdeaPad Flex 5 berikut ini.

Desain

Seperti yang telah disebutkan diawal, laptop yang kita review kali ini yaitu Lenovo IdeaPad Flex 5 memiliki form factor Convertible 2-in-1. Artinya peragnkat ini memiliki mode penggunaan ganda, yaitu selain dapat digunakan sebagai laptop, juga bisa digunakan sebagai tablet.

Baca Juga: Review Lenovo ThinkBook 14s G2 ITL: Kencang, Irit, Tangguh

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Material yang digunakan disini yaitu Polycarbonate, dengan desain yang tampak tidak banyak berbeda dengan Lenovo IdeaPad Flex 5i yang pernah kami Review sebelumnya. Secara keseluruhan Lenovo IdeaPad Flex 5 punya penampilan yang Stylish.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Untuk pilihan warna, unit Lenovo IdeaPad Flex 5i yang kami review yaktu Graphite Grey, disamping warna lainnya yang tersedia yaitu Platinum Grey dan Abyss Blue.

Dari segi dimensinya, perangkat ini juga cukup ramping yaitu dengan Panjang 32,1 cm dan lebar 21,7 cm. Sementara untuk ketebalannya, untuk sisi paling tipis yaitu 1.79 cm, dan sisi paling tebal yaitu 2.08 cm.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Bobotnya juga cukup ringan, dimana bobot laptop sebesar 1,55 Kg, ditambah adaptor charger sebesar 230 Gram, sehingga pengguna akan mengangkut beban keseluruhan sebesar 1,78 Kg.

Beralih ke bagian display, perangkat ini memiliki layar Touchscreen berukuran 14 inci dengan resolusi 1920 x 1080 Pixel, serta refresh rate 60 Hz. Panel yang digunakan yaitu IPS, dengan tingkat cakupan warna yaitu Color Gamut 45% NTSC serta memiliki tingkat kecerahan 250 Nits.

Baca Juga: Review Lenovo Legion 5 Pro: Kenceng Parah!

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Seperti laptop dengan layar touchscreen pada umumnya, IdeaPad Flex 5 juga memiliki ermukaan layar Glossy. Permukaan layar Glossy juga membuat warna yang ditampilkan lebih cemerlang

Bingkai layar tentunya sudah didesain setipis mungkin. dengan Sisi bingkai paling tipis adalah kanan dan kiri. Sisi atas masih agak tebal untuk menempatkan Kamera 720P @30 FPS.

Berbekal layar touchscreen, perangkat ini juga memiliki aksesori berupa Lenovo Digital Pen, yaitu stylus untuk pengorperasin pada layar. Stylus ini tersedia pada paket penjualan yang akan memudahkan aktivitas seperti menulis catatan maupun menggambar.

Perangkat ini juga memiliki 4096 Levels of Pressure Sensitivity, yang akan memberikan akurasi tinggi saat menulis maupun menggambar. Untuk dayanya, stylus ini menggunakan baterai berjenis AAAA. Tersedia Software Lenovo Pen Setting untuk kostumisasi fungsi tombol pada Stylus dan memeriksa kapasitas baterai.

Selain itu juga tersedia aksesoris Lenovo Pen Holder sehingga Lenovo Digital Pen dapat disimpan bersamaan dengan Laptop. Lenovo Pen Holder ini dipasang ke konektor USB di Laptop.

Untuk audionya, perangkat ini menggunakanan solusi dari Dolby Audio dengan dua Speaker. Posisi Speaker ada disisi samping kanan dan kiri Keyboard mengarah langsung ke pengguna. Audio Profile dapat diatur di Software Dolby Audio.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Syanagnya, kualitas suaranya tidak terlalu lantang tetapi mampu menghasilkan suara yang lumayan rapi dan tidak cempreng di volume paling tinggi.

Perangkat ini memiliki beberapa konektor dan tombol yang ada di sisi kanan dan kiri, antara lain:

Kiri

Review Lenovo IdeaPad Flex 5
  • 1X DC-IN
    • Dapat digunakan pula untuk mengisi daya Laptop dengan Charger yang ujungnya bulat
  • 1X HDMI
  • 1X Type-C USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps)
    • Mendukung Transfer Data
    • Mendukung Power Delivery sehingga dapat digunakan untuk mengisi daya Laptop
    • Mengingat Laptop ini di-Bundle dengan Charger USB Type-C, konektor ini tidak dapat digunakan untuk fungsi lain saat Laptop di-Charge
  • 1X 3.5 MM Audio Combo Jack

Kanan

Review Lenovo IdeaPad Flex 5
  • Power Button
  • 1X SD Card Reader
  • 1X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
  • 1X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps) yang mendukung fitur Always On

Beralih ke keyboard, perangkat ini masih menghadirkan desain dan Layout khas Lenovo IdeaPad Flex. Dilengkapi lampu Backlit warna putih dengan dua tingkat kecerahan, dan Tingkat kecerahan dapat diatur dengan menekan tombol Fn + Spacebar.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Lalu untuk touchpad, posisinya sejajar dengan tombol Spacebar yang memang menjadi ciri khas Laptop Lenovo. Ini membuat mengetik lebih nyaman karena telapak tangan tidak gampang masuk ke area Touchpad. Selain itu touchpad telah menggunakan Windows Precision Driver.

Baca Juga: Review Lenovo Yoga 6: Berbalut Kain, Kencang Dengan Ryzen 4500U

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Dari sisi keamanannya, perangkat ini dilengkapi fitur keamanan biometrik pengenalan sidik jari. Posisi sensor ada di pojok kanan bawah Keyboard.  Selain itu dilengkapi pula fitur Webcam Privacy Shutter – Slider, penutup untuk kamera agar aman dari diintip. Tentunya kamera juga dapat dimatikan melalui Software Lenovo Vantage agar semakin aman.

Spesifikasi Utama

Seperti yang telah disebutkan diawal, untuk unit Lenovo IdeaPad Flex 5 yang kami review telah menggunakan prosesor generasi terbaru dari AMD yaitu AMD Ryzen 7 5700U. Prosesor dengan Codename “Lucienne” ini memiliki CPU Architecture Zen 2, dengan fabrikasi 7 nm. Konfigurasi yang digunakan yaitu 8-Core/16-Thread, dengan TDP 15 Watt, Base Clock 1.8 GHz, Maximum Boost Clock 4.3 GHz, serta memiliki Total L3 Cache 8 MB.

CPU

Adapun untuk Memory/RAM yang digunakan, perangkat ini memiliki 8 GB DDR4 3200 MHz (Dual Channel) Onboard. Tidak ada slot SO-DIMM untuk Upgrade. Sementara untuk penyimpanan, perangkat ini dibekali dengan Storage SSD M.2 NVMe PCIe berkapasitas 512 GB.

Baca Juga: Review Lenovo ThinkPad X1 Fold: Laptop Pertama dengan Layar Lipat!

Review Lenovo IdeaPad Flex 5 Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Di sisi grafis, Lenovo IdeaPad Flex 5  mengandalkan Integrated Graphics AMD Radeon Graphics, dengan 512 Stream Processor, serta memiliki Graphics Clock sebesar 1900 MHz.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Cukup disayangkan, kapasitas RAM sistem yang dapat dipakai oleh AMD Radeon Graphics tidak dapat diubah. AMD Radeon Graphics hanya dapat memanfaatkan 512 MB dari kapasitas RAM sistem. Alokasi tersebut juga membuat Windows hanya dapat memakai kapasitas RAM sebesar 7.4 GB.

Pada aspek konektivitas, laptop ini menggunakan modul Wi-Fi Intel Wi-Fi 6 AX200 dengan standar Wi-Fi 6 atau Wi-Fi ax yang mendukung MU-MIMO dan Gigabit Wi-Fi. Selain itu juga memiliki koneksi Bluetooth V5.2.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…