Review Lenovo IdeaPad Flex 5: Laptop Convertible 2-in-1 Super Kencang!

Author
Irham
Reading time:
May 22, 2021

Akhir-akhir ini, produk laptop 2-in-1 convertible dengan touch screen, kian banyak diminati. Tentunya karena fungsi yang dimilikinya lebih kompleks, dimana sebuah perangkat laptop 2-in-1 convertible bisa digunakan untuk beragam aktivitas, baik untuk pekerjaan, multimedia, entertainment hingga konten kreator. Seperti produk terbaru yang datang ke meja pengujian Jagat Review berikut ini yaitu Lenovo IdeaPad Flex 5.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Lenovo IdeaPad Flex 5 yang kami review ini telah dilengkapi dengan prosesor generasi terbaru dari AMD yaitu Ryzen 7 5000 series. Prosesor ini tentunya dikenal memiliki performa yang tinggi, siap untuk digunakan pada beragam kebutuhan kerja.

Langsung saja kita simak review Lenovo IdeaPad Flex 5 berikut ini.

Desain

Seperti yang telah disebutkan diawal, laptop yang kita review kali ini yaitu Lenovo IdeaPad Flex 5 memiliki form factor Convertible 2-in-1. Artinya peragnkat ini memiliki mode penggunaan ganda, yaitu selain dapat digunakan sebagai laptop, juga bisa digunakan sebagai tablet.

Baca Juga: Review Lenovo ThinkBook 14s G2 ITL: Kencang, Irit, Tangguh

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Material yang digunakan disini yaitu Polycarbonate, dengan desain yang tampak tidak banyak berbeda dengan Lenovo IdeaPad Flex 5i yang pernah kami Review sebelumnya. Secara keseluruhan Lenovo IdeaPad Flex 5 punya penampilan yang Stylish.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Untuk pilihan warna, unit Lenovo IdeaPad Flex 5i yang kami review yaktu Graphite Grey, disamping warna lainnya yang tersedia yaitu Platinum Grey dan Abyss Blue.

Dari segi dimensinya, perangkat ini juga cukup ramping yaitu dengan Panjang 32,1 cm dan lebar 21,7 cm. Sementara untuk ketebalannya, untuk sisi paling tipis yaitu 1.79 cm, dan sisi paling tebal yaitu 2.08 cm.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Bobotnya juga cukup ringan, dimana bobot laptop sebesar 1,55 Kg, ditambah adaptor charger sebesar 230 Gram, sehingga pengguna akan mengangkut beban keseluruhan sebesar 1,78 Kg.

Beralih ke bagian display, perangkat ini memiliki layar Touchscreen berukuran 14 inci dengan resolusi 1920 x 1080 Pixel, serta refresh rate 60 Hz. Panel yang digunakan yaitu IPS, dengan tingkat cakupan warna yaitu Color Gamut 45% NTSC serta memiliki tingkat kecerahan 250 Nits.

Baca Juga: Review Lenovo Legion 5 Pro: Kenceng Parah!

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Seperti laptop dengan layar touchscreen pada umumnya, IdeaPad Flex 5 juga memiliki ermukaan layar Glossy. Permukaan layar Glossy juga membuat warna yang ditampilkan lebih cemerlang

Bingkai layar tentunya sudah didesain setipis mungkin. dengan Sisi bingkai paling tipis adalah kanan dan kiri. Sisi atas masih agak tebal untuk menempatkan Kamera 720P @30 FPS.

Berbekal layar touchscreen, perangkat ini juga memiliki aksesori berupa Lenovo Digital Pen, yaitu stylus untuk pengorperasin pada layar. Stylus ini tersedia pada paket penjualan yang akan memudahkan aktivitas seperti menulis catatan maupun menggambar.

Perangkat ini juga memiliki 4096 Levels of Pressure Sensitivity, yang akan memberikan akurasi tinggi saat menulis maupun menggambar. Untuk dayanya, stylus ini menggunakan baterai berjenis AAAA. Tersedia Software Lenovo Pen Setting untuk kostumisasi fungsi tombol pada Stylus dan memeriksa kapasitas baterai.

Selain itu juga tersedia aksesoris Lenovo Pen Holder sehingga Lenovo Digital Pen dapat disimpan bersamaan dengan Laptop. Lenovo Pen Holder ini dipasang ke konektor USB di Laptop.

Untuk audionya, perangkat ini menggunakanan solusi dari Dolby Audio dengan dua Speaker. Posisi Speaker ada disisi samping kanan dan kiri Keyboard mengarah langsung ke pengguna. Audio Profile dapat diatur di Software Dolby Audio.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Syanagnya, kualitas suaranya tidak terlalu lantang tetapi mampu menghasilkan suara yang lumayan rapi dan tidak cempreng di volume paling tinggi.

Perangkat ini memiliki beberapa konektor dan tombol yang ada di sisi kanan dan kiri, antara lain:

Kiri

Review Lenovo IdeaPad Flex 5
  • 1X DC-IN
    • Dapat digunakan pula untuk mengisi daya Laptop dengan Charger yang ujungnya bulat
  • 1X HDMI
  • 1X Type-C USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps)
    • Mendukung Transfer Data
    • Mendukung Power Delivery sehingga dapat digunakan untuk mengisi daya Laptop
    • Mengingat Laptop ini di-Bundle dengan Charger USB Type-C, konektor ini tidak dapat digunakan untuk fungsi lain saat Laptop di-Charge
  • 1X 3.5 MM Audio Combo Jack

Kanan

Review Lenovo IdeaPad Flex 5
  • Power Button
  • 1X SD Card Reader
  • 1X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
  • 1X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps) yang mendukung fitur Always On

Beralih ke keyboard, perangkat ini masih menghadirkan desain dan Layout khas Lenovo IdeaPad Flex. Dilengkapi lampu Backlit warna putih dengan dua tingkat kecerahan, dan Tingkat kecerahan dapat diatur dengan menekan tombol Fn + Spacebar.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Lalu untuk touchpad, posisinya sejajar dengan tombol Spacebar yang memang menjadi ciri khas Laptop Lenovo. Ini membuat mengetik lebih nyaman karena telapak tangan tidak gampang masuk ke area Touchpad. Selain itu touchpad telah menggunakan Windows Precision Driver.

Baca Juga: Review Lenovo Yoga 6: Berbalut Kain, Kencang Dengan Ryzen 4500U

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Dari sisi keamanannya, perangkat ini dilengkapi fitur keamanan biometrik pengenalan sidik jari. Posisi sensor ada di pojok kanan bawah Keyboard.  Selain itu dilengkapi pula fitur Webcam Privacy Shutter – Slider, penutup untuk kamera agar aman dari diintip. Tentunya kamera juga dapat dimatikan melalui Software Lenovo Vantage agar semakin aman.

Spesifikasi Utama

Seperti yang telah disebutkan diawal, untuk unit Lenovo IdeaPad Flex 5 yang kami review telah menggunakan prosesor generasi terbaru dari AMD yaitu AMD Ryzen 7 5700U. Prosesor dengan Codename “Lucienne” ini memiliki CPU Architecture Zen 2, dengan fabrikasi 7 nm. Konfigurasi yang digunakan yaitu 8-Core/16-Thread, dengan TDP 15 Watt, Base Clock 1.8 GHz, Maximum Boost Clock 4.3 GHz, serta memiliki Total L3 Cache 8 MB.

CPU

Adapun untuk Memory/RAM yang digunakan, perangkat ini memiliki 8 GB DDR4 3200 MHz (Dual Channel) Onboard. Tidak ada slot SO-DIMM untuk Upgrade. Sementara untuk penyimpanan, perangkat ini dibekali dengan Storage SSD M.2 NVMe PCIe berkapasitas 512 GB.

Baca Juga: Review Lenovo ThinkPad X1 Fold: Laptop Pertama dengan Layar Lipat!

Review Lenovo IdeaPad Flex 5 Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Di sisi grafis, Lenovo IdeaPad Flex 5  mengandalkan Integrated Graphics AMD Radeon Graphics, dengan 512 Stream Processor, serta memiliki Graphics Clock sebesar 1900 MHz.

Review Lenovo IdeaPad Flex 5

Cukup disayangkan, kapasitas RAM sistem yang dapat dipakai oleh AMD Radeon Graphics tidak dapat diubah. AMD Radeon Graphics hanya dapat memanfaatkan 512 MB dari kapasitas RAM sistem. Alokasi tersebut juga membuat Windows hanya dapat memakai kapasitas RAM sebesar 7.4 GB.

Pada aspek konektivitas, laptop ini menggunakan modul Wi-Fi Intel Wi-Fi 6 AX200 dengan standar Wi-Fi 6 atau Wi-Fi ax yang mendukung MU-MIMO dan Gigabit Wi-Fi. Selain itu juga memiliki koneksi Bluetooth V5.2.

Load Comments

Gadget

June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…
June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Jawab 30+ Pertanyaan Seputar Poco X3 Pro

Poco telah memperkenalkan Poco X3 Pro di pasar Indonesia sebagai…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…

Laptop

September 6, 2021 - 0

Review Acer Nitro 5 (AN515-57): Super Kencang, Dingin dan Ada Thunderbolt

Lagi-lagi tim Jagat Review kedatangan laptop Acer Nitro 5 AN515-57…
September 1, 2021 - 0

Review Lenovo ThinkPad X1 Nano: Mungil, Ringan, Kencang, Lengkap dan Keren!

Kali ini tim Jagat Review kembali kedatangan laptop terbaru dari…
August 30, 2021 - 0

Cara Maksimalkan Produktivitas di Laptop Huawei dan Ekosistemnya

Dari segi spesifikasi Hardware, Laptop Huawei memang tidak banyak berbeda…
August 27, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603): Tipis, Ringan, Kencang Parah!

Kali ini tim Jagat Review kedatangan laptop gaming terbaru dari…

Gaming

September 20, 2021 - 0

“Proyek Penting” Pertama Ulang Tahun 25 Persona Berisikan Konser dan Streaming Anime di Jepang

Hype adalah kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang berhasil…
September 20, 2021 - 0

Dev. Detroit Become Human Racik Game Star Wars?

Developer yang berfokus mengembangkan game dengan genre “interactive story” memang…
September 20, 2021 - 0

Otak Balan Wonderworld Belajar Bikin Game Sendiri

Berapa banyak dari Anda yang mengenal sosok Yuji Naka? Di…
September 20, 2021 - 0

RPG Baru SEGA Ternyata Game Mobile, Dihujani Dislike

Salah timing? Atau berbagi panggung dengan developer yang salah? Apa…