Review Tiga Keyboard Mechanical Switch dari Cherry

Author
Irham
Reading time:

Cherry, brand yang satu ini bisa dikatakan iconic, atau sangat menonjol di bidangnya. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang cukup tua, didirikan tahun 1953, atau sudah hampir 70 tahun lalu! Semula, Cherry memproduksi sensor dan berbagai komponen untuk elektronik dan otomotif. Namun, saat ini mereka justru dikenal di bidang yang cukup jauh berbeda dari apa yang mereka tawarkan di awal kehadirannya, yaitu perangkat input untuk komputer.

Berdasarkan informasi yang ada di halaman sejarah perusahaan di situs resminya, Cherry sudah memproduksi keyboard dari tahun 1973! Ya, ini adalah salah satu, atau mungkin produsen perangkat input komputer paling tua yang masih beroperasi sampai saat ini!

Review keyboard Cherry

Jika melihat Cherry sudah memproduksi keyboard dari sekitar 48 tahun lalu dan masih bersaing hingga saat ini, tentu ada yang spesial dengan keyboardnya. Dan, kini Cherry juga telah hadir melalui distributor resmi mereka di Indonesia, dan kebetulan tim Jagat Review telah mencoba tiga perangkat keyboard dari Cherry, diantaranya yaitu:

  • G80-3000 S TKL
  • Cherry MX Board 3.0 S RGB
  • Cherry MX 10.0 RGB

Penasaran dengan ketiga keyboard besutan Cherry ini, simak review lengkapnya berikut ini:

Keyboard Cherry dengan Mechanical Switch

Ketiga keyboard Cherry yang kami review ini merupakan mechanical keyboard, atau keyboard yang tombol-tombolnya menggunakan switch mekanis khusus. Berbeda dengan keyboard “biasa” yang menggunakan membran yang umumnya terbuat dari karet dengan konstruksi yang sangat sederhana, switch di mechanical keyboard ini terdiri dari beberapa komponen yang dirancang sedemikian rupa sehingga membentuk switch yang memiliki karakter yang khas.

Saat tombol keyboard dengan switch mekanis ditekan, feel lebih “pasti” dan lebih “dalam” akan dirasakan, yang biasanya akan secara langsung berkaitan dengan kepuasan penggunaan keyboard oleh pengguna.

Review keyboard Cherry (8)

Sejak tahun 1980-an, Cherry memproduksi switch mekanis/mechanical switch besutan mereka sendiri untuk keyboard, yang dikenal sebagai Cherry MX. Awalnya, switch ini hanya digunakan khusus untuk keyboard mereka sendiri. Namun, setelah beberapa waktu, switch Cherry MX tersebut ditawarkan untuk digunakan di keyboard besutan brand lain. Saat ini switch Cherry MX bisa dikatakan jadi yang paling populer, paling banyak digunakan, dan tentu saja tetap mereka gunakan untuk berbagai varian keyboard besutan Cherry sendiri, termasuk ketiga keyboard yang kami uji kali ini.

Switch Cherry MX sendiri dikenal memiliki kualitas tinggi dan membuat keyboard yang menggunakannya memiliki keunggulan, khususnya bila dibandingkan dengan keyboard membran:

Review keyboard Cherry
  • Feel yang sangat konsisten untuk semua tombol di keyboard. Keyboard umumnya menggunakan jenis switch Cherry MX yang sama untuk hampir seluruh tombolnya, sehingga feel yang dirasakan saat menekan satu tombol akan konsisten dengan tombol-tombol lain.
  • Durabilitas tinggi switch Cherry MX membuat penggunaan jangka panjang dimungkinkan untuk mechanical keyboard dengan switch tersebut, dengan feel penggunaan yang relatif tidak banyak berubah sekalipun sudah dipakai bertahun-tahun.

Karena menggunakan switch berkualitas tinggi besutan mereka sendiri tersebut, ketiga keyboard yang kami coba ini tentu saja bisa menawarkan keunggulan yang kami sebutkan tadi. OK, mari kita lihat lebih detail masing-masing keyboard tersebut. Sebagai catatan, semua keyboard ini menawarkan fitur yang umum dicari dari keyboard gaming di era saat ini, seperti Full N-Key Rollover, Anti-Ghosting, Win Key Lockout. Ketiganya juga menggunakan MX Key Technology.

Cherry G80-3000 S TKL

Keyboard pertama yang akan kami bahas adalah “turunan” dari keyboard legendaris Cherry, G80-3000 yang sudah diproduksi sejak tahun 1988. Keyboard G80-3000 S TKL ini disebut Cherry sebagian varian yang lebih ringkas. Selain karena desain TKL/Ten Key Less, alias tidak dilengkapi dengan numpad, ukuran ringkas juga didapatkan dengan merapatkan jarak di antara beberapa tombol, serta menggunakan casing/shell yang ringkas.

Review keyboard Cherry G80-3000 S TKL
  • Corded Keyboard, dengan interface USB
  • Jumlah Key/Tombol: 87 + 1 Additional Key (Cherry Key)
  • Dimensi: 350 x 140 x 36 mm
  • Berat: +/- 636 gram
  • Varian Warna: Black & White
  • Varian Backlight: Unlit/NBL (No Back Light) dan RGB
  • Varian Mechanical Switch: MX Blue, MX Brown, MX Black, MX Red
  • Key Cap: abrasion-resistant, lasered inscription

Secara umum, G80-3000 S TKL ini didesain untuk yang mencari keyboard dengan tampilan klasik, dengan ukuran yang ringkas yang tidak memakan banyak tempat di meja, serta tidak bermasalah dengan tidak tersedianya numpad. 

Cherry MX Board 3.0 S RGB

Berikutnya, ada Cherry MX Board 3.0 S RGB yang disebut Cherry sebagai keyboard high-performance yang dibalut dengan gaming style – high quality extruded aluminum housing.

Review keyboard Cherry MX Board 3.0s

Keyboard ini hadir dengan numpad, tetapi karena desainnya yang terbilang rapat, keyboard ini bisa dikatakan memiliki dimensi yang masih terbilang ringkas. Cherry melengkapi keyboard ini dengan 4 rubber feet agar keyboard ini menempel ke meja dengan lebih stabil tidak mudah bergeser. Satu hal yang menarik, desain khusus dari Cherry membuat keyboard ini tidak memiliki baut sama sekali.

  • Corded Keyboard, dengan detachable cable dan interface USB
  • Jumlah Key/Tombol: 104 + 5 Additional Key (termasuk Cherry Key)
  • Dimensi: 430 x 140 x 36 mm
  • Berat: +/- 1025 gram
  • Varian Warna: Black, White, Pink
  • Varian Backlight: Unlit/NBL (No Back Light), Single Color, dan RGB
  • Varian Mechanical Switch: MX Blue, MX Brown, MX Black, MX Red, MX Silent Red
  • Key Cap: abrasion-resistant; front lasered inscription untuk black, double-shot inscription untuk white dan pink. Ya, jadi varian warna hitam, tulisan di keycap-nya itu di dinding depan, bukan di atas seperti biasanya.

Cherry MX Board 3.0 S RGB ini merupakan keyboard yang cocok untuk yang mencari keyboard full size, dalam artian dilengkapi dengan numpad, yang tetap terasa ringkas, serta mengusung desain kekinian.

Cherry MX 10.0

Ini adalah keyboard yang terbilang memiliki daya tarik tersendiri, karena tipis tapi tetap menggunakan switch mekanis Cherry MX.

Review keyboard Cherry MX 10.0

Ya, keyboard ini hadir dengan switch yang disebut sebagai Cherry MX Low Profile, yang memungkinkan hadirnya keyboard yang lebih tipis dibandingkan mechanical keyboard dengan switch Cherry MX tradisional, tanpa menghilangkan ciri khas switch mekanis besutan Cherry di keyboard tersebut.

Keyboard ini juga didesain dengan tampilan yang lebih modern, dengan aluminum housing dan automatic foldable mounting foot.

  • Corded Keyboard, dengan detachable cable USB Type C
  • Jumlah Key/Tombol: 104 + 5 Additional Key (termasuk Cherry Key)
  • Dimensi: 430 x 130 x 22 mm
  • Berat: +/- 960 gram
  • Varian Warna: Black, White/Silver
  • Varian Backlight: RGB
  • Varian Mechanical Switch: MX LP Red
  • Key Cap: abrasion-resistant; lasered inscription

Satu hal yang menarik, paket penjualan Cherry MX 10.0 ini dilengkapi dengan carrying case yang tentu saja bisa membantu kita dalam membawa keyboard ini bepergian. Keyboard ini cocok untuk yang menacari mechanical keyboard yang tipis, dengan desain yang terbilang menarik. Sayangnya saat ini belum ada varian TKL dari keyboard tipis ini.

Load Comments

Gadget

July 12, 2024 - 0

Preview Samsung Galaxy Z Flip6: Upgrade Signifikan! Smartphone Flip Terbaik 2024?

Selain Samsung Galaxy Z Fold6 yang diluncurkan dalam acara Samsung…
July 12, 2024 - 0

Samsung Galaxy Z Fold6: HP Lipat TERBAIK 2024?

Ya, Jagat Review lagi di Paris untuk membahas Samsung Galaxy…
June 28, 2024 - 0

Review itel VistaTab 30: Tablet 4G dengan Layar Besar, Storage UFS, Harga di Bawah Rp 2 Juta!

Ini adalah itel VistaTab 30, Tablet baru dari itel yang…
June 25, 2024 - 0

Haylou Solar Neo Hadir di Indonesia dengan layar 1,53 inci dan baterai 7 hari dengan harga 370Ribuan!

Haylou dengan bangga mengumumkan perilisan smartwatch terbarunya, Haylou Solar Neo,…

Laptop

July 19, 2024 - 0

TechPodcast: Produsen Laptop Lokal ini NGAMUK? feat. Axioo

Dalam 2-3 tahun terakhir ini, produk laptop Axioo berubah jadi…
July 16, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook S 14 OLED 2024: Vivobook S Naik Kelas?

Laptop yang satu ini, adalah sebuah laptop thin and light…
July 11, 2024 - 0

Review Lenovo Legion Slim 5 AMD 2024: Makin Canggih, Makin Kencang dengan Ryzen 8000 Series

Kali ini kita kedatangan sebuah Laptop Gaming kelas menengah dari…
July 1, 2024 - 0

Review Lenovo YOGA Book 9i (2024): Lebih Canggih dengan Intel Core Ultra

Laptop Dua Layar yang viral dari Lenovo keluar juga nih…

Gaming

July 22, 2024 - 0

Tales of Xillia Dapat Remaster?

Sebuah video game bisa saja sebegitu populernya hingga merajai perbincangan…
July 22, 2024 - 0

Street Fighter 6 Unjuk Tampilan “Realistis” Terry Bogard

Sebuah kolaborasi yang sangat diharapkan namun seringkali digadang sebagai sesuatu…
July 22, 2024 - 0

Inilah Para Pemenang Turnamen Game Fighting Dunia – EVO 2024!

Selalu menjadi sesuatu yang  menarik untuk melihat para pemain professional…
July 22, 2024 - 0

Lost Soul Aside Akan Muncul di ChinaJoy 2024

Apa game asal developer China yang paling ditunggu di pasaran…