Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga: Laptop Bisnis Lengkap dan Terjangkau

Author
Irham
Reading time:
July 5, 2021

Mencari laptop kelas bisnis yang serius tapi biasanya harganya tinggi? Nah, yang satu ini adalah laptop bisnis yang dirancang serius dan harganya pun cenderung lebih terjangkau. Ini adalah ThinkBook 14s Yoga dari Lenovo, yang telah hadir di meja pengujian Jagat Review.

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga

ThinkBook, sendiri merupakan seri laptop bisnis kelas menengah dari Lenovo dengan harga terjangkau. Dan dengan tambahan “Yoga” di belakang namanya, maka ini adalah laptop ThinkBook dengan Form Factor Laptop Convertible/2-in-1.

Baca Juga: Review Lenovo Ideapad Gaming 3 N1ID: Kencang Buat Gaming dan Edit Video, Cuma Rp 11 Jutaan

ThinkBook 14s Yoga ini cocok untuk kalangan pekerja yang membutuhkan perangkat komputasi multi-fungsi sehingga dapat dengan mudah beradaptasi dengan kebutuhan pekerjaan yang beragam. Tapi, tak hanya untuk kalangan pekerja, laptop ini juga cocok untuk kalangan pengguna biasa yang memang membutuhkan Laptop seperti Lenovo ThinkBook 14s Yoga.

Nah, untuk kalian yang penasaran dengan laptop bisnis serba bisa yang satu ini langsung saja kita simak review Lenovo ThinkBook 14s Yoga berikut ini.

Spesifikasi Dasar

Processor

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (3)
  • Intel Core i7 1165G7
  • Codename – Tiger Lake
  • Fabrikasi – 10 nm SuperFin
  • 4-Core/8-Thread
  • TDP Range Operation – 12-28 Watt
  • Base Frequency – 2.8 GHz
  • Maximum Turbo Boost Frequency – 4.7 GHz
  • 12 MB Intel Smart Cache

Memory/RAM

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (3)
  • 16 GB DDR4 3200 MHz
  • Dual Channel dengan konfigurasi 8 GB Onboard + 8 GB SO-DIMM. Ini berarti kapasitas RAM masih bisa ditambah lagi.
    Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (3)

Storage

  • 1 TB SSD M.2 NVMe PCIe
  • Tersedia slot M.2 kedua untuk menambah kapasitas Storage dengan SSD

Integrated GraphicsReview Lenovo ThinkBook 14s Yoga (7)

 

  • Intel Iris Xe Graphics dengan 96 EU

Wireless Connectivity

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (7)
  • Menggunakan modul Wi-Fi – Intel Wi-Fi 6 AX201
    • Wi-Fi 6 atau Wi-Fi ax
    • Mendukung MU-MIMO dan Gigabit Wi-Fi
    • Bluetooth V5.2

Operating System

  • Windows 10 Pro (Unit yg kami uji)

Desain

Lenovo ThinkBook 14s Yoga tentunya membawa Form Factor Convertible atau 2-in-1. Perangkat ini memiliki Engsel 360° membuat Lenovo ThinkBook 14s Yoga punya empat mode pengoperasian yaitu Laptop Mode, Stand Mode, Tent Mode dan Tablet Mode.

Material yang digunakan yaitu Alumunium, yang membuat bodi kokoh namun tetap ringan. Perangkat ini juga sudah lolos uji ketahanan berstandar militer sehingga terjamin durabilitasnya.

Baca Juga: Review Lenovo IdeaPad Flex 5: Laptop Convertible 2-in-1 Super Kencang!

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (7)

Untuk warna, untuk model Lenovo ThinkBook 14s Yoga  yang kami review yaitu Abyss Blue, yang juga merupakan warna Limited Edition. Disamping itu ada juga warna lain yaitu Mineral Grey, yang merupakan warna khas Laptop Lenovo ThinkBook.

Secara keseluruhan, Lenovo ThinkBook 14s Yoga punya penampilan khas Laptop Bisnis yang tampak “Clean Look” dan tidak mencolok tetapi tetap terasa elegan. Tampilan luarnya masih mirip dengan seri ThinkBook lainnya, yang membedakannya hanya pada bagian engsel karena perangkat ini merupakan laptop convertible. Khusus untuk bagian punggung layar menggunakan warna Abyss Blue dengan dua Tone warna serta terdapat tulisan ThinkBook di area kanan bawah.

Secara presisi, laptop ini memilki ukuran dimensi yaitu panjang 32 cm, Lebar 21.6 cm, dan Tebal 1.69 cm. Ini tergolong tipis untuk Laptop Convertible. Sedangkan untuk bobtonya, laptop ini memiliki berat 1.5 Kg, dengan adaptor Charger 183 gram. Sehingga total keseluruhan bobot yang diangkut pengguna yaitu sebesar 1,69 Kg. Adapator charger ini memiliki output 65Watt, dengan konektor USB Type-C. Bentuknya ringkas seperti Charger Smartphone sehingga mudah dibawa.

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (7)

Beralih ke layar, perangkat ini tentunya memiliki layar Touchscreen dengan ukuran 14 inci, serta memiliki resolusi w1920 x 1080 Pixel @60 Hz. Panelnya menggunakan IPS dengan Color Gamut 100% sRGB, serta memiliki tingkat kecerahan 300 Nits. Layar ini juga mendukung teknologi Dolby Vision yang membuat kualitas tampilan lebih optimal. Layar memiliki Glossy yang memang biasanya digunakan untuk layar Touchscreen.

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (7)

Pengguna juga akan mendapatkan perlindungan lebih karena permukaan layar dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass sehingga tahan goresan saat digunakan dengan jari atau Stylus. Walaupun memantulkan sedikit bayangan, permukaan Glossy membuat warna yang ditampilkan layar lebih cemerlang.

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga

Bingkai layar tentunya sudah dibuat setipis mungkin dengan sisi paling tipis kanan dan kiri. Desain bingkai tipis membuat tingkat Screen to Body Ratio mencapai 86%. Pada bingkai atas bagian tengah diberi Notch yang akan memudahkan pengguna saat membuka layar dan menjadi tempat Kamera 720P 30 FPS.

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (28)

Menariknya, tersedia fitur Flip to Start yang membuat Laptop dapat langsung hidup dari kondisi mati, cukup dengan membuka layar. Pengguna tidak perlu lagi menekan tombol Power.

Baca Juga: Review Lenovo ThinkBook 14s G2 ITL: Kencang, Irit, Tangguh

Untuk memudahkan aktivitas menggambar dan menulis, Laptop ini dilengkapi styulus ThinkBook Yoga Integrated Smart Pen dengan tempat penyimpanan khusus pada bodi. Smart Pen atau stylus ini memiliki slot penyimpanan dari sisi samping kanan bodi Laptop. Ini membuatnya tidak mudah hilang ataupun ketinggalan.

Smart pen memiliki 4096 Levels of Pressure Sensitivity. Baterai otomatis diisi ulang saat Smart Pen dimasukkan ke tempat penyimpanan. Jadi pengguna tidak perlu repot mengisi ulang daya stylus.

Charging 15 detik mengisi kapasitas 85% yang dapat bertahan untuk pemakaian selama 36 Menit. Sedangkan Charging 5 menit untuk mengisi 100, dengan daya tahan pemakaian selama 42 Menit. Disediakan Software Lenovo Pen Setting untuk mengatur fungsi tombol dan memeriksa kapasitas baterai.

Sementara untuk Audio, perangkat ini menggunakan dua Speaker dari Harman. Arah lubang keluaran suara mengarah ke permukaan meja saat menjadi Laptop. Pengaturan Audio Profile dapat dilakukan di Software Dolby Audio. Kualitas suara cukup lantang dan berkualitas.

Untuk konektor dan tombol, laptop ini dilengkapi:

Kiri

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (36)
  • 1X Type-C USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps)
    • Konektor utama nge-Charge Laptop
    • Mendukung Display Out dengan protokol Display Port
    • Mendukung Power Delivery
  • 1X Thunderbolt 4
    • Dapat digunakan juga untuk nge-Charge Laptop
    • Memenuhi standar USB4
    • Mendukung Display Out dengan protokol Display Port
    • Mendukung Power Delivery
    • Siap dipasangkan dengan perangkat External SSD yang super kencang dan External GPU
  • 1X HDMI
  • 1X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
    • Mendukung fitur Always On
  • 1X 3.5 MM Audio Combo Jack

Kanan

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (36)
  • Pen Storage
  • Power Button
  • 1X MicroSD Card Reader
  • 1X USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps)
  • 1X Kensington Lock Slot

Tentunya jenis dan jumlah konektor di Laptop ini masih dapat diekspansi lagi dengan menggunakan aksesoris seperti ThinkPad USB-C Dock Gen 2 atau ThinkPad Hybrid USB-C.

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (36)

Laptop ini jgua masih menggunakan keyboard dengan  desain dan tata letak tombol khas Lenovo ThinkBook. Disediakan tombol khusus untuk menerima dan menutup panggilan melalui Skype for Business. Tombol ini menyatu dengan tombol F10 dan F11.

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (36)

Tersedia pula tombol Service Hotkey yang menyatu dengan tombol F9. Saat ditekan, Website Lenovo Support akan langsung terbuka dan memberikan beragam informasi seperti status garansi, petunjuk Troubleshooting, dan masih banyak lagi. Keyboard dilengkapi lampu Backlit warna putih dengan dua tingkat kecerahan. Tingkat kecerahan dapat diatur dengan menekan tombol Fn + Spacebar.

Baca Juga: Review Lenovo Yoga 6: Berbalut Kain, Kencang Dengan Ryzen 4500U

Sementara untuk Touchpad, posisinya ini sejajar dengan tombol Spacebar, posisi yang menjadi ciri khas Laptop Lenovo. Ini tentunya membuat mengetik lebih nyaman karena telapak tangan tidak gampang masuk ke area Touchpad. Touchpad juga menggunakan Windows Precision Driver.

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga (36)

Di sisi keamanan, laptop ini juga dilengkapi fitur keamanan biometrik pengenalan sidik jari. Posisi sensor menyatu dengan tombol Power disamping kanan. Sidik jari akan langsung dipindai saat pengguna menekan tombol sehingga tidak perlu dipindai ulang saat di halaman Login Windows.

Dilengkapi pula fitur Webcam Privacy Shutter yang merupakan penutup fisik lensa Kamera agar aman dari resiko diintip meskipun Webcam di Hack. Tentunya Kamera juga dapat dimatikan melalui Software Lenovo Vantage agar semakin aman.

Load Comments

Gadget

April 30, 2022 - 0

Smartphone Pilihan Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Rp 5-6.9 Juta

Setelah membahas rekomendasi smartphone pilihan kami di rentang harga kurang…
April 29, 2022 - 0

Smartphone Pilihan Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Rp 3-4.9 Juta

Setelah membahas Smartphone Rekomendasi dari kami, tim Jagat Review, yang…
April 29, 2022 - 0

Smartphone Pilihan Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Rp 1-2.99 Juta

Menjelang Hari Raya Lebaran, tidak sedikit yang berpikir untuk membeli…
April 28, 2022 - 0

Review Jimmy BX5: Vacuum Cleaner yg Bisa Berantas Virus dan Tungau

Kali ini kita akan menguji penyedot debu atau Vacuum cleaner…

Laptop

May 10, 2022 - 0

Review ThinkPad X1 Carbon Gen 9: Acuan Laptop Bisnis Premium Kelas Atas

Laptop yang satu ini adalah salah satu opsi laptop bisnis…
May 8, 2022 - 0

Laptop Content Creator Terbaik Menjelang Lebaran 2022

Setelah dari kemarin sempat membahas laptop non gaming di rentang harga…
May 8, 2022 - 0

Laptop Gaming Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Harga Rp 20 Juta Ke Atas

Setelah dari kemarin sempat membahas laptop non gaming di rentang harga…
May 7, 2022 - 0

Laptop Non Gaming Terbaik Menjelang Lebaran 2022: Harga Rp 15-20 Juta

Setelah dari kemarin sempat membahas laptop non gaming di rentang harga…

Gaming

May 18, 2022 - 0

Dead by Daylight Dapat Game Dating Sim

April Mop sudah lewat jauh memang dan biasanya momen tersebut…
May 17, 2022 - 0

Kojima Productions Buka Lowongan Baru untuk Proyek Misterius

Sepertinya sudah bukan rahasia umum bahwa Hideo Kojima saat ini…
May 17, 2022 - 0

Anime Cyberpunk: Edgerunners Akan Bagi Detail Baru Bulan Depan

Beberapa dari Anda mungkin sudah melupakan fakta bahwa tidak hanya…
May 17, 2022 - 0

MultiVersus Rilis Trailer Sinematik

Sebuah ide cermelang yang seharusnya sudah diwujudkan sejak dahulu kala,…