Review Lenovo Yoga Duet 7i: Laptop 2-in-1 Detachable dengan Kamera Terbaik

Author
Irham
Reading time:

Form factor bisa menjadi penentu yang sangat penting bagi seseorang saat memilih laptop. Ada yang suka dengan laptop yang tipis dan mudah dibawa kemana-mana, bahkan dengan mode yang dapat diubah-ubah seperti laptop yang akan kami review satu ini yaitu Lenovo Yoga Duet 7i.

Bagi sebagian orang yang punya mobilitas tinggi, performa serba tinggi seperti laptop gaming bukanlah jadi kebutuhan utamanya. Meskipun performa tentunya juga akan mempengaruhi produktivitas dalam bekerja.review lenovo Yoga duet 7i

Tetapi ada kebutuhan lain yang harus diakomodir, yaitu fleksibilitas dan mobilitas untuk digunakan dalam berbagai aktivitas dimana pun dan kapan pun. Untuk itulah hadir laptop dengan mode 2-in-1, seperti laptop Lenovo Yoga Duet 7i ini.

Baca Juga: Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga: Laptop Bisnis Lengkap dan Terjangkau

Bukan dengan mode covertible saja, laptop ini memiliki layar Detachable, yang terlepas dari keyboard. Form factor yang unik ini, bisa jadi menjawab kebutuhan orang yang selama ini jarang terpenuhi. Karena perangkat ini ringan, ringkas, dan fleksibel digunakan dalam berbagai mode, yaitu laptop dan tablet.

Lenovo Yoga Duet 7i juga telah hadir dengan prosesor Intel Core Gen 11, yang tentunya memiliki performa handal dan stabil. Nah, seperti apa kemampuan sesungguhnya dari laptop 2-in-1 detachable ini, simak saja review lengkap Lenovo Yoga Duet 7i berikut ini.

Spesifikasi

Adapun untuk unit Lenovo Yoga Duet 7i yang kami review, memiliki spesifikasi sebagai berikut.

Prosesor

review lenovo Yoga duet 7i
  • Intel Core i5-1135G7
    • Tiger Lake
    • 10nm SuperFin
    • 4-Core/8-Thread
    • Base Frequency 2.4 GHz
    • Max Turbo Frequency 4.2 GHz
    • 8 MB Intel Smart Cache

RAM

review lenovo Yoga duet 7i
  • 8 GB DDR4-3200 Single Channel
    • Fixed, Non-upgradeable. Versi lain dengan RAM 16GB, untuk Core i7

Storage

review lenovo Yoga duet 7i
  • 512 GB SSD PCIe NVMe
    • Tidak terdapat slot SSD tambahan

Graphics

review lenovo Yoga duet 7i
  • Intel Iris Xe Graphics
    • 80 Execution units

Desain

Lenovo Yoga Duet 7i membawa form factor 2-in-1 Detachable. Berbeda dengan convertible, laptop Detachable ini memiliki layar yang dapat dilepas dari keyboard, sehingga sepenuhnya bisa digunakan layaknya tablet.

review lenovo Yoga duet 7i

Material yang digunakan yaitu kombinasi dari Magnesium-Alumunium pada body luar yang membuatnya kokoh, dengan polikarbonat pada bagian atas area ventilasi. Pada bagian penghubung bawah keyboard memiliki material fabric atau kain, yang membuatnya memiliki fleksibilitas tinggi.

Tampilannya masih mirip seperti Lenovo Yoga Duet 7i versi sebelumnya, dengan desain keseluruhan yang terasa premium. Di bagian belakang layar terdapat kick-stand yang dapat dibuka sebagai penyangga layar.

review lenovo Yoga duet 7i

Terasa unik, karena detachable, komponen hardware berada di balik layar, bukan di bawah keyboard. Jadi keyboard terlihat sangat tipis.

Secara umum, ini lebih terlihat sebagai sebuah tablet yang dilengkapi keyboard. Untuk warna yang diusungnya yaitu Slate Gray, yang terlihat seperti warna silver namun lebih gelap.

review lenovo Yoga duet 7i (20)

Dimensinya, untuk bagian layar memiliki panjang 29,7 cm, lebar 20,7 cm dan tebal Tebal 0,91 cm. Sementara untuk bagian keyboard memiliki panjang 29,7 cm, lebar 20,7 cm, dan tebal 0,6 cm.

Baca Juga: Review Lenovo Ideapad Gaming 3 N1ID: Kencang Buat Gaming dan Edit Video, Cuma Rp 11 Jutaan

Lallu untuk bobot totalnya terbilang sangat ringan, yaitu hanya 1,11Kg. Ini terdiri dari bagian layar dengan berat 810 gram, dan bagian keyboard sebesar 301 gram. Ditambah dengan charger sebesar 298 gram, maka total bobot yang diangkut pengguna yaitu sebesar 1,4 Kg.

review lenovo Yoga duet 7i

Beralih ke bagian layar, laptop ini menggunakan panel IPS dengan ukuran 13 inci, dengan resolusi WQHD 2160 x 1350 piksel. Layar memiliki Aspect Ratio 16:10, dengan refresh rate sebesar 60Hz. Layar tergolong sangat cerah, karena memiliki tingkat kecerahan hingga 450 nits.

review lenovo Yoga duet 7i

Cakupan warnannya yaitu 100% sRGB, dan tentunya ini merupakan layar touchscreen dengan 10-point Multi-Touch enabled, dengan dukungan stylus pen. Layar juga terlihat glossy, dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3, serta mendukung Dolby Vision. Bingkai layar agak tebal seperti tablet pada umumnya, karena untuk pegangan tangan.

review lenovo Yoga duet 7i

Berbeda dengan laptop kebanyakan, Lenovo Yoga Duet 7i dilengkapi dengan dua buah kamera yang terpasang di bagian depan maupun belakang bodi bagian layar. Keduanya menggunakan sensor dengan resolusi 5MP, untuk kamera depan didukung dengan Windows Hello.

review lenovo Yoga duet 7i

Kualitasnya tergolong sangat baik untuk kamera laptop. Tentunya akan sangat mendukung pengguna di berbagai aktivitas seperti web conference dengan kamera depan, atau untuk memotret dokumentasi menggunakan kamera belakang.

Baca Juga: Review Lenovo IdeaPad Flex 5: Laptop Convertible 2-in-1 Super Kencang!

Untuk stylus, terdapat Lenovo e-color Pen dalam paket penjualan. Stylus ini mendukung Microsoft Pen Protocol 2.0. Stylus memilii sensitivitas tinggi dengan 4096 levels of pressure sensitivity.

Terdapat 2 tombol yang dapat dikustomisasi sesuai keinginan pengguna melalui software Lenovo Pen Settings. Terdapat konektor USB Type-C untuk mengisi daya pada pen.

Pada bagian ujung atas terdapat sensor yang dapat digunakan untuk mengambil sampel warna di dunia nyata. Pengguna dapat langsung “menangkap warna” di dunia nyata, untuk digunakan pada software Content Creator yang mereka gunakan.

Tedapat 2 Speaker Stereo yang mendukung Dolby Audio yang Terletak di sebelah kanan-kiri laptop. Preset Audio dapat diatur melalui software Dolby Audio. Kualitas suaranya terbilang jernih, meski memang tidak begitu lantang jika dibandingkan dengan laptop yang memiliki body lebih besar.

Konektor yang tersedia antara lain:

  • Kiri
    review lenovo Yoga duet 7i

    • 1x Thunderbolt 4
    • 1x Audio Jack 3.5mm
    • 1x Micro SD Card dengan tray
    • 1x USB Type-C 3.2 Gen 1
      • Juga berfungsi sebagai DC-IN
  • Kanan
    review lenovo Yoga duet 7i

    • 1x USB Type-C 3.2Gen 1
    • Volume Button
    • Power Button

Konektivitas nirkabelnya yaitu menggunakan modem Intel WiFi AX201 dengan standar WiFi 6/WiFi AX, yang juga mendukung MU-MIMO. Selain itu juga tersedia konektivitas Bluetooth v5.2.

Baca Juga: Review Lenovo ThinkBook 14s G2 ITL: Kencang, Irit, Tangguh

Keyboard Detachable yang terpasang pada layar Lenovo Yoga Duet 7i, juga dapat difungsikan menggunakan konektivitas bluetooth. Jadi pengguna tetapd dapat menggunakan keyboard meskipun tidak terhubung ke laptop.

review lenovo Yoga duet 7i

Keyboard memiliki tombol chiclet dengan desain dan feel khas Lenovo. Walaupun detachable, kualitas/feel tombol saat ditekan masih terasa sangat baik – seperti laptop Lenovo yang lain. Masih terdapat tombol F1-F12 di bagian atas. Terdapat switch yang dapat digunakan untuk mematikan atau melakukan pairing bluetooth. Terdapat pula backlit keyboard dengan 2 tingkat kecerahan.

review lenovo Yoga duet 7i

Posisi touchpad terletak center to spacebar. Ukuran juga cukup luas sehingga tetap nyaman saat digunakan untuk navigasi cursor. Touchpad mendukung Windows Precision Driver.

Load Comments

Gadget

June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…
June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Jawab 30+ Pertanyaan Seputar Poco X3 Pro

Poco telah memperkenalkan Poco X3 Pro di pasar Indonesia sebagai…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…

Laptop

September 6, 2021 - 0

Review Acer Nitro 5 (AN515-57): Super Kencang, Dingin dan Ada Thunderbolt

Lagi-lagi tim Jagat Review kedatangan laptop Acer Nitro 5 AN515-57…
September 1, 2021 - 0

Review Lenovo ThinkPad X1 Nano: Mungil, Ringan, Kencang, Lengkap dan Keren!

Kali ini tim Jagat Review kembali kedatangan laptop terbaru dari…
August 30, 2021 - 0

Cara Maksimalkan Produktivitas di Laptop Huawei dan Ekosistemnya

Dari segi spesifikasi Hardware, Laptop Huawei memang tidak banyak berbeda…
August 27, 2021 - 0

Review ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603): Tipis, Ringan, Kencang Parah!

Kali ini tim Jagat Review kedatangan laptop gaming terbaru dari…

Gaming

September 20, 2021 - 0

“Proyek Penting” Pertama Ulang Tahun 25 Persona Berisikan Konser dan Streaming Anime di Jepang

Hype adalah kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang berhasil…
September 20, 2021 - 0

Dev. Detroit Become Human Racik Game Star Wars?

Developer yang berfokus mengembangkan game dengan genre “interactive story” memang…
September 20, 2021 - 0

Otak Balan Wonderworld Belajar Bikin Game Sendiri

Berapa banyak dari Anda yang mengenal sosok Yuji Naka? Di…
September 20, 2021 - 0

RPG Baru SEGA Ternyata Game Mobile, Dihujani Dislike

Salah timing? Atau berbagi panggung dengan developer yang salah? Apa…